Pentingnya Merawat Kulit Wajah dengan Rutin Menggunakan Skincare

Sebagai perempuan, kita tidak lepas dari berbagai peran dan aktivitas baik di rumah, maupun di luar rumah. Penting halnya bagi kita untuk merawat diri atas pemberian nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, termasuk merawat wajah.

Dulu, saya termasuk yang terlambat mengenal make up, baru ngeh saat zaman kuliah, sedangkan sebelumnya baik SMP SMA hanya tahu pelembab wajah saja. 

Seiring waktu, kuliah, menikah, sehari-hari dan saat berkegiatan di luar pun saya tahunya make up untuk melindungi diri ketika beraktivitas, merawat kulit dan terlihat agar lebih percaya diri. 

Studi oleh Department of Fashion Design, Pukyong National University, Busan, Korea Selatan, mengungkapkan make-up dan skin care menjadi kegiatan yang menyenangkan, dapat meredakan stres, dan membuat menjadi lebih percaya diri. Kepercayaan diri membangun daya tarik yang positif di depan orang lain. (Website investor.id)

Namun, ternyata ada yang lebih bermanfaat dalam jangka panjang untuk merawat kulit kita itu yakni dengan skincare. Meski tidak mengesampingkan atau menganaktirikan make up. 


face care scarlett brightly ever after

Skincare adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit. Banyak remaja putri yang sudah aware sejak dini menggunakan skincare ini. 
Usia saya yang menginjak 32 tahunan ini pun sudah merasa harus berpikir untuk merawat kulit wajah dalam jangka panjang akan terlihat hasilnya, meski mungkin agak ribet karena harus melewati proses yang agak panjang dari mulai cleansing, membersihkan muka, kemudian essence toner, serum, pelembab, tapi skincare diyakini dapat bermanfaat sebagai investasi dini untuk merawat wajah ketika memasuki usia 40 tahun ke atas.

Kalau make up dapat mengubah lebih singkat penampilan dapat terlihat lebih cantik atau tirus, misal. Sedangkan skincare belum dapat terlihat hasilnya dalam waktu singkat, tapi perubahannya dapat terasa setelah memakai skincare dengan rutin.   

Arti skincare atau perawatan kulit termasuk meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit. Skincare dapat mencakup nutrisi bagi kulit hingga menghindari dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Dari mashmoshem.co.id, penggunaan skincare di pagi hari adalah untuk memberi perlindungan pada kulit kita dari paparan sinar matahari. Sementara penggunaan skincare di malam hari dapat memberi banyak manfaat pada kulit wajah. Kandungan yang ada di dalam skincare bisa menutrisi kulit, membuat proses regenerasi lebih optimal. 

Ketahui dulu jenis kulit kita untuk menentukan pemakaian produk skincare yang akan kita pakai. Dalam produk Skincare Face Care Scarlett terdapat dua jenis produk yakni untuk yang Acne dan satu lagi untuk kulit normal. Untuk yang berjerawat, cocok menggunakan Acne Series. 

Karena kulit saya normal, maka saya memakai produk face care yang brightly ever after cream.  Semua produk Scarlett ini telah terdaftar BPOM.

Tahapan Skincare

1. Scarlett Brightening Facial Wash 

facial wash scarlett

Langkah pertama skin care yakni dengan membersihkan muka dengan brightening facial wash untuk kulit bersih dan kencang, serta pori-pori yang sempurna dan maksimal.
 
First impression saya terhadap produk ini adalah kemasannya simple, slim, girly, tapi tetap mewah dan elegan. Dengan warna soft terdapat buliran-buliran disertai dengan bunga rose di dalamnya, dan tutupan flip-flop. Saat membuka produknya terdapat dus tambahan yang membuat produk dapat kokoh. Packagingnya bagus, bisa digenggam dengan satu tangan. 

Botol brightening facial wash mengadung 100 ml. Saat dibuka, brightening facial wash ini wangi bunga seperti body wash scarlett yang freshy dan bikin mood bagus. 

Pengalaman memakai Scarlett Brightening Facial Wash 

Saat diaplikasikan ke muka, tuangkan secukupnya facial wash ke telapak tangan. Usap secara merata ke seluruh area wajah, lalu bilas. Saat diaplikasikan ke wajah, rasanya segar dan melembabkan kulit. 
Untuk ingredient nya terdiri dari Glutathione yang dirancang untuk mencerahkan kulit secara efektif.

Perpaduan yang cantik dari brightening facial wash ini di dalamnya ada bunga kelopak rose, dan aloevera melembabkan kulit, mengencangkan pori-pori dan menghilangkan kotoran. Vitamin E (terbukti secara klinis untuk mengurangi munculnya pori-pori besar, keriput, dan warna kulit yang tidak merata) membuat penampilan kulit secara keseluruhan untuk cahaya halus. Gunakan secara rutin setiap hari, pagi dan malam untuk hasil yang lebih maksimal. 

