Keseruan Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Bareng Paddle Pop Main Yuk Seaventure

foto bareng twibbon Paddle pop main yuk Seaventure

Setelah berpuasa Ramadhan satu bulan penuh, waktunya berbuka. Selamat menikmati liburan Idul Fitri dan minal aidin wal faizin dari saya pribadi yaa. 

Liburan lebaran kali ini mungkin agak sama dengan tahun lalu, karena masih dalam masa pandemi. Banyak orang tua yang harus berfikir keras agar anak bisa tetap waras #dirumahaja dan agar tidak bosan. Terlebih sejak akhir Ramadhan jelang Lebaran, ada larangan mudik dari pemerintah, Karena jumlah covid kembali menguat di beberapa tempat, maka kita harus kembali menguatkan ikat pinggang untuk memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan. Termasuk mengisi liburan. 

Kita kerucutkan, masalah kala pandemi: 

  • Anak dilanda kebosanan karena lebih banyak diam di rumah (akhirnya mager). 
  • Kegiatan anak akhirnya lebih banyak di depan tv atau lebih banyak main gadget. Kalau gak dibatasi, anak terus makan dan kurang gerak, membuat anak jadi obesitas.
  • Anak butuh mengisi kegiatan liburan dengan kegiatan positif, misalnya melatih motoriknya. 
  • Larangan pemerintah untuk mudik, sehingga anak butuh hiburan lain atau liburan.

Lalu kalau mau liburan gimana?

Nah, untuk mengusir kebosanan, sekarang anak-anak tetap bisa liburan melakukan destinasi wisata, lho! Salah satunya bisa jalan-jalan virtual ke dunia bawah laut ke Jakarta Aquarium Safari bareng Paddle Pop sekaligus mengenal biota laut, dan menyaksikan mermaid show.  Sekaligus eksperimen game yang melatih motoriknya.

Lalu caranya gimana?

Ya, dengan membeli es krim Paddle Pop 4 pcs dengan varian yang sama atau beda boleh kok. Maka nanti struknya difotokan nanti dibalas oleh Paddle Pop. Nanti dapat kode unik dari center. 

dapat kode unik setelah mengirim struk ke nomor center Paddle Pop
setelah dapat kode unik, masukkan ke web Paddle Pop

Kode unik inilah yang bisa dipakai untuk akses “Paddle Pop Main Yuk Seaventure”. Kode ini hanya bisa dipakai sebanyak 3 kali, ya. Jadi setelah itu gak bisa akses lagi. Kalau mau akses lagi beli es krim Paddle Pop lagi. Gak mahal kok 4 pcs es krim saya juga beli Rp 12.000 aja udah bisa dapat kode unik dan jalan-jalan ke Jakarta Aquarium Safari.

Pengalaman Aska bermain Paddle Pop Main Yuk Seaventure

Setelah dapetin kode unik, langsung bisa akses deh ke *website Paddle Pop Main Yuk Seaventure* Aska seneng banget bisa jalan-jalan virtual ke Jakarta Aquarium Safari. 


Pengalaman Aska main paddle pop main yuk seaventure 

Nonton bareng Paddle Pop main yuk seaventure

Untuk percobaan kali pertama bermain Seaventure, Aska menggunakan device dari handphone. Saat ditanya gimana Aska? Aska menjawab seru karena bisa mengenal banyak biota laut.

Pada saat nonton wisata virtual, ditemani oleh Kak Sigi, kita diajak jalan jalan ke dunia bawah laut. 

Aska sangat antusias menonton wisata virtual dunia bawah laut diawali dengan pemanasan senam gitu. Anak-anak pasti suka deh olahraga bareng sama Paddle Pop. Lalu Kak Sigi ngenalin biota laut dari mulai gurita yang bisa menyamar seperti lingkungannya, ikan hiu dan fakta fakta unik di dalamnya, dan sekaligus ada kuis interaktifnya.

Kak Sigi dan Paddle Pop ngenalin biota laut


Pilihan menu Main Yuk Seaventure


Yang pertama ada Wisata Virtual, 

Video Interaktif seaventure

Aska (6 tahun) tertarik saat liat interaksi interaktif dari soal-soal pilihan ganda seperti fungsi lengan dugong itu ternyata jawabannya untuk bergerak dan memeluk anaknya. Atau sebutan perilaku saling tolong menolong antara ikan pari mantra dan ikan-ikan kecil tadi, yakni simbiosis mutualisme. 

