Ruangguru, Super App Belajar Online, Teman Belajar Anak di Rumah

Belajar Online ingat Ruangguru

Gak kerasa udah masuk tahun ajaran baru 2021-2022 ya, gimana persiapan di tahun ajaran baru ini, Moms? Ohiya gimana hasil raport semester genap ini, Moms? Setelah setahun pas anak-anak kita melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara daring? Maksimalkah? 

Mungkin terasa kurang saat tidak menyimak penjelasan guru di sekolah, atau ada hal yang sulit dalam memahami suatu materi?  Kini tak perlu kuatir lagi karena Indonesia memiliki layanan belajar online terbaik yaitu Ruangguru.

Teringat flashback zaman Sekolah Menengah, kalau dulu adanya les tambahan, dan belum ada aplikasi seperti ini. Kalau ada aplikasi canggih kayak gini dari dulu, (saya) kayaknya bakal suka belajar Mata Pelajaran Matematika, Fisika, dan lainnya karena banyak animasi dan video pembelajaran yang menarik, juga gurunya neranginnya secara asik, 'gak nyeremin' macam Guru Killer zaman dulu saat zaman sekolah dulu yang bikin nilai salah satu mata pelajaran anjlok, malesin belajar, dan jadi gak suka pelajarannya. Ngalamin gitu gak, Kak?

Ruangguru, teman belajar yang terjangkau mudah diakses dan berkualitas tinggi

Aplikasi belajar Ruangguru didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva dan Iman Usman selalu melakukan inovasi dalam layanan belajar berbasis teknologi termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan. Ruangguru mendapat predikat layanan belajar online terbaik, dan inilah sederet prestasinya hingga kini. 

Kita pun bisa les privat dan adapula konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. 

Kini belajar bisa happy dengan menggunakan aplikasi Ruangguru. Dengan tampilan guru-guru yang keren, fresh, muda, tapi mereka sudah Master lho!

Dengan penyampaian yang menyenangkan, Master Teacher di Ruangguru memberikan informasi secara informatif, dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, kita jadi lebih paham. Terlebih sejak pandemi setahun lalu anak-anak belajar dari rumah, mengerjakan tugas sampai ujian pun dilakukan secara online maka perlu membuat suasana nyaman belajar pada anak. 


Berbagai feedback atau tanggapan positif diterima setelah menggunakan aplikasi Ruangguru yang mudah dipahami, aplikatif bisa langsung dipraktikkan dari konsep banget kemudian menjawab soal-soal, dan tips-tipsnya bisa dicoba.

Kisah inspiratif Putri pengguna ruangguru yang meraih impiannya

Ruangguru sangat membantu saya dalam pembelajaran dan mempertahankan nilai saya apalagi ketika pandemi ketika saya kurang mengerti pembelajaran di sekolah atau lupa. saya bisa membuka kembali rangkuman-rangkumannya dan menonton video-video pembahasan yang beranimasi yang membuat saya lebih mengerti. 
Saat saya duduk di bangku kelas 12 pun, saya dapat mengulang kembali pelajaran-pelajaran kelas 10 yang saya lupa. Sehingga, memudahkan saya belajar untuk ujian sekolah dan saya pun bisa melihat rangkuman dari Ruangguru sehingga menghemat waktu daripada saya  harus membaca buku teks lalu saya rangkum.

Di fitur Bank Soal Ruangguru saya dapat mengerjakan latihan-latihan soal bahkan soalnya itu bisa saya print, sehingga saat UTS atau UAS saya bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah.


Melihat senyuman dan tangis bersamaan setelah berjuang belajar untuk meraih cita-cita, dan kebahagiaan untuk orang tua, terbayar tuntas dengan jerih kerja keras usaha Putri yang menggunakan aplikasi Ruangguru dan bisa *lolos masuk Institut Teknologi Bandung * lewat jalur SNMPTN.

Fitur baru RuangBelajar

Dari Kadelaioskop 2020, Ruangguru terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman belajar yang makin efektif, efisien, dan juga menyenangkan. Selama tahun 2020 Ruangguru menghadirkan berbagai fitur baru.

Program baru di Ruangguru 

Terlebih sekarang terdapat program-program baru dari Ruangguru yang menambah khazanah pengetahuan seperti ada Program belajar di Rumah (di televisi), Ruangguru Champion Session 2, kompetensi cerdas cermat terbaik yang diikuti pelajar di ratusan sekolah terbaik di seluruh Indonesia. 

