Review Film: Kim So Yong dalam Drama Korea Mr. Queen dan Perjuangan Perempuan yang Menginspirasi

Hong Seol - Kim So Yong - Yoo Hye Jung

Temen-temen gimana kabarnya? Pada suka nonton drakor genre apa nih? Banyak opsi drakor dari fantasi, romance, thriller, komedi, action, dan lain-lain yaa. Gak jarang satu film ada tetap mencakup yang lain. 

Nah, kalau saya sendiri gak sadar sering pilih nonton drama korea genre komedi, jadi melupakan sejenak masalah di dunia nyata dan masuk ke dalam cerita drakor itu sendiri. Kalau drakor yang bikin sport jantung bukan jadi pilihan, terlebih yang bikin darah mendidih yang ada pelakornya, gak milih itu, hihi. Kadang nonton film on going aja udah tersiksa nunggu tiap week end, ditambah misal nonton yang bikin stress, tambah stress deh. Jadi milih yang menghibur aja, drama komedi dan sedikit ada romance. 

nonton drama korea di aplikasi Viu

Awal mulai saya suka nonton drakor adalah sejak menjadi seorang Ibu full time mother. Sebelumnya saat masih jadi Ibu bekerja, saya masih belum memilih opsi itu karena belum punya waktu alias super sibuk. 

Pagi sampai sore kerja, malam istirahat, pagi udah berangkat kerja lagi. 

Dan saat menjadi Full time mother mengerjakan pekerjaan domestik seperti menyetrika jadi waktu me time saya terkadang menonton drama korea. Dengan adanya wifi internet di rumah, dimaksimalkan untuk kerja blogger dan hiburan menonton dari drama korea, bukan tv.  

Saya lupa nonton film drama korea pertama apa, tapi yang jelas kalau SMA, dan kuliah gak niat banget nonton drakor di TV pun nggak. Haha. Baru pas emak-emak gini.

Pas lagi happening dan ikut TV ngikutin film Cheese in The Trap, Doctors, lanjut nonton Watcher dan lain-lain. Dan nonton ulang lagi film-film lama. Kayak masih perasaan jiwa muda, kadang suka nonton Cheese in the Trap lagi, Doctors lagi, Watcher lagi, dan lain-lainnya. 

Baca juga: Review Film: 'Pengintai' dalam Drama Korea Watcher

Udah lama download aplikasi Viu, sering saya nonton ulang di Viu nya, karena gambarnya jernih, bagus full gitu, dan lagi uniknya gak bisa di screenshoot ataupun direkam ulang dari hp.  Siapa yang suka nonton dari hp juga?  

Jadi bukan tipe yang semua ditonton, biasanya dari satu film ke film lain perlu jeda waktu dan termasuk yang pilih-pilih kalau nonton drakor. 

Kalau ada yang menarik banget dari tema, aktris atau aktornya, baru saya nonton. Kadang-kadang kalau sudah lama gak nonton ya itu tadi, kadang suka nonton film lama. 

Nah, dari sekian film sekarang masih belum move on dari drama korea Mr. Queen. 

TOKOH PEREMPUAN YANG MENGINSPIRASI DI DRAMA KOREA

Perjuangan Perempuan yang Menginspirasi 




Kim So Yong "Mr. Queen"

Yang masih belum move on, tentu tahu Kim So Yong yang diperankan oleh Shin Hye Sun, lead female dalam Mr. Queen. Kim So Yong penampilannya anggun, cantik, manis, cerdas, dan meski kita sekilas akan melihat ia tampak tertekan saat di istana, apalagi pas scene di bawah hujan ia menangis. Keliatan banget putus asanya. namun ia adalah sosok inspirasi karena tumbuh tanpa sosok Ibu sejak lahir, menunjukkan Kim So Yong adalah wanita yang kuat. 

Jadi film drakor “Mr. Queen” ini bagus kenapa? Menurut saya jalan ceritanya unik, acting pemainnya bagus keren-keren, hampir suka semua cast-nya aktris aktornya bagus bagus dong, dan banyak plot twist-nya. Gak kebayang penulisnya bisa melintir cerita dan bikin emosi penonton. Tiap Sabtu Minggu nunggu jamuran kayak nunggu setaun. Lagu ost nya juga bagus semua.

Baca juga: Kim Jung Hyun, Review Drama Korea Mr. Queen 


Irisan garis besar film Mr. Queen 


Penampilan Kim So Yong setelah jatuh di danau kan dirasuki oleh jiwa Bong Hwan di dalamnya, yang menentang Cheoljong dan menyadarkan Raja bahwa ia hanya bisa melawan orang yang lemah. 

Kim So Yong juga mengalami fase vegetatif, saat Bong Hwan sadar di rumah sakit, scene saat Kim So Yong mengigau itu adalah Kim So Yong dan mendengar Cheoljong yang menyemangati Kim So Yong untuk bangkit dan kembali sehat, dan agar mematuhi peraturan no touch. Sejak sadar dari fase vegetatif, Kim So Yong jiwa KSY sering timbul dan mulai semangat hidup lagi. Memang kalau melihat drama ini sampai selesai, maka akan melihat bahwa jiwa KSY memang ada di dalamnya, namun tidak menampakkan pada Jang Bong Hwan. 

Kim So Yong juga seiring waktu menguasai tubuhnya lebih dominan dibanding Bong Hwan, seperti saat-saat romantic dengan Cheoljong / Weon Beom, ketika Raja kena bom dan Kim So Yong berlari jiwa perempuannya terlihat sekali disini. 

Scene yang paling saya suka tentu saja saat jiwa Kim So Yong sepenuhnya sudah menguasai tubuhnya sendiri, dan Bong Hwan sudah pergi ke dunianya. Kim So Yong sigap mengambil jepit tajam di belakang rambutnya dan menusukkannya pada Kim Jwa Geun (diperankan Kim Tae Woo), adik dari Ratu Sunwon.

nonton dari aplikasi viu 


kata-kata Daewang Daebi Mama dulu dibalikkan sekarang oleh Ratu. Skak mat.


hukuman untuk Daewang Daebi Mama

Kemudian paling suka sangat saat Kim So Yong melabrak Daewang Daebi Mama, Ratu Sunwon (yang diperankan Baek Jong Ok)  dan mengatakan era Daewang Daebi Mama sudah berakhir, itu adalah scene ter de best. Apalagi saat bilang, “Jika kau mau mati, matilah di istana.” Titik tepat disitu. Kesel soalnya ke Daewang Daebi Mama. 

Kim So Yong sebetulnya anggun (Tapi kalau udah ada Bong Hwan gaya nya gokil, tomboy banget) dan menunjukkan taringnya disini. Ia juga tidak hanya fokus pada masalah asmara, hal yang kebalikan dengan Jo Hwa Jin. Kim So Yong membantu Jeonha dengan tulus, tidak ingin menambah beban Raja, bahkan saat buku Dongmongseonseup diaku oleh Jo Hwa Jin, Kim So Yong tidak menjelek-jelekkan Jo Hwa Jin atau mengungkap rahasia Dongmongseonseup, menjelaskan pada Jeonha bahwa ia yang menolong Jeonha waktu kecil. Kim So Yong ingin Jo Hwa Jin mengakui kebohongannya sendiri di depan Jeonha. Sehingga Raja bisa melihat ketulusan Ratu.

Belum bisa move on dari Mr. Queen karena melihat acting keren dari Shin Hye Sun yang gak perlu diragukan lagi. Pernah nonton Legend Blue of the Sea ternyata ada SHS juga baru nyadar dan actingnya di Mr. Queen ini bagus banget karena bisa meranin 2 orang dan gokilnya bisa keliatan tomboy gitu dan ekspresinya dapat banget mau sedih, seneng, kesel, imut, semua pas. 

Pada saat film on going, film Mr. Queen paling banyak dibicarakan, dan aktris Shin Hye Sun masih berada di posisi teratas untuk aktingnya, disusul dengan Kim Jung Hyun di posisi 3, minggu kemarin sempat posisi 2. Bahkan dibanding dengan Moon Ga Yong, SHS tetap nomor 1. Daebak! 

Pernah stress mikirin itu jiwa Bong Hwan gimana kan suka dengan Raja? tapi sama sekali gak. Raja gak tau kehadiran JBH dan Bong Hwan pun murni menolong dan membantu saja, terbukti saat di scene ending, Bong Hwan tertawa karena sudah bisa membantu dan janjinya benar akan membantu dengan tulus untuk Cheoljong mengubah masa depan. 

Scene ngakak jangan ditanya di drama ini dari episode 1 aja udah jatuh cinta ngakaknya, apalagi pas episode 5 KSY pura-pura pingsan saat sidang Jo Hwa Jin, lalu episode 15 saat Bong Hwan bilang ke Cheoljong, “Jangan terlalu keras, karena hidupmu gak akan lama.” Haha! Parah banget. “Buku Kamus Ratu itu sama sekali gak berguna. Banyak banget penafsiran salah di dalamnya.” Hahaha. Ngakak lah kalau Kim So Yong udah kerasukan Bong Hwan.

Ngarep banget ada Mr. Queen 2 jadi bisa liat kelanjutan di Mr. Queen session 2. 

Yoo Hye Jung "Doctors" 



Yoo Hye Jung yang berubah ceria

Sekilas Yoo hye jung orang yang kasar dan keras, karena ia tumbuh dari keluarga broken home. Padahal Yoo hye jung ini termasuk anak yang jenius dan pintar, berkepribadian kuat dan kokoh, namun hatinya baik. Ia hanya melenceng dan disangkakan anak yang nakal dan belum ada semangat sekolah. 

Sehari-hari Yoo hye jung ini tinggal dengan Ayahnya. Karena Ayahnya sering bersikap kasar, sehingga Yoo hye jung bersikap seperti itu juga padahal ia anak yang haus kasih sayang. Pernah karena saking nakalnya, Ayahnya tak tahan dan membawa Yoo hye jung untuk tinggal dengan neneknya.   

Yoo hye jung merasa dibuang, kesal, dan marah dengan Ayahnya. 

Hal yang menarik karena ia mulai perlahan berubah ketika tinggal dengan neneknya. Menjadi anak yang manis dan siswi SMA yang pandai, dan bertekad ingin seperti gurunya yang pernah menjadi Dokter Hong. Suatu kali hal yang membuat Hye Jung depresi adalah ketika neneknya meninggal saat di ruang operasi. 

Hye Jung pergi ke tempat yang jauh menjauh dari Dokter Hong dan tidak mau bergantung padanya. 

Bertahun-tahun ia sekolah untuk menjadi dokter dan sekaligus ingin memecahkan masalah saat neneknya meninggal dunia. Film ini recommended banget. Kalau nonton episode-episode awal kita  akan melihat acting mumpuni dari Park Shin Hye yang berkelahi dengan preman ketika di front office rumah sakit dan membuat kegaduhan. Park Shin Hye keren banget deh. 

Hong Seol "Cheese in the Trap" 

Hong Seol yang berani, cerdas, dan kritis

Hong Seol, lead female dalam Cheese in the Trap yang diperankan oleh Kim Go Eun, penampilannya yang cuek, rambut keriting panjangnya dibiarkan terurai, ia juga dikenal dengan anak yang akademisi senang belajar (di dalam kereta pun ia belajar), semangat kuliah, dan pekerja keras. Seol bekerja paruh waktu untuk membiayai kuliahnya. 

Alasan menyukai drama ini karena termasuk drama yang menghibur, penonton dibawa tersenyum saat menontonnya, drama ringan komedi yang bisa ketawa renyah, juga karena drama ini tidak terlalu berat dalam ceritanya, suka aja menyimak konflik-konflik dalam Cheese in the Trap seperti saat bertemu dengan penguntit lalu Seol ditolong oleh Baek in Ho. 

Saat Seol mengajar privat Baek in Ho agar bisa masuk perguruan tinggi, dan lain-lainnya. Jadi flash back ke cerita saat masih mahasiswa. 

Ini film yang paling sering saya tonton karena temanya anak muda, dan menceritakan kehidupan mahasiswa (berasa masih mahasiswa dan masih muda kali ya nonton ini terus, hihi). Cerita Cheese in the Trap ini tentang Hong seol yang memutuskan untuk mengambil cuti dari sekolah karena bullying dari Jung. Namun dia dinominasikan sebagai penerima beasiswa setahun penuh dan memutuskan untuk kembali ke sekolah, dan Yu Jung memperlakukan Seol secara berbeda dan Seol merasa sangat curiga. 