Selain itu Aska suka banget pas ada cerita dalam teatrikal "Mermaid Pearl of the Sea" kata Aska ceritanya seru. Tentang Ayah yang memberi kalung mutiara pada sang Putri, kemudian Ibu tirinya cemburu dan memberi kutukan sehingga wajah putrinya jadi buruk rupa dan tidak dikenali. Selanjutnya ceritanya bisa disimak di web Paddle Pop, ya! 😊

nonton teatrikal di seaventure 

putri Raja yang terpisah dari Ayahnya

Yang kedua “Main Yuk”

Sedang untuk melatih motorik, anak tidak disuguhi game disini, tapi anak-anak bisa belajar eksperimen praktik IPA sederhana yang sangat bisa membuka jendela wawasan, seperti bermain Twister Water Play, Rainbow Buble, Sinking atau Floating, Oxygen Tank dan Diving Googles. 

Senangnya bisa eksperimen bareng Aska. 

1. Twister Water Play 

Eksperimen pertama, saya dan Aska bermain Twister Water Play. Tujuan permainan ini adalah sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa air bisa berjalan ke atas. Dari permainan ini kita juga akan belajar tentang pencampuran warna. 

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit 

Bahan yang disiapkan:

  • 5 buah gelas kosong 
  • 3 pewarna makanan (merah, biru dan kuning) 300 ml air 
  • 4 lembar tissu 
  • 1 buah sendok kecil 

Cara bermain Twister Water Play

Aska meneteskan pewarna kuning ke dalam gelas

Berikan tisu ke dalam setiap gelas, lama-lama air akan naik ke dalam tisu

  1. Susun sejajar semua gelas. Lalu dari hitungan kiri ke kanan, isi gelas ke-1, ke-3,  dan ke-5 dengan air (selang-seling). Isinya setengah gelas saja ya. 
  2. Teteskan pewarna makanan ke gelas yang telah diisi air. Gelas ke-1 berwarna merah muda, ke-3 berwarna biru, ke-5 berwarna kuning. 
  3. Aduk pewarna makanan agar warnanya larut dalam air dan tercampur rata. 
  4. Ambil tisu dan lipat membujur menjadi 4 bagian, kemudian lipat melintang jadi 2 bagian. Letakkan tisu menyebrang ke setiap gelas 
  5. Pastikan tisunya tercelup ke air yang berwarna  Hasil akhir. Diamkan selama 20 menit dan lihat hasilnya. 
Game Twister Play terjadi pencampuran warna merah dengan biru jadi ungu, dan warna biru ke kuning jadi hijau 


Hasil eksperimen: Aska seneng banget main ini. Hasilnya gelas ke-2 dan ke-4 terisi air, karena ada perpindahan air dari gelas masing-masing, yang membuat air juga menjadi pencampuran warna. Terjadi pencampuran warna antara merah ke biru jadi ungu dan warna biru ke kuning jadi hijau.  


2. Sinking or Floating 

Eksperimen kedua, saya dan Aska bermain Sinking or Floating. Tujuan permainan ini adalah adalah sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa berat benda di darat dan di air berbeda lho.  Kita juga akan belajar perbedaan benda terapung, melayang dan tenggelam. 

eksperimen telur mengapung di air


Waktu yang dibutuhkan : 15 menit
Bahan yang harus disiapkan 

  • 1 liter air 
  • 3 gelas/ wadah bening
  • 5 sendok makan garam 
  • 3 butir telur 
  • 1 sendok makan 

Cara: 

  1. Tuang air ke tiga wadah yang tersedia. Kira-kira 300 ml atau cukup setengah wadah 
  2. Masukkan telur ke gelas 1
  3. Masukkan 2 sdm garam ke wadah kedua. 
  4. Masukkan 4 sdm garam ke wadah ketiga. 
  5. Masukkan telur ke masing masing gelas. Magic! Bisa lihat hasilnya kan?
yeay senangnya bisa eksperimen telur mengapung di air

Hasil eksperimen: Setelah beberapa kali percobaan telur tidak bisa mengapung, akhirnya coba dievaluasi lagi, ternyata karena kurang garam. Selanjutnya memasukkan garam lebih banyak dan yeaay...percobaan berhasil. Alhamdulillah telur di dalam air yang tak diberi garam "tenggelam", gelas kedua diberi perlakuan diberi garam telurnya mengapung, dan yang gelas ketiga telur melayang. Aska seneng banget ketika percobaannya berhasil. 


