Sabyan, Grup Musik Gambus yang Ngehits Mengajak Anak Muda Bershalawat

Monday, June 11, 2018

Sabyan, grup musik gambus asal Jakarta

Di penghujung Ramadhan ini, saya tak sengaja 'berkenalan' dengan Sabyan, tim Gambus asal Jakarta yang menyedot perhatian bangsa Indonesia. Awalnya dari tak sengaja dengar saat di Perpustakaan Gasibu, ada seorang Ibu yang menyetel lagunya. Dari situ saya dengar, dan saya merasa ini lagu bagus banget. Pernah beberapa waktu liat di Youtube tapi hanya selewat, gak denger sampai akhir.

Kemudian saat pulang ke rumah, dengar beberapa lagunya, dan segera download. Gak nyangka saya terus memutar lagunya berulang kali, yang berjudul Ya Maulana dan Deen Assalam.

Pernah terlintas musik-musik sekarang liriknya kurang bermakna, eh.. ternyata di Sabyan Gambus ini lirik-lirik lagunya bagus-bagus banget, apalagi ngajakin kita untuk bershalawat juga. Bagus banget pesan pesan yang disampaikannya dan pengemasan musiknya pun yang kekinian menjadikan Sabyan mudah diterima di masyarakat Indonesia.

Sabyan dan fans

Sabyan Gambus, grup musik yang lagi ngehits. Cover lagu mereka jadi trending #1 YouTube loh! Sabyan mulai terbentuk dari tahun 2015. Personil Sabyan Gambus ialah: Kamal (perkusi), Tubagus (boila atau gitar ut), Oan, Ayus (keyboard), Annisa (backing vocal), Nisa (lead vocal).

Awalnya mereka merupakan teman satu panggung, yakni dalam job wedding cabutan cabutan jadi main bareng, saat itu belum terbentuk Sabyan. Baru ketika 2015, Ayus membentuk grup Sabyan. Nama Sabyan sendiri terinspirasi dari nama buah hati salah satu personil.

Suara emas vocalis Sabyan
Nissa Sabyan

Yang menyedot perhatian, di tim Gambus Sabyan memiliki personil suara emas, yaitu Nissa. Nissa yang memiliki nama lengkap Khoirunnisa ini, lahir di Jakarta, 23 Mei 1999. Di usia nya yang masih muda, 19 tahun, Nissa termasuk yang patut diperhitungkan karena memiliki talent suara yang sangat bagus, juga sosok personalnya yang cantik, dalam setiap performnya, stylist Nissa mengaku terinspirasi dari muslimah selebgram.

Selain itu, Nissa Sabyan memiliki follower yang paling banyak diantara personil yang lainnya, yakni 2,1 M. 
Sedangkan Official akun Sabyan Gambus nya sendiri hanya mencapai 1.4 M. Nama akun instagram Nissa Sabyan  https://www.instagram.com/nissa_sabyan/

Saat ini, Nissa baru lulus dari SMK Negeri 56 Jakarta Utara, jurusan yang diambilnya semasa SMK adalah Otomotif. Mengapa ia mengambil jurusan Otomotif, Nisa mengaku karena Nisa suka yang aneh-aneh, dan suka Otomotif karena seru. 

Musik Gambus Sabyan
Musik Sabyan tergolong sangat unik, karena musik yang diusung adalah musik ala Timur Tengah, gambus dengan sentuhan kekinian, serta lagu yang dibawakannya adalah shalawat dikemas menjadi sangat indah dan enak didengar.

Diantara banyaknya grup musik yang memilih pop, dangdut, dan sebagainya, Sabyan menjadi ‘berbeda’ dan menjadi trendsetter karena membawakan shalawat sehingga baik anak muda, maupun orang dewasa pun dapat mendawamkan shalawat kepada Rasulullah, dan mengingatkan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Mengapa Sabyan memilih Gambus?
Ayus mengatakan karena yang mereka pelajari pertama adalah Gambus. "Meski terkadang ada yang sering mengatakan kalau Sabyan itu musik Gambus, tapi tidak ada gambusnya. Tapi kita bisa main pakai gambus,” ujar Tubagus, personil Sabyan lainnya.

Status
Dari semua personil Sabyan, 4 personil lelakinya sudah menikah semua, tinggal 2 personil perempuannya yang belum.  

Cover Sabyan jadi trending #1 YouTube 



Di YouTube, video Official Sabyan Gambus rata-rata dari setiap 1 Video Covernya telah ditonton sebanyak  60 M.

Untuk lagu Habibal Qolbi 84 M, untuk Lagu Deen Assalam Cover by Sabyan telah ditonton oleh 64 M, Ya Maulana yang termasuk lagu baru dirilis pun telah ditonton 30 M dalam waktu singkat. Subhanallah.

Official Sabyan Gambus telah memiliki sebanyak 2.3 M subscribers, tepatnya 2.311.726 subcribers. Subhanallah, nilai yang fantastis untuk tim yang baru mengupload karyanya 9 bulan terakhir. Saya yakin subscribersnya pun bukan orang Indonesia saja, karena pasti muslim Negara lain pun suka.  Artis-artis papan atas Indonesia pun belum tentu memiliki sebanyak subcribers itu.

Sabyan pun berharap agar lagu-lagunya dapat diterima oleh masyarakat luas. Untuk tahu update Sabyan Gambus bisa terus cek sosmednya yaitu instagram di https://www.instagram.com/sabyan_gambus/ dan 
Youtube Official Sabyan Gambus  Sukses selalu Sabyan! Moga kelak saya bisa nonton langsung konser Sabyan! Aamiin

You Might Also Like

1 komentar

  1. Aq pernah liat di yutub itu covernya, tapi gak liat nama grupnya.

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#