Jalan jalan ke Jembatan Gantung (Suspension Bridge) Situ Gunung, Sukabumi, Indonesia

Berfoto di Jembatan Gantung Situ Gunung

Jadi ceritanya 2-3 bulan yang lalu Abang cerita ingin mengajak saya dan anak-anak ke Sukabumi touring ke Jembatan Gantung Situ Gunung. Awalnya saya ayo-ayo aja sih, toh biasa naik motor juga. 

Dan baru beberapa hari sebelum berangkat,  Abang memberi tahukan “rencana” tersebut dan karena akan ngambil barang SNAP CLEAN ke Jakarta, akhirnya lewat dulu ke Sukabumi.  Sembari merealisasikan rencana yang dulu –ingin ngajak touring ke Sukabumi. 

Kami berangkat dari jam 2.30 dini hari dan transit di Masjid untuk shalat Subuh jam 4.20 dan sarapan bubur laluu lanjut lagi perjalanan melewati kabut-kabut. 

Gak nyangka Sukabumi sedingin itu ya, dan tiba di Situ Gunung jam 07.00 pagi. 

Setelah bayar-bayar, bayar masuk Rp 16.000 dan anak tidak dihitung, bayar parkir Rp 10.000 total 16.000x2 orang: 32.000 + 10.000: 42.000.

Bersih-bersih, mandi dulu di dekat mushala dan mulai deh jalan-jalan. Seruu karena banyak pemandangan hijau di Situ Gunung. Sekilas ini memang hutan dan dibuat banyak wahana wisata.

Di dalam membayar tiket untuk melewati jembatan gantung 1 orang Rp 50.000, sedangkan anak-anak Rp 25.000 dan di bawah 5 tahun gak bayar. Jadi bayar Rp 125.000.

Sudah termasuk mendapatkan   masker sebanyak 4 pcs. Memuulai track Situ Gunung lumayan banyak tangga dan jalan bebatuan, lalu menggendong Aska. 

Saat berjalan, kami masuk dulu ke tempat untuk mengambil sarapan.  Waah, menu sehat lokalitasnya ada singkong rebus, pisang rebus, juga kopi dan teh tinggal pilih. 

Kami pun disuguhkan dengan pemandangan lapangan teater beratapkan bahan apa yaa pokoknya sangat panjang dan lebar, jadi ingat seperti di film Harry Potter yang atapnya itu jauh tinggi sekali seperti tenda di luar negeri, dan kursi-kursi di stadion yang langsung menghadap panggung Situ Gunung dan terdapat tulisan-tulisan besar bertuliskan TEATER. 

Lalu terbayang di benak saya saat stadium penuh dengan penonton dan hendak menyaksikan TEATER Situ Gunung. Dari baris pertama, sampai baris terakhir di palling atas pasti seru menonton teater bersama-sama. Hiburan di tengah hutan gitu.

Setelah menghabiskan kudapan pagi hari, kami lanjut berjalan, dan menuju jembatan Situ Gunung.

Sebelum masuk jembatan, kami  diwajibkan memakai pengaman. 

foto keluarga dulu

olahraga jantung selama jalan di Jembatan Gantung

Kesan pertama saya melewati jembatan gantung, saat berjalan di jembatan gantung, kaki agak gemetar ketika jembatannya berayun-ayun. 

Menyeimbangkan diri sembari melihat pemandangan hijau rasanya menyegarkan mata. Saat kali pertama mencoba terus berjalan. anak saya yang kecil mengucap, “Takut” melihat ketinggian setinggi ini, sedangkan Aska gak kelihatan takut sama sekali. Ia bahkan berdiri ke pinggir-pinggir. Saya yang jeri melihatnya.

Untuk mengusir rasa takut di ketinggian, cukup mudah caranya yakni dengan mempercepat jalan. Saya  belum menemukan cara menikmati Jembatan Gantung saat kali pertama menyebrang. 

rasanya asik juga jalan di jembatan gantung

Baru kali kedua dan ketiga saya mulai terbiasa dan menyesuaikan diri berjalan di jembatannya.

Belum terlihat keramaian saat pagi tadi. Jadi bisa menghirup udara segar dan menikmati ciptaan-Nya yang sempurna dari ketinggian. Tumbuh rasa optimis dan percaya diri Allah Swt. akan selalu memberi jalan terang di atas kesulitan. 

Serunya setelah melewati jembatan gantung kami menelusuri menjejak kaki menuju destinasi selanjutnya yaitu air terjun Situ Gunung. Wah masyaAllah pemandangannya indah. 


Ini juga cuplikan ketegangan saat melewati Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi. Selamat menyaksikan




12 comments

  1. Alhamdulillah udah traveling ya Mbaa. Saya masih aja mondok di rumah haha, masih takut gitu, anak juga masih pjj. Btw tempatnya nyaman banget ya. Pengen ke sana deh kalo pandemi udah berakhir dan ada waktu liburan :)

    ReplyDelete
  2. jembatan gantungnya lumayan panjang yaa, Mba. Saya kayaknya takut menyebrang situ apalagi kalo banyak orang

    ReplyDelete
  3. saya di jembatang gantung ini kayaknya bakal gemeteran hebat hahaa soalnya saya termasuk takut ketinggian apalagi yang bagian bawahnya berupa air dan batu2an :(

    ReplyDelete
  4. Pasti seger banget ya mba berliburan ke sini, tempatnya kelihatan adem dan asri

    ReplyDelete
  5. asikkk uda bisa jalan2 di masa new normal. Asal tetap menjaga protokol kesehatan ya, mbak. Btw, seger banget liat pemandangannya. Pasti seru banget ya melewati jembatan gantung itu :)

    ReplyDelete
  6. Saya salfok dengan jam keberangkatannya, Mbak. Berangkat dari rumah jam 2.30 dini hari? Pagi amat ya...lagi enak-enaknya tidur hihihi

    Pertama kali lihat video tentan Jembatan gantung Situ Gunung saya kagum dengan pemandangan alamnya di sana. Tapi kayaknya belum cukup nyali untuk berjalan di atasnya, secara saya takut ketinggian, Mbak hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah pagi2 sdh buka ya mba..dan itu utk sarapannya jadi 1 paket dg tiket jembatan gantung kah? Duh pengen juga nih ke sana..

    ReplyDelete
  8. kebayang sama aku goyang - goyang mba jembatannya hehehe.. pasti perlu penyesuaian yaa. semoga next time bisa main ke sini jugaaa

    ReplyDelete
  9. Jembatan gantungnya panjang banget mbak...bener-bener menantang adrenalin ya. Tapi seru bisa jalan bareng keluarga, meski pagi buta harus berangkat. Nyatanya pemandangan alam yang dituju begitu indah.

    ReplyDelete
  10. Air terjun Situ Gunungnya seger banget deh kayaknya, mengundang banget buat nyebur di sana. Pemasangannya asyik bener ya mbk

    ReplyDelete
  11. Aku pernah naik jembatan gantung kek gini pas ke Lembang. Dan asli itu kaki agak lemes jalannya hahha. Pas liat ke bawah apalagi. Akhirnya gak brani nunduk. Jalan ke depan tanpa nengok nengok lagi deh. Btw aku jd mupeng liburan lagi mbaaa pas baca artikel ini euy..

    ReplyDelete
  12. Jembatan fenomenal banget initu, belom kesampean aku kesanaa padahal kalo mudik ke mertua di Sukabumi, hihii.
    Btw lumayan juga ya htm per orangnya 50k untuk menikmati alam dan menguji adrenalin, seruuuuu.

    ReplyDelete