Sehat dan Langsing dengan Olahraga Hiit Cardio

hiit cardio efektif menurunkan berat badan dan melangsingkan perut

Temen-temen gimana kabarnya? Bbrr... Cileunyi udah beberapa minggu ini dingin terus. Saya juga diserang flu. Mudah-mudahan kita selalu sehat yaa. Aamiin. 

Btw gimana kabar fisiknya setelah 2 tahun terakhir berada dalam masa pandemi ini gaes? Makin melebar atau makin kuatin ikat pinggang? Jangan lupa untuk menerapkan hidup sehat dengan olahraga teratur dan makan makanan yang thayyib ya. 

Saya ingin berbagi cerita olahraga baru yang saya jalani setahun terakhir. Lumayan mangkas Berat Badan manteng di 60kg. Ke badan pun kerasa lebih ringan dan nggak mudah capek. Ya, olahraganya namanya Hiit Cardio. Sebenarnya saya merasa terinspirasi dengan sahabat saya yang berhasil nurunin BB 8 kg dan manteng di 55 kg. Wow! Apa rahasianya? 

Ternyata kawan saya ini rutin olahraga. Bukan lari atau senam Zumba, tapi dia bertahan dengan hit cardio. Juga olahraga low impact, high impact, pake barbel, non barbel, pake resistance band, kadang yoga atau pilates. Wow semua dibabat habis! Gilee ... 


Alhasil untuk ngisi waktu #dirumahaja sejak setahun terakhir, saya coba juga akhirnya olahraga hiit cardio. 

Kesan pertama pas olahraga cobain video di atas, besokan harinya langsung pegel-pegel badan, hihi … karena belum kebiasa. Tapi saya nggak kapok. Sebulan, dua bulan, enam bulan kemudian dan sampai sekarang badan rasanya enakan habis olahraga hiit cardio ini, dan diselang dengan video yang lain juga tentu. 

Senangnya setelah rutin olahraga workout ini, perut ngerasa susut jauh, kerasa langsing, dan lemak di betis dan paha juga ngerasa susut lumayan jauh. Alhamdulillah ...

Jadi, di olahraga Hiit Cardio ini memangkas olahraga yang biasanya makan waktu lama, dengan hiit cardio olahraganya efektif, dan juga efektif membakar kalori. Di video di atas aja mengurangi 200 kalori. Awal-awal memang benar awalnya hanya kuat hiit cardio 10 atau 15 menit. Lama-lama bisa juga sampai menit ke 20-an. 

Sekilas gerakan yang di atas kaya simple, tapi kalau belum lentur susah itu dan sakit ke paha, lama-lama juga bisa 💪💪

Nantinya ... kalau udah terbiasa, dan jadi merasa cukup mudah, itu tandanya "harus naikin level workoutnya", cari video yang lebih susah lagi. Wow! 

Dan sobat saya jadi sering workout 40-50 menit. Mantap! 

Hiit Cardio efektif Menurunkan Berat Badan dan Menaikkan Massa Otot

Sahabat saya yang memotivasi saya untuk tetap sehat dengan olahraga hiit cardio 

Target sobat saya saat workout, bukan sepenuhnya BB agar turun (itu mah bonus hehe..), tapi target olahraganya yaitu menaikkan massa otot, dan menurunkan body fat. Jadi kalau hiit cardio itu memangkas kira kira bagian tubuh mana yang gemuk, itu yang dibabat dan jadi dari yang tadinya body fat jadi badan bagus gitu.

Nah, Fungsi naikin massa otot untuk apa? Yup, biar metabolisme nya bagus, kalori harian lebih banyak dan nggak mudah gendut 😁

Kata sobat sekaligus mentor saya ini bilang, tubuh yang akan milih dengan sendirinya lemak mana yang harus dipangkas terlebih dulu, ada yang tangan dan bahunya dulu, ada yang kakinya dulu. Nanti lama-lama bagian yang kita pengenin bakal ngecilin dengan sendirinya kalau kita konsisten. Jadi bisa ngelakuin gerakan-gerakan workout yang dulu mah dipikir-pikir mustahil 😁 Tinggal kita rajin olahraga nya dan dinikmati aja prosesnya hehe ….

Untuk ke kesehatan sobat pun memberi kesan kadang suka sakit kepala/migrain, pas program belum pernah kaya gitu lagi. 

Wah, kebetulan saya juga kadang suka ngerasa pegal-pegal badan dan butuh suplemen kalsium terbaik buat memenuhi kesehatan tulang dan suplemen penambah darah karena kadang suka lemes dan mudah Lelah, anemia gitu, alhamdulillah dengan olahraga Gerakan-gerakan workout juga jadi buat kita tetep sehat. 

Sebagai tambahan juga, bahwa abis workout itu tidurnya akan berkualitas lho! dan gak akan mudah cape. Karena badan terbiasa dilatih workout.

Yang harus perempuan tahu: Perempuan itu lingkar pinggang/ perut nggak boleh lebih dari 80 cm, karena berpengaruh ke kesehatan.

Grini juga cerita kalau dia beli buku "i hate diet " yulia balstchun,  disitu dijelasin secara detil tentang ilmu perdietan yang lurus wkwk. Wah, jadi penasaran kuy cari bukunya.

Ada catatan besar mengapa bisa berhasil turun 8 kg itu selain olahraga, jadi dibarengi dengan defisit kalori juga. Nah, ini yang sampai sekarang masih jadi PR saya. 

Body fat itu massa lemak, idealnya sri 19.7 %

Apa sih defisit kalori itu?

Defisit kalori itu adalah makan tetap atau masih 3 kali sehari, tapi asupan kalori makanan dihitung.

Untuk tahu asupan kalori kita berapa, jadi mesti cek dulu BMR sama TDEE badan kita, biar kita tau kalori makanan yang dibutuhin berapa.

Untuk tahu kalori makanan yang dibutuhin berapa kita perlu data Tinggi Badan, BB, Umur, lingkar perut, lingkar pinggul, lingkar leher, biar ketauan hitungan kebutuhan kalori kita berapa. 

Ternyata yang buat kita gendut tuh cuma 1, yaitu kita makan melebihi kebutuhan kalori harian kita. Jadi kita mesti tau berapa kalori yang udah dimakan setiap harinya.

Kalau pengen cepet ngefek jangan lupa defisit kalori.

Misal sarapan clean food betul-betul makanan bersih, sayur, buah dan daging tanpa pengawet atau yang aneh-aneh) itu 5 hari langsung turun 3 kg. Sekarang mah biar konsisten, paling yang betul-betul diapik-apik sarapan aja harus yang sehat. Makan siang dan sore mah normal cuma porsinya dibatasi. Terus ditambah workout juga bu. Kalau pengen cepet harus resistance training, olahrga hiit cardio, lebih bagus pake barbel." 😁

Diet yang dibawa santai, masih makan gorengan kok, asal kita membatasi diri. Stop makan apapun setelah makan sore, nggak ada istilah ngemil malam. Ini yang kadang godaan ya moga kita bisa tahan. 

So, tetep sehat dengan olahraga teratur dan makan dijaga. Nggak harus diet ketat yaa ternyata, jadi dibatasi saja sesuai kalori harian kita. Yuk olahraga hiit cardio! []

No comments