Adapto

Fitur Adapto mendorong siswa lebih banyak belajar dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif. Yakni mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu. Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah sehingga memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Subtitle Video

Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Fitur Pencarian

Fungsi pencarian untuk menemukan materi belajar secara lebih cepat, sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tes Minat Bakat

Tes minat untuk membentuk perkiraan karier yang paling "gue banget". Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. Nantinya tes psikologi yang dilakukan dalam bentuk tes RIASEC. Dan hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat kamu yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.

Pet Mission

Misi hewan peliharaan atau fitur Ruangguru Pet terbukti jadi bikin semangat terutama yang suka bermain game online jadi lebih semangat belajar karena ada daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

3 karakter lucu di Ruangguru jadi teman belajar anak

Tiga karakter gemesin yang akan nemenin adik-adik pelajar seperti Modo the Giant DragonCandra the Bird of Paradise, dan Harry the Diamond Tiger. Asiknya lagi, kita bisa lihat dari bentuk telur Dino gitu dan bisa netas jadi Naga, dan karakter gemes 2 lainnya. Jadi kayak punya binatang kesayangan, ya!

Asah Otak 

fitur baru ruangguru - asah otak 


Fitur Asah Otak ini kita bisa menguji pemahaman kita lewat berbagai macam pertanyaan yang disediakan. Hasilnya nanti akan diarahkan ke rekomendasi video belajar yang perlu diasah sesuai dengan materi pelajaran yang kita pahami.

Biar kita lebih paham, yuk upgrade Ruangguru kita ke versi paling baru buat nyobain fitur Asah Otak ini. 

RuangBelajar Khusus SD yang jauh lebih informatif dan interaktif 

Dafa Lulu - animasi SD - RuangBelajar


fitur baru Ruangbelajar SD

Oya sekarang ada fitur baru juga di Ruangbelajar SD versi terbaru, adik-adik SD akan ditemenin sama Dafa dan Lulu. Khusus kelas 1 dan 2 Dafa dan Lulu ikut belajar bersama kita lho. Fitur terbaru RuangGuru berkaitan dengan pembelajaran tematik atau pengaplikasian penggunaan tema tertentu terhadap materi belajar, supaya temen-temen yang baru masuk SD lebih memahami materi pelajaran.

animasi interaktif 

Anak saya yang  pertama dalam waktu dekat pun akan memasuki SD kelas 2, Aska sangat tertarik dengan pembelajaran dari Ruangguru ini karena banyak video dengan ilustrasi menarik untuknya. Saat guru menerangkan Matematika misalnya, dimudahkan dengan penjelasan semudah mungkin dengan contoh contoh soal dan jawabannya.

Sudah siap belajar di tahun ajaran baru, Moms? Terdapat promo untuk paket ruangbelajar PAT SD 1-2-3-2020/2021 Tahun ajaran 2021/2022 diskon 55% yakni dari Rp 1.500.000 menjadi Rp 675.000 saja.

Sebagai perbandingan bimbel biasa vs ruangbelajar: 

Perbandingan les dengan ruangbelajar

RuangBelajar untuk SMK 

Kabar gembira kini RuangBelajar juga ada buat anak SMK lho! Terdapat materi lengkap untuk semua jurusan SMK dari kelas 10 sampai kelas 12, dan ada beragam soal-soal yang bisa kita kerjakan untuk latihan dimanapun. 

RoboGuru fitur tanya jawab gratis via whatsapp 


dapat solusi konsep dari Roboguru

Fitur tanya jawab gratis via whatsapp dengan Foto Soal, Upload Foto Soal dan kita bisa Dapat Solusi Konsep. Tanya ke Robo Guru di nomor Whatsapp 081578150000.

Untuk PJJ, Ruangguru juga meluncurkan produk RuangKelas gratis. PJJ di sekolah-sekolah Indonesia kini dibantu secara gratis oleh Ruang Kelas. 

Setelah 6 diluncurkan, ada lebih 10.000 sekolah di 430 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang telah memanfaatkan layanan ini. 


Ruangguru Update Konten Positif

Di channel Youtube Ruangguru, Ruangguru sering update konten-konten positif yang membuat kita penasaran karena tema-temanya pun menarik dan menambah insight baru buat anak-anak kita di rumah.

