Pengalaman Servis Mesin Cuci


Mesin cuci setelah dibersihkan dan diganti drumnya


Jangan terlalu memaksakan mencuci baju terlalu banyak jika ingin mesin cuci di rumah lebih awet.

Sedih karena mesin cuci menimbulkan bunyi seperti lepas dari tempatnya, dan bergoyang. Semula dipikir biasa saja tidak akan mahal biaya memperbaiki mesin cucinya. 

Suami pun meminta saya menelfon perusahaan mesin cuci yang cabang Bandung untuk menjadwalkan kunjungan. 

Awalnya pihak Sharp mengatakan bahwa tidak bisa memastikan datang kapan, tapi memberitahukan pada saya bahwa akan menjadwalkan kunjungan. Dengan mencatat nama alamat kemudian saya bertanya berapa aperkiraan untuk membetulkan mesin cuci? 

Lalu di telfon, bagian CS mengatakan bahwa ada biaya pasti seperti Transport sebesar Rp 40.000, biaya servis Rp 220.000 dan belum tambahan sparepart jika ada. Saya pun mengucapkan terima kasih dan memberi tahu suami tentang harga-harganya.

Dan sehari setelahnya tepatnya siang tukang servis datang ke rumah.

Setelah melihat permasalahan di mesin cuci, tukang servis mengatakan kalau masalahnya karena mesin cuci terlalu over, pas nyuci terlalu berat. Jadi ada yang patah dan harus dibongkar dan diganti.

Ia juga menanyakan dulu apa mau jika dengan kerusakan seperti ini harus mengganti drum?

Lalu suami saya menyanggupi membetulkan mesin cuci dengan harga drum sekitar 1/2 juta dan penyangganya juga kisaran itu. Berarti harus menyiapkan budget sekitar 1.7 jt dengan biaya transport, dan servis mesinnya.

Tukang servis pun mengambil sparepartnya dulu untuk membetulkan mesin cuci, dan kembali dengan membawa mobil. Wow sebesar itu alatnya gak mungkin kan pakai motor. Hehe. 

Setelah mesin cuci dibuka dengan membuka baut-bautnya, saya bisa lihat isi dalam mesin cuci yang ditopang oleh drum dan penyangga berwarna putih. 

Semua dibongkar seperti alat untuk sabun mencucinya, dan yang lain-lainnya. Saya bisa lihat drum lama yang kotor dan penyangga putarnya yang patah di dua sisinya. Ini yang menyebabkan drum dan penyangganya tidak berputar menyatu. Jadi seperti misah dan menimbulkan bunyi yang khawatir akan copot jadinya. 

Drum mesin cuci yang patah (dekat)

Drum mesin cuci yang patah 

Penyangga drum mesin cucinya



Sebelum dipasang dengan drum yang baru, suami juga minta sekalian mesin cuci dibersihkan sekalian. Mesin cuci terlihat baru kembali putih bersih seperti awal membeli karena disikat dengan sikat baju yang bersih banget. Untuk biaya cleaning saja menghabiskan Rp 220.000.

"Kalau ke depannya mau cleaning saja bisa kalau untuk servis," kata Pak Ipan, tukang servis dari Sharp.

Dan akhirnya hal yang ditunggu-tunggu yakni pemasangan drum baru ke mesin cuci. Drum mesin cucinya juga didatangkan dari Turki dan sparepartnya ini yang mahal. 

Sempat berpikir apakah aku sebaiknya nyuci manual saja kalau misalkan mesin cuci bayar ngebetulinnya mahal? Heuuu.. Alhamdulillah Pak Suami menenangkan bahwa gak masalah pakai mesin cuci. Asalkan lain kali kalau nyuci jangan penuh-penuh. Gak apa-apa nyuci dua kali daripada mesin yang rusak. Baiklah abi pengertian banget. Makasih banyak abi.

Setelah semua beres mesin cuci dipasang ke tempat semula. Senangnya mesin cuci kembali normal bekerja dan bisa langsung dipakai mencuci. Makasih Sharp.

No comments