Busui Haid, Memilih Shaum Qodho dulu atau Bayar Fidyah?

Friday, June 05, 2020


busui semangat puasa ramadhan.. lanjut syawal? qodho dulu 


Udah masuk hari ke 13 Syawal tahun 1441 H. Alhamdulillah puasa Ramadhan kemarin bolong pas Adzki sakit karena masih ASI (20 bln). Yang jelas bolongnya gak sebanyak taun lalu. Taun lalu Adzki masih usia 1 tahunan hampir 14 hari (udah sama haid). Sekarang Adzki udah dibarengin sama makan, jadi alhamdulillah bisa fokus shaum.

Gimana puasa sambil masih menyusui?
Ngerasanya anak ya agak rewel, tapi saya ingat agar berusaha tetep shaum. Biasanya dialihin main atau makan. Kalau anak sakit, atau gejala diare, baru saya buka puasa. Kayak yang saya alami akhir Ramadhan kemarin.

Baca juga: 10 Persiapan Mommies Menyambut Bulan Ramadhan

Pas zaman Aska bayik saya nyesel dulu ga ganti qodho puasa, saya  dulu milih bayar fidyah (dulu karena kurang pemahaman tentang ibu hamil dan ibu menyusui tetap bisa shaum. Karena dulu khawatir gak bisa ngasih ASI maksimal jadi dulu bayar fidyah).

Tapi seiring berjalannya waktu saya cari dan baca-baca ternyata ibu menyusui tetap bisa puasa.

Baca juga: Amankah Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui? 


Setelah itu anak lahir yang ke-2 pas hamil saya puasa, pas udah melahirkan Adzki setahun itu, dan saya hampir-hampir lupa gak ganti-ganti puasa karena menunda-nunda bayar qadha puasa.

hiks.

Alhamdulillahnya pas udah mau deket, bayar ganti puasa 1 hari, dan belum kebayang ganti sisanya. Pas nanya suami, suami juga gak mau bayar fidyah, katanya kalau masih bisa qadha, qadha aja. Akhirnya beli ayam 3 kg, dan sisanya bahan-bahan udah ada di rumah. Seperti beras, dan beli tempe tahu juga, sayur juga yang ada bahan di rumah. Baru dibagikan alhamdulillah dari 14 hari gak bayar bisa ngasih ke 14 orang bahkan lebih, dari masak sendiri.

Soalnya suami saya berfaham baiknya gak ngasih berasnya aja, tapi juga makanan jadi dengan lauk pauknya. Alhamdulillah sudah terealisasi.


Akhirnya setelah shaum Ramadhan ini selesai kemarin, beberapa hari kemudian saya mantapkan hati untuk tidak menunda-nunda lagi seperti taun kemarin. Jadi bayar qadha puasa bisa sekarang, karena usia siapa yang tau, dan siapa tau bisa menyempatkan shaum Syawal juga aamiin, insyaAllah.

Kadang suka malu sama suami, kenapa karena suami saya senang shaum senin kamis. Suami saya mengingatkan kalau ibadah shaum itu amalan shaleh yang pahalanya langsung dibalas oleh Allah Swt. Dan lagi ada pintu surga yang Allah Swt. berikan untuk orang yang gemar berpuasa yakni Surga Ar Rayyan.

PENTINGNYA PUASA
Keutamaan Ibadah shaum adalah : untuk Allah karena shaum tandanya tidak tampak, durasinya panjang, dan tuntutannya mencegah dari yang halal, bersama dengan Allah, dan Allah yang membalas shaum kita. dan penting ghibthoh rasa iri untuk berfastabiqul khairat.

Keutamaan berpuasa selain perintah Allah Swt. banyak manfaat yang dapat terasa oleh tubuh seperti mendetoks tubuh, membuat lebih sehat, dan dapat diteruskan membiasakan puasa senin kamis atau shaum daud misalnya.

Meningkatkan ibadah secara fisik dan ruhiyah
cara membangun kedekatan dengan Allah

  1. membangun kewajiban
  2. menambah dengan yang sunnah, hingga Allah mencintainya

Yang terpenting saat kita beribadah kita laksanakan dengan sepenuh hati, juga menghadirkan hati.

Penyebab orang shaum hanya mendapat lapar dan dahaga adalah orientasi menyimpang, berkaitan dengan niat  Yang perlu suasana berjumpa dengan Allah, dikondisikan dari sekarang berbuka dan berjumpa dengan Allah.

Bahagia berbuka relatif. Senang saat semