Pengalaman Memperpanjang SIM Motor

Mekanisme memperpanjang SIM Motor

Ini pengalaman membuat SIM 3 bulan yang lalu. Sejak jauh-jauh hari, saya sudah mengukur waktu karena SIM Motor saya akan segera habis, maka saya sudah mau ancang-ancang memperpanjangnya.

Secara kalau bikin baru sekarang harganya cukup mencekik yakni Rp 750.000, maka berhemat ya mending memperpanjang. Pagi hari itu sudah mengantri di jalan Nias Dalam no 18  Bandung.

Mekanisme khusus perpanjang SIM A dan C, yakni:
1. Siapkan SIM asli (kota Bandung) yang masih berlaku dan KTP asli + foto copy (kota Bandung) yang masih berlaku
2. Surat keterangan sehat
3. Loket pendaftaran
4. Pengisian formulir
5. Foto
6. Pengambilan SIM

Pada saat itu, sudah mengantri banyak orang, dan akhirnya polisi memberi penjelasan bahwa diprioritaskan untuk orang yang tanggal hari tersebut habisnya dan maksimal 3 hari setelahnya, karena keterbatasan formulir. Banyak yang kecewa dan balik badan: pulang.

Karena saat itu tanggal 1 dan saya habisnya masih tanggal 12, berarti pekan depan saja saya proses lagi. Akhirnya saya, suami dan si kecil pulang, lanjut agenda keluarga.

Tips Perpanjang SIM Motor: 
1. Lihat hari berakhir SIM kamu tanggal berapa.
2. Kalau sudah bulannya, misal kamu lahir Januari pertengahan, awal bulan Januari, kamu udah Lihat jadwal SIM keliling di website sim keliling kota Bandung
2. 3 hari sebelum atau 2 hari sebelum hari kelahiran, kamu udah stand by di tempat SIM keliling dan bawa persyaratan seperti di atas
4. Kalau saya dari jam 8 udah stand by. Di sana banyak orang juga yang mau buat SIM keliling jadi kamu mesti SABAR.
5. Nanti bakal disusun berdasarkan tanggal lahir. Jadi nanti dipanggil.
Kalau bukan 3 hari sebelum hari lahir atau h-2, atau h-1 kamu ga bakal dapet kuota jadi balik lagi deh ke rumah.
6. Pas dipanggil nanti kamu bakal ngisi ngisi form. Di sim keliling juga di tes juga kesehatan. Sampai difoto deh di mobil sim keliling
7. Jam 11 pagi kamu udah bisa dapetin sim keliling karena sim keliling waktunya pas di jadwal saya sampai dzuhur.


Tapi saya sempat Tes Keterangan sehat di tes baca jarak jauh dan tes buta warna, bayar Rp 40.000 langsung dapat lembarannya.

Akhirnya menunda dulu untuk pembuatan SIM motornya. Sambil cari info dimana SIM keliling.

Pembuatan SIM keliling bertepatan dengan berakhirnya SIM motor saya akhirnya saya memilih di Radio Dahlia jalan Burangrang no 28. Pasan dengan berakhirnya habis KTP.

Seruu karena bisa bertemu dengan orang yang ulang tahun di hari yang sama. Pas gitu lumayan antri dari jam 9, kemudian nunggu jam 11.30 dipanggil dan akhirnya foto. Cekrek. Bayarnya pun ngga begitu mahal Rp 125.000 saja. Alhamdulillah punya SIM baru deh!

No comments