2. Scarlett Brightly Essence Toner 

essence toner scarlett

Untuk packaging Brightly Essence Toner for Brightening berisi 100 ml, tampilannya girly, warna pink soft, dan terdapat tutupan. Saat digunakan tidak akan tumpah, cukup semprot dan aplikasikan ke muka. Untuk packaging lebih pendek dari facial wash, body packagingnya agak gemuk, namun tetap mudah digenggam dalam satu tangan. Ada tulisan Scarlett yang timbul, dan untuk isi produknya ada bulatan-bulatan berwarna putih. 

Essence adalah cairan yang memiliki tekstur lebih cair dibandingkan dengan serum. Essense memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi yang berfungsi melembapkan kulit dan membantu produk skincare yang nantinya dipakai agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Pengalaman Pemakaian Scarlett Brightly Essence Toner 

Setelah membersihkan wajah, dan muka sudah dalam keadaan kering, kemudian tuangkan secukupnya Brightly Essence Toner ke tangan, dapat digunakan dengan dan atau tanpa kapas. Usapkan secara merata sampai meresap sepenuhnya ke wajah, boleh juga sekaligus membersihkan leher. Saat diaplikasikan ke muka rasanya segar, dinginnya sampai ke pori-pori, dan wanginya polos. 

Brightly Essence Toner for Brightening mengandung Vitamin C alami untuk meningkatkan produksi kolagen.

Kandungan yang lain, antara lain: 
- Gluthatione mencerahkan kulit, 
- Ekstrak witch hazel membantu untuk meringankan inflamation dan mengencangkan pori-pori. 
- Ekstrak Jeju Propolis meregenerasi kulit sehingga tekstur kulit terlihat lebih halus dan kenyal. 
- Allantioin adalah pelembab dan pelembut. 
- Niaciamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar 
- Air anggur memberikan kelembaban, ketenangan, dan kesegaran pada kulit. 

3. Brightly Ever After Serum Scarlett 

brightly ever after serum

Dari sehatq.com, Serum adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum diyakini lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.
Serum Scarlett dari packagingnya lebih berat karena dari botol kaca, packagingnya ada pipet dan berisi 15 ml. Serum Scarlett ini baik digunakan untuk semua jenis tipe kulit. Serum yang terkandung di dalamnya yaitu Glutathione dan Vitamin C adalah antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Memberikan kulit yang lebih cerah, bersinar, dan bahkan lebih merata. Serta dengan Niacinamide untuk membantu meminimalkan pori-pori yang membesar.


Pengalaman Pemakaian Brightly Ever After Serum Scarlett

pengalaman memakai serum scarlett

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kuit wajah. Saat diaplikasikan, kulit terasa lembab dan kenyal. Serum dapat digunakan pada pagi/siang dan malam hari untuk hasil maksimal.

4. Scarlett Glowtening Serum  

Glowtening Serum Scarlett adalah produk yang digunakan setelah penggunaan Brightly Ever After Serum. Packaging Glowtening Serum Scarlett yang mewah, eksklusif terbuat dari kaca, berwarna lebih terang merah menyala Glowtening serum berisi 15 ml. Dari isinya, Glowtening serum lebih creamy, berwarna putih susu, dan harum wangi rose menenangkan. Glowtening Serum ini dapat digunakan untuk semua tipe kulit. 

Contains 16,5%. Active ingredients: tranexamic acid, niacinamide Aloe vera extract, allantoin, licorice extract, calendula oil, geranium oil, olive oil. 

Pengalaman Pemakaian Scarlett Glowtening Serum 

serum glowtening

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kuit wajah. Saat diaplikasikan, kulit terasa lembab dan kenyal. Serum dapat digunakan pada pagi/siang dan malam hari. 
Saat diaplikasikan ke wajah, Glowtening Serum kulit terasa kenyal dan lembab. Suka banget deh pokoknya sama Glowtening Serum dari Scarlett ini! 

5. Brightly Series (Brightly Ever After Day and Night Cream)  

Meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas-bekas jerawat, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah. 

brightly ever after cream scarlett

tekstur brightly ever after cream scarlett

  1. Glutathione adalah antioksidan yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, bersinar dan lebih merata kulit.  
  2. Alga Rainbow meningkatkan kecerahan dan mengurangi ketidaksempurnaan pigmen.
  3. Hexapeptide – 8 membantu mengurangi keriput.
  4. Roseship Oil kaya akan accids lemak esensial dan antioksidan untuk pemanasan luka.
  5. Poreaway meningkatkan tekstur dengan membuat pori-pori terlihat lebih kecil.
  6. Triceramide membantu melembabkan, anti penuaan dan anti keriput.
  7. Aqua Peptide Glow untuk mengganti hidrasi kulit dan membuat kulit bersinar (glowing).

