LOVE QURAN, SHARE QURAN

JIKA kita ingin mengetahui kecintaan kita kepada Allah Swt., maka lihatlah kecintaan kita terhadap  Al Quran kariim.
Saya ingin bercerita mengenai #SemangatQuran yang telah dibangun oleh para muslim saat ini. Banyak diantara kita yang tumbuh dengan didikan Quran sejak kecil. Awalnya dari belajar membaca iqra, kemudian belajar membaca Al Quran.


Game Abata, aplikasi yang bagus untuk mendidik anak belajar iqra

Contoh games aplikasi ABATA memilih huruf yang tepat

Alhamdulillah, tak kesulitan kita hingga bisa membaca Al Quran. Tapi di sisi lain, faktanya banyak pula yang tidak bisa membaca Al Quran saat ini, padahal telah menginjak remaja ataupun memasuki gerbang kampus. Saat akan ujian tes baca Quran barulah merasa kelabakan.

Kecintaan kita kepada Al Quran sedikit banyaknya mesti ditularkan kepada orang lain. Dan mesti disadari bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar mengajarkan Al Quran. Pernahkah kita sadari bahwa ada pahala yang mengalir di saat mengajarkan Al Quran?

BACA JUGA: BERSAHABAT DENGAN AL QURAN

Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an.” (HR Al Bukhari dari Utsman bin Affan)

Kawan-kawan yang kesulitan membaca Al Quran semestinya mendapat perhatian dan memiliki kesadaran untuk mencintai pedoman hidupnya, Al Quran. Terdapat cukup banyak cara saat ini agar anak kita bahkan remaja dan dewasa sekalipun menyenangi berinteraksi dengan Al Quran.

Misal, dari cover quran (bentuk quran) yang dipakai pun dapat memberikan rasa kenyamanan tersendiri saat membacanya. Selain itu, meluangkan waktu yang rutin untuk berdekatan dengan Al Quran pun dapat memberikan mood yang kuat (mood booster).

Anak yang lahir di tahun 2010 sampai sekarang, sudahlah bukan era buku lagi, namun ditambah, yakni tak lepas dari gadget. Sejak bangun tidur anak tertarik dengan gadget orang tuanya. Maka orang tua dapat mengisi gadgetnya dengan aplikasi bermanfaat dan menarik, termasuk dengan aplikasi-aplikasi Quran.
Dimanapun kapanpun dapat terus dekat dengan Al Quran. Aplikasi yang dapat kita punya dari mulai Al Quran dan terjemahannya.



Selain itu ada cukup banyak aplikasi menarik sehingga selain belajar, kita dapat bermain. Misal dengan aplikasi Game ABATA buatan Sygma. Game yang menarik untuk anak dalam mengetes kemampuan baca iqra-nya. Game ABATA selain dapat mengenal hijaiyah, fathah, kasrah, dhammah, juga dapat mengetahui vocal panjang, huruf panjang yang harus dibaca empat harakat, sampai kaidah tajwid (qalqalah, idgham, ikhfa, iqlab, dsb).

Ada pula aplikasi serupa yang lain yang kesemuanya bisa dicari dalam genggaman di play store. Misal Marbel Mengaji, Memorize Quran, Quran Stories for Kids, Daily Quran for Kids, Islamic Quiz for Kids, Little Muslim, dan sebagainya.

Kecintaan pada Al Quran melahirkan ide-ide untuk meneruskan kecintaan kepada anak cucu kita kelak. Sehingga kita dapat mengenalkan Al Quran dengan cara yang menarik agar mudah diingat dan tidak membosankan bagi mereka. #SemangatQuran (Sri Al Hidayati)

*Tulisan ini diterbitkan dalam majalah Duta Quran, Dakwah Quran, edisi Maret 2015

FYI Game Abata terdapat dalam Micro SD Syaamil

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan