Mengenal Jenis dan Cara Cegah Penyakit Jantung

Cara cegah penyakit jantung - Jantung merupakan salah satu organ vital tubuh yang memiliki tugas untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Berkat adanya jantung, semua organ dan jaringan tubuh jadi bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan perannya masing-masing. 

Selain itu, jantung rupanya juga merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap penyakit dan bahkan bisa memicu kematian. Ada berbagai jenis penyakit jantung yang sering menjangkiti seseorang, dan gejalanya juga beragam.

Mengenal Jenis Penyakit Jantung

Ada banyak jenis penyakit jantung yang bisa menyerang seseorang, beberapa diantaranya:

 


1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang paling banyak menyerang dan menyebabkan kematian di Indonesia. Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah arteri mengalami pengerasan dan penyempitan. Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung. Adanya pengerasan dan penyempitan ini  terjadi akibat penumpukan kolesterol dan pembekuan darah di arteri atau disebut aterosklerosis. 

Penyumbatan yang terjadi ini menyebabkan pasokan oksigen dan darah yang menuju ke jantung menjadi terhambat dan berkurang. Akibatnya jantung tidak dapat bekerja secara normal. 

 


2. Serangan Jantung

Serangan jantung umumnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah ke jantung berhenti total, sehingga sel-sel otot jantung menjadi rusak.

Gejala yang muncul biasanya seperti keringat dingin, nyeri dada, dan sesak nafas. Serangan jantung yang tidak diobati akan dapat memicu kerusakan permanen pada sel otot jantung. Jika kerusakannya terus meluas maka bisa memicu henti jantung.

3. Gagal Jantung

Saat jantung terlalu lemah untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh, maka saat itulah disebut kondisi gagal jantung. Jika gagal jantung terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa memicu komplikasi seperti gagal hati, edema paru, henti jantung dan gagal ginjal. 

Penyakit ini berkembang perlahan, bermula dari penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, atau jantung koroner. 

4. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit ini berupa kelainan bentuk jantung yang terjadi semenjak lahir. Kelainan bentuk jantung bisa meliputi katup jantung, dinding jantung, pembuluh darah dekat jantung atau kombinasi dari kelainan-kelainan tersebut atau disebut tetralogy of Fallot.

Penyakit ini terjadi akibat proses perkembangan jantung pada janin mengalami gangguan. Meski belum pasti apa penyebabnya, tapi dipercaya penyakit jantung bawaan ini adalah konsumsi minuman keras, keturunan, infeksi saat trimester pertama atau karena konsumsi obat tertentu. 

Selain berbagai penyakit di atas, masih ada juga beberapa juga jenis penyakit jantung lainnya. Seperti aritmia, penyakit katup jantung, kardiomiopati, dan lainnya. 

Cara Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang salah satu penyakit yang cukup mematikan, untuk itu penting untuk melakukan langkah antisipasi atau pencegahan. Berikut ini adalah beberapa cara cegah penyakit jantung yang bisa dilakukan mulai saat ini juga.

 


1. Jaga Kadar Kolesterol

Sesekali cobalah untuk mengecek kadar kolesterol Anda, hal ini karena salah satu cara cegah penyakit jantung adalah dengan mengontrol kadar kolesterol. Adapun parameter kolesterol yang wajib diperhatikan adalah LDL atau low-density lipoproteins.

LDL ini merupakan kolesterol jahat yang dapat membentuk plak aterosklerosis hingga menyebabkan penyakit jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda tidak terlalu tinggi, cobalah untuk diet dari makanan dan minuman yang dapat memicu kolesterol seperti jeroan, otak sapi, kuning telur, daging bebek dan sebagainya.    

2. Hindari Paparan Asap Rokok

Cara cegah penyakit jantung adalah dengan menghindari paparan asap rokok, apalagi sampai merokok. Perokok atau orang-orang yang sering mendapatkan paparan asap rokok memiliki resiko dua kali lipat lebih besar terkena penyakit jantung daripada orang yang tidak merokok. 

Berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok, artinya Anda sudah mulai mengurangi resiko penyakit jantung. 

3. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga juga merupakan salah satu cara cegah penyakit jantung. Olahraga yang rutin dilakukan meski hanya 30 menit sehari bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar., Selain itu olahraga membuat organ jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat.

Jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga berat, maka cobalah untuk olahraga ringan. Seperti misalnya jalan santai, jogging, berenang, bersepeda dan sebagainya. 

4. Jaga Kadar Gula Darah

Seseorang yang  memiliki kadar gula darah tinggi biasanya lebih beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena umumnya penderita gula darah tinggi atau diabetes akan mengalami kerusakan pembuluh darah, sehingga berpengaruh juga pada pembuluh darah di jantung. 

Cobalah untuk memeriksa kadar gula secara rutin, serta hindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula. Seperti misalnya nasi putih, makanan siap saji, roti putih, daging olahan dan lain sebagainya. 

 


5. Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh sering terpapar zat radikal bebas yang dapat memicu penyakit jantung. Karenanya cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang banyak  mengandung vitamin A, C dan juga E. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, daging merah dan juga gula. 

Akan lebih jika Anda perbanyak konsumsi sayur, buah, ikan, ayam dan gandum utuh untuk memelihara kesehatan jantung Anda. 

6. Konsumsi Suplemen Kesehatan Jantung

Selain beberapa cara cegah penyakit jantung diatas, Anda juga bisa menambahkan konsumsi suplemen kesehatan jantung. Ini merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung di usia muda yang cukup mudah untuk dilakukan. 



Asta-Cardix yang merupakan nutrasetika antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan jantung, lebih tepatnya pada bagian saraf, otot jantung dan juga pembuluh darah. Suplemen ini bersifat lipofilik atau larut dalam pembuluh pembuluh darah, sehingga ampuh menembus membran sel di dalam tubuh serta dapat membantu membersihkan zat kimia berbahaya dan radikal bebas yang tertangkap. Asta-Cardix juga aman dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM. 

Selain itu ada juga Sistocare, nutrasetika yang diformulasikan khusus untuk penderita hipertensi ringan. Sistocare bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, membantu mengurangi pengerutan pembuluh darah serta membuat otot polos pembuluh darah lebih rileks. Kelebihan lain yang dimiliki Sistocare yaitu aman ketika dikonsumsi untuk jangka panjang, sudah bersertifikat halal, menggunakan ekstrak herbal yang aman dan terstandar serta diproduksi sesuai dengan CPOTB. 

Itu dia beberapa cara cegah penyakit jantung, mulai saat ini sayangi jantung Anda dan miliki kualitas hidup yang lebih baik. 


No comments