Packaging Brightly ever after cream day sangat manis, girly, warna putih pink, dan ada hiasan bunga di desain cup botolnya. Bahan packaging brightly ever after cream day dari botol kaca sehingga memberi kesan mewah, elegan dan eksklusif. Cream day Scarlett ini berisi 20 ml dan dibandrol harga Rp 75.000. Saat diaplikasikan ke muka, rasanya wajah terasa lembab dan kulit terasa kencang.

6. Brightly Ever After Cream Night Scarlett

cream malam scarlett

cream malam dan siang scarlett

Kandungan yang ada di dalam cream malam Scarlett umumnya sama dengan cream siangnya, yakni Glutathione adalah antioksidan yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, bersinar dan lebih merata kulit. Selain itu ada natural vitamin C, hexapeptide 8, poreaway, dan Aqua Peptide Glow. Hanya ada beberapa yang berbeda di cream malam tidak ada alga rainbow, tetapi ada niacinamide untuk mencerahkan kulit, dan terdapat green caviar untuk menolong kulit melawan dehidrasi.

Produk Face Care Scarlett Apakah Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui? 

Untuk rangkaian Acne Series dan Brightly Series, produk yang disarankan untuk Ibu Hamil adalah yang Brightly Series. Hal ini karena ingredient aman untuk ibu hamil. Menurut Dokter dalam Channel Youtubenya Tanyakan Dokter mengungkapkan bahwa Acne Series tidak disarankan untuk Ibu hamil karena ada kandungan Salicylic Acid, sehingga yang lebih aman menggunakan Brightly Series. 

Setelah pemakaian usahakan menyimpan produk di tempat yang tetap dingin, tempat kering, hindari sinar matahari langsung. Tutup tutup rapat setelah digunakan.

Selain Produk Face Care Scarlett, saya pernah mengulas produk Body Carenya dengan memanjakan diri dengan Produk Scarlett Whitening Cantik Maksimal

11 comments

  1. aku pakai nih, suka banget sama tonernya, serumnya juga sukses melembapkan kulitku yang kering

    ReplyDelete
  2. Kandungan kalau ada niacinamide udh pasti ampuh mencerahkan kulit, aku suka sama toner dan serumnya. Bagus jadi lembab bgt

    ReplyDelete
  3. bener banget sih ini, btw aku pake juga nih scarlett whitening yang brightly ever after face carenyaa, terutama di leher yang gampang banget belang kalo abis dari luar panas panasan hihi

    ReplyDelete
  4. Skincare memang lebih penting dari make up. Karena saya biasanya berdandan hanya saat ke luar rumah. Itupun kadang-kadang polosan aja. Tapi, kalau kulit wajah terawat, pastinya bakal senang banget

    ReplyDelete
  5. Pemakaian skincare memang sangat penting ya, mbak. Apa lagi yang sudah memasuki usia 25thn ke atas. Wajib banget biar ga cepet keriput dan banyak kerutan di wajah.

    Tapi aku belum pernah cobain ini nih, jadi kepengen setelah baca ini

    ReplyDelete
  6. Seneng banget ada produk yang bisa digunakan oleh Ibu hamil dan menyusui secara aman.
    Kini gak perlu khawatir lagi wajah kusam, karena bisa dirawat menggunakan rangkaian Acne Series dan Brightly Series dari Scarlett.

    ReplyDelete
  7. Produk Scarlett lengkap banget ya mba, bisa nih buat mempertahankan kecantikan kulit wajah. Wanita memang harus rajin merawat wajah ya supaya tetap sehat dan terlihat glowing meski di usia 40 tahun keatas...jadi kepo nih pengen nyobain pake perawatan wajah dari Scarlett ini.

    ReplyDelete
  8. lengkap yaa face care dari Scarlett ini. Saya juga pakai toner essnce dan serumnya, Mba

    ReplyDelete
  9. Benar mbak, saya juga pernah belajar tentang tata kecantikan, seperti halnya makanan, apa yang kita makan akan berpengaruh pada kesehatan kita 10,20,30 tahun mendatang, begitu juga dengan perawatan wajah, pun demikian akan kelihatan hasilnya pada 20 30 tahun mungkin sampai kita tua kali ya hehehe

    Btw saya belum pernah pakai nih skincare dari Scarlett, jadi pengen coba juga. makasih reviewnya mbak

    ReplyDelete
  10. Banyak yang merasa cocok pakai produknya Scarlet ini. Termasuk aku. Wajah juga tampak lebih bersih dan sehat juga. Bisa buat kulit jadi cerah ya mba :)

    ReplyDelete
  11. Lengkap ya skincare-nya Scarlett
    Saya paling senang sama Facial Wash-nya
    Segar dan benar benar bersih rasanya

    ReplyDelete