Seperti ada konten menarik tentang Sains di Ruangguru Update, misalnya Fakta Jantung yang harus kita tahu, atau Bentuk Awan dan Fakta Unik Seputar Awan, atau juga pengetahuan yang bisa jadi motivasi belajar misalnya mencari Beasiswa di channel Youtube Ruangguru ada konten tentang Jenis-jenis Sumber Beasiswa yang Harus kita tahu. 

Saran-saran untuk masuk Jurusan di Kampus yang cocok, belajar pemahaman Hukum Fisika, tips trik belajar Biologi, ataupun cerita Juara kisah-kisah inspiratif pengguna Ruangguru yang sukses meraih impiannya.

Sosmed instagram @ruangguru juga aktif, sering menginfokan hal-hal baru, tips belajar dan informasi terbaru seputar belajar.

Prestasi yang diraih Ruangguru 

Nah inilah sederet prestasi yang telah diraih oleh Ruangguru adalah:

  • 50 Perusahaan Teknologi Pendidikan Paling Transformatif di Dunia
  • Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik di Google Play
  • CEO dan CPO Ruangguru dinobatkan sebagai Energing Entrepreneur of the Year
  • Social Impact Entrepreneur Award dari Tatler and Credit Suisse
  • Best Brand Awards dari Trans TV dan TV7

Tak ada hasil yang instan. Untuk belajar perlu semangat belajar yang tinggi. Terlebih belajar online harus dikondisikan semangat anak-anak, syukur-syukur kesadaran sendiri dan kita bisa mengkondisikan itu agar anak haus akan belajar. Jika melihat sejarah, para ahli ilmu semangat mencari ilmu bahkan pergi dari satu kota ke kota lain, bahkan ke luar negeri untuk mencari ilmu. Dan disini, kita bisa difasilitasi terbantu dengan Ruangguru semudah di dalam genggaman. Tinggal semangat untuk mempelajari pelajaran dengan sabar dan tekun. Yuk semangat belajar di Ruangbelajar Ruangguru[]


With Love,




Sri Al Hidayati

10 comments

  1. lengkap ya, bahkan bisa tanya jawab ama guru via WA segala yak? senangnyaa belajar intensif gini meski via online.
    jadi gak sabar ingin si Kakak ikut belajar di Ruangguru juga nanti kalau masuk SD.

    ReplyDelete
  2. ternyata ada yang buat SD juga ya hihhi, mau ah aku infoin juga nih buat keponakan aku aaah, siapa tau jadi lebih rajin dan semangat hihihi

    ReplyDelete
  3. Waah, fitur2 baru bikin makin semangat belajar daring nih yaa,terytama buat anak2 SD yang memang butuh didampingi belajarnya .
    Btw , sekarang buat SMK ada niih, tambah kece aja, soalnya anakku SMK baru lulus tahun ini, kemaren2 mah belom ada katanya.

    ReplyDelete
  4. Benar sekali yaa, teh..
    Bahwa Tak ada hasil yang instan. Jadi perlu banet semangat juang dan belajar yang tinggi.
    Fasilitas belajar online sekarang banyak dan pilihan ruangguru adalah yang terbaik karena banyak fasilitas yang diberikan, meski belum berlangganan.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya mbak, sekarang ruang belajar juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tidak seperti bimbel di jaman dulu, harus ke tempat les dan perlu waktu lagi, kalau lewat aplikasi lebih membantu anak belajar mesipun di rumah saja.

    ReplyDelete
  6. Bagus juga ya berbagai fitur yang disediakan di Ruangguru, kebetulan anakku juga di SMK nih mba. Bisa dong ambil yang khusus untuk anak SMK yaaa.. tahun depan dia saatnya masuk kuliah nih.

    ReplyDelete
  7. Asyik banget ya... Semacam ruang guru ini di zaman serba online ini sangat diperlukan ya karena para ortu banyak yg ga biasa jadi guru hehe...

    ReplyDelete
  8. Video-video di Ruanbgguru membantu banget untuk anak ya, apalagi sekarang ada fitur-fitur baru lagi. Ruangguru selalu berbenah ... kereen.

    ReplyDelete
  9. aplikasi yang sangat sangaaat membantu ya mba.. aku juga suka ngintip nih bareng dengan anakku yang SD. metode belajarnya dan materinya memang seru - seru yaaa

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau ternyata di ruang guru bisa diajarin lewat wa juga ya. Jadi kalau ada yg ga ngerti bisa minta diajarin lg ya

    ReplyDelete