Tapi yang paling saya sering tonton scene Hong Seol dan Baek in Ho karena saya tim second lead, haha. Meski tidak ada kisah percintaan Hong Seol dan Baek in Ho, saya suka aja In Ho mencintai Seol dengan tulus, meski cintanya bertepuk. Sedih karena In Ha mencelakai Seol dan In Ho jadi menjauh karenanya. Moga ada Cheese in the Trap session 2.

Sekian review dari saya tentang perjuangan perempuan di drama korea, karakter-karakter yang masih hidup dan bisa jadi inspirasi. Yakin temen-temen bakal suka juga dengan karakter yang unik-unik, terlebih jalan cerita yang gak ketebak, temen-temen bisa *nonton drama Korea di aplikasi Viu* ini yaa! Recommended gambarnya jernih, dan bisa berlangganan harganya juga murah, dan lagi kalau udah premium bisa nonton kapan aja deh. Selamat menikmati me time ala emak-emak dengan nonton drama korea! [] 



16 comments

  1. Berbagai genre aku tonton nih drakor, banyak juga sosok wanita di drakor yang aku suka. Mr. Queen aku belum nonton nih mbak

    ReplyDelete
  2. Au suka drama Mr. Queen nih kocak banget ada sedihnya juga sih tapi bener deh ringan dan ga berat gitu ceritanya. Lucu sama tingkah si queen hahaha.

    ReplyDelete
  3. Nonton drama Korea sekarang semakin mudah dengan aplikasi Viu ya mba. Banyak tokoh yang menginspirasi

    ReplyDelete
  4. saya juga nonton drakorr di viu mbak, enaknya banyak drama baru dan terjemahannya tepat :)

    ReplyDelete
  5. Team Mr Queen gagal move on hadir, kalau scene fav ku yang adegan romantis sama raja aaaaacieeecieee pertentangan batin yang kemudian menimbulkan benih cintrong

    ReplyDelete
  6. Mr Queen aku udh nonton mbak, lucuuuk, permaisurinya gak ada anggunnya karena kegabung sama ruh lelaki. Hehe. Seruuu tapi.

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka Drakor yang banyak komedinya. Bener sih Mr. Queen itu baru mulai aja udah lucu banget. Masih nonton nih aku belum kelar.

    ReplyDelete
  8. Satu-satunya drakor yang saya tonton sampai tamat itu cuma 1. Kalau gak salah yang ada judul Waikiki gitu, deh. Di drakor yang saya tonton itu karakter perempuannya juga unik

    ReplyDelete
  9. Aku nonton MR queen di TVN Indonesia, memang lebih lambat 1 hari dibanding Korea, tapi tetep seneng dan ngakak pas nonton drama ini.

    ReplyDelete
  10. Udah nonton semua. Wkwkwkw.
    Tapi paling terkenang itu Mr. Queen. Ngakak banget nonton drama satu ini. Drama kolosal yang nggak kuno banget. Ihh, jadi pingin nonton lagi. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Aahhh abis baca ini aku jd kangen sama Seol mbaakk. Nonton ulang cheese in the trap ah. Yg mr.queen aku belum nonton. Masukin list ah. Makasih udah direview-in yak

    ReplyDelete
  12. Aku paling suka film yang ada nilai moralnya dan berkesan banget... kalau engga gitu meski filmnya menarik tapi suka lupa hikmah yg bisa diambilnya hehe...

    ReplyDelete
  13. Suka.banget sama.pemerang hong seol.di cheese in the trap, ah jadi pengen nonton drakor satu ini lagi deh hehehehe

    ReplyDelete
  14. memang kalau nonton drama or film yang menginspirasi atau banyak ikmah yang didapat seruu ya jadinya mbaaa

    ReplyDelete
  15. memang kalau nonton drama or film yang menginspirasi atau banyak ikmah yang didapat seruu ya jadinya mbaaa

    ReplyDelete
  16. Aku nggak cocok nonton Mr. Queen Mbak. Sampai episode 2 aja saya ngibarin bendera putih. Saya lebih suka yang genrenya greget kayak Penthouse, Mouse, gitu-gitu.. 😁

    ReplyDelete