3. Oxygen Tank dan Diving Goggles

Ada juga tabung oksigen dan kacamata selam. Hal yang sangat diperlukan ketika menyelam di laut. Kita perlu pakai alat tabung oksigen untuk bisa bernafas di dalam air. Karena tidak ada udara di dalam air. 

game Oxygen Tank - botolnya ada yang kotak hihi maafkan ga sama banget

tampak belakang oxygen tank 

Tujuan

Dengan membuat tabung oksigen dan kacamata selam, kita bisa berimajinasi seolah sedang berenang di dalam laut. Laut peralatan ini bisa kita pakai untuk mengikuti Seaventure.

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit

Bahan yang disiapkan:

  • 2 tali tambang ukuran  50 cm
  • 2 botol plastik ukuran 1.5 liter
  • 2 kain flanel ukuran 25cm x 25cm
  • Isolasi hitam atau warna lainnya
  • Pylox
  • Gunting dan lem

Cara bermain

oxygen

  1. Warnai kedua botol dengan Pylox
  2. Setelah kering, tempelkan isolasi di ketiga sisi botol
  3. Rekatkan kedua botol menggunakan lem
  4. Tempelkan 1 lembar kain flanel di salah satu sisi botol
  5. Tempel tali di empat sudut kain flanel
  6. Tutup permukaan dengan menggunakan kain flanel kedua
  7. Oxygen tank siap digunakan!

4. Diving googles

game membuat kacamata selam pas di print ga berwarna maafkam hehe..


menyelam di laut harus memakai kacamata selam, ya!

Selanjutnya ada kacamata selam. Hal yang sangat diperlukan ketika menyelam di laut. Kita perlu pakai alat tabung oksigen untuk bisa bernafas di dalam air. Karena tidak ada udara di dalam air. 

Dengan menggunakan kacamata selam kita bisa lebih dapat melihat karena air tertahan di luar kacamata. Dengan bermain ini teman paddle pop jadi berlatih untuk teliti, berlatih pengukuran, memanfaatkan bahan bekas, serta belajar menghargai proses. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Printable kacamata dan selang yang sudah digunting sesuai pola
  • 1 tali elastis ukuran 30 cm
  • Pembolong kertas
  • Lem

Cara:

  1. Lem bagian sisi kiri kacamata
  2. Tempelkan selangnya dan bolongi kedua sisi kacamata
  3. Pasang tali elastis di kedua sisi kacamata
  4. Kacamata selam siap dipakai!

Kemudian di Paddle Pop ada Kuis Berhadiah

kuis berhadiah paddle pop seaventure 

Dalam menjawab pertanyaan kuis berhadiah. Sebaiknya kita sudah tahu produk knowledge karena akan ditanya berapa kandungan semua es krim Paddle Pop, dan lain-lain. 

Ingat yaa Dari 1 buah es krim Paddle Pop mengandung kalori <110 ka, <12 gram gula dan <3 gram lemak jenuh. Jadi sesuai karena kita dianjurkan mengkonsumsi gula satu hari tidak boleh lebih dari 50 gram dan paddle pop sendiri kandungan gulanya kurang dari 12 gram. 

Untuk kompetisi foto kita bisa seru-seruan nyimpan foto di twibbon, kayak gini deh. 




Ikutan Paddle Pop Main Yuk Seaventure ini cukup menantang bagi saya karena gak hanya mengenalkan anak jalan jalan--ke dunia laut aja--, tapi ortu juga dituntut semangat mengenalkan dunia laut lewat praktik dan melakukan eksperimen IPA sederhana dengan bahan-bahan yang ada. Terima kasih Paddle Pop! 

Senangnya dari 4 tantangan Main Yuk semuanya bisa dieksekusi dengan cukup baik selama 2 minggu terakhir (liat kan di foto, warna bajunya Aska beda beda. Haha).

Senangnya lebaran ditemenin sama Paddle Pop. Terlebih liburan bisa tambah seru bisa nyaksiin dan ikutan "Paddle Pop Main Yuk Seaventure". Buat ibu ibu yuk ajak anaknya ikutan! Promonya berlaku sampai 30 Juni 2021.

