Liburan Anak Sekolah Kemping ke Batu Kuda (Lagi)

kemping batu kuda

Senangnya sehabis mengambil raport kemarin langsung cus kemping di Batu Kuda. Ini kali kedua bagi Adzki untuk kemping di Batu Kuda. Hari terasa sangat dingin tanggal 25 Juni. 

Persiapan yang dilakukan seperti tenda, karena tenda di rumah sudah tidak muat, abi menyewa tenda untuk 4 orang. Tempat sewa tenda di dekat rumah di Cileunyi ada di deket UIN. 

Sewa tenda Borneo sehari 60ribu. 

Saat tiba hari hujan, jadi cepat cepat membawa barangnya meski basah dikit. Rada ngos-ngosan karena bawaan banyak. Hehe. 

anak-anak ayunan hammock

Pengalaman yang menyenangkan karena sudah membuat tenda, langsung pasang hammock untuk Aska Adzki. Mereka gak sabar mainnya. Sewa hammock 15k masuknya murah ya. 

Acara kemping kali ini ada 4 keluarga yang ikut. Padahal banyak yang diajak, tapi yang ikut sedikit. 

Akhirnya cukup banyak juga pengeluaran seperti konsumsi apa yang ingin dimakan. Temen-teman bilang nasi timbel aja jadi nasi udah dibungkus daun pisang tinggal makan. Teman kebagian ayam diungkep aja, jadi tinggal dibakar pas sore. 

api unggun batu kuda


Malamnya membuat api unggun. Dilanjut dengan bakar daging, barbeque-an. Dari daging-daging yang all you can eat ada semua. Daging yang tebal dipotong-potong miring kecil agar tidak susah saat menggigit. 

Kemudian ngebumbuin daging dari minyak wijen, kecap asin, kecap, mentega, royco semua jadi satu. Lalu diamkan dulu barang setengah jam biar bumbu meresap. 

Lalu bakar. 

Jadi kepikiran pengen beli kompor portabel, dan mudah aja gitu pakai gas yang sekali pakai. Mudah-mudahan ada rezekinya. 

Beli panggangannya dan penjepit makanannya pasti mudah yaa jadi bisa pergi gaya koboy kalau mendadak kemping. 

suasana pagi di batu kuda

mejeng di batu kuda

Pagi harinya, melihat teh sumi merajang sayur hendak membuat bala-bala. Pagi hari juga jadwal bagian saya memasak. Saya memasak Spaghetti. Abi membeli spaghetti 4 dan bumbu bologneise nya 4. 

Hari sebelum hari H saya membeli bawang bombay dulu, jadi pagi itu saya siap memasak Spaghetti. Menyiapkan garam dan minyak goreng juga. 

Rebus dulu spaghetti sampai spaghettinya matang benar. Baru deh numis bumbu dan bikin spaghettinya. Lumayan 2 bungkus spaghetti jadinya banyak. 

Kemping menyempatkan membawa buku 

Pas kemping kali ini memang spesial karena saya sedang hamil 29-30 minggu. Jadi lumayan pas kemping itu kan letak tenda saya di tengah-tengah. Agak jauh ke kamar mandi. Bagi saya yang hamil lumayan bulak baliknya dan  benar sehari itu saya bulak balik lebih dari 6 kali. Tapi senangnya jadi olahraga dan kaki gak bengkak lagi. Biasanya kaki saya bengkak pas hamil itu. Banyak gerak jadi langsing. 

Dari rumah udah ngepacking bawa buku Ulid milik Mahfud Ikhwan, Senyum Karyamin milik Ahmad Tohari, dan beberapa buku yang lain. 

Pas lagi senggang, saya sempatkan membaca buku di tenda. Pokoknya menyenangkan pas kemping gak mati kutu kalau saya bawa buku. 

Pas hari Minggu saya baca banyak halaman. Bahkan saya kaget pas baca Pengemis dan Shalawat Badar milik Ahmad Tohari membuat saya tercengang itu saya baca pas lagi di tenda menunggu hujan reda. Ruar biasa tulisannya. 

Baca polosnya Ulid dan khas banget anak-anak Indonesia, seneng bacanya, masih jauh dari tamat bacanya, hehe. 

Ada yang terlupa, bawa Al Quran. Padahal kayaknya heppy banget yah baca quran di suasana kemping. kerasa banget syahdunya. Kemarin nyempetinnya baca Quran dari hp beberapa lembar. 

menyimak dongeng di batu kuda

anak-anak gembira menyimak kisah

 Bapak-bapak ada yang naik ke puncak Manglayang, ada juga yang menunggu di bawah. Makin siang makin hujan dan membuat kami terjebak -ingin pulang tapi apa daya- baru saat benar surut kami turun dari Batu Kuda. 

Abi mengantar saya dan anak-anak turun dulu. Cucian numpuk juga, hehe. Alhasil banyak cucian yang mesti disikat karena bekas tanah dan seringnya Aska adzkia jatuh. Celana kotor, kerudung kotor. 

Aska bawa boneka juga menguji kesabaran, kotor gak pegang bener. Selimut juga jatuh. Hehe. Sabar.. sabar..

Agenda yang padat besoknya beres-beres di atas lemari buku yang mau dikasihkan dan mau beberes baju Adzki. 

No comments