Sekian pengalaman Aska dan Adzki yang terlibat ikut Main Yuk Seaventure. Kalau Aska dilibatin di game Seaventure. Kalau Adzki ikut kompetisi foto twibbon. Yuk beli 4 pcs Paddle Pop-nya varian apa saja dan jelajahi dunia bawah laut dan seru seruan Main Yuk Seaventure! 

With Love, 


Sri Al Hidayati

18 comments

  1. Seneng liat Aska begitu antusias ya mengikuti aktivitas ini. Mamz Adka juga jd ikut aktif ya.

    ReplyDelete
  2. Wah seru banget ini main-mainnya, aku izin contek ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Wah, anak anak dirumah juga ikutan ini mbak, beneran bikin nagih sih dan DIY atau kreasi tabung oksigen dan kacamata selamnya juga asik banget untuk diikuti dan coba langsung dirumah.. beneran ide liburan seru dari rumah banget deh ini

    ReplyDelete
  4. Wah seru nih jadi inget masa anak-anakku waktu kecil jadinya... Tapi kalau nonton dunia bawah laut itu asyik juga buat anak yg sdh gede...

    ReplyDelete
  5. Kayaknya seruu yaa seaventourenya. Mau juga ahh beli paddle pop pasti anak-anak suka nih

    ReplyDelete
  6. Dengan diberi pilox warna abu begitu, jadi terlihat nyata yaa...si Oxigen Tank nya.
    Dan ananda siap mengarungi dalamnya laut untuk mencari tahu lebih banyak lagi biota laut yang ada di dalamnya.
    Seru banget main Seaventure ini...

    ReplyDelete
  7. wuaah berhasil bikin2 propertinya yaahhh.. aku ama anak2ku juga main nih, dan memang seruuu buangeettt.. makasi yaa paddle pop sudah memberi wisata virtual bawah laut

    ReplyDelete
  8. Yeaaayy seru2 main2 jelajah bawah laut virtual bersama Paddle Pop :D
    Rajin nih bikin eksperimen dan DIY-nya jadi gak bosan ya si kecil walau liburan di rumah aja :D
    Ikutan kompetisi potonya juga gak? :D

    ReplyDelete
  9. Makasi ide ide eksperimennya ya Mbaaa.... huhuhu bener banget, pandemi terus berlanjut sementara anak anak juga harus terus berkembang ya.... kudu putar otak supaya mereka mendapatkan pengalaman yang sesuai ya....

    ReplyDelete
  10. wihi seru banget yaa kegiatan paddle pop ini, selalu kreatifdan bisa membangun daya imajinatif anak-anak. Dan kerja sama sama Jakarta Aquarium juga yaaa..

    ReplyDelete
  11. waaah mba anakku mupeng banget loh pas aku liatin ada bikin tabung gas buat diving ala-ala ini, plus ada percobaan sainsnya dia tertarik banget mau coba secara anakku tuh suka segala hal yg berbau sains gitu

    ReplyDelete
  12. Wah bagus nih kegiatannya untuk mengisi waktu liburan sekolah sambil belajar yaa bun, seru ada percobaan sainsnya juga nih

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya bisa jalan²ke bawah laut secara virtual. Jadi anak2 juga bisa banyak belajar hal baru ya. Mau cobain juga ahh, soalnya wkt jalan2 ke sea world aja mereka senang bgt

    ReplyDelete
  14. Seru banget nih liburan anak-anak kalau bisa menikmati seaventure yang mengasyikkan gini. Mau juga ah ajak anakku menikmati wisata virtual dunia bawah laut bareng paddle pop.

    ReplyDelete
  15. senengnyaaa.. anak - anak aku juga suka es krim dan petualangan bawah laut yang asli memang cantik bangeet

    ReplyDelete
  16. Wahh jadi pengen coba juga nih, anakku pasti senang banget nih main Seaventure ini

    ReplyDelete
  17. Anakku liat foto-foto ini langsung girang banget wkwkkw ayuk bundaa kita buat juga yg sepert itu, katanya :D Sabar ya kak, kita mesti beli paddle pop dulu baru bisa main. Wah makin girang dia, dapat bonus es krim :))

    ReplyDelete
  18. Sebagai ibu, ikutan hepi banget, Mbak. Dengan modal 12 ribu bisa ngajakin anak-anak jalan-jalan meski hanya secara virtual, ya. Pokoknya di masa pandemi gini, hepi itu memang kudu, ya.. Biar tetap waras dan sehat.

    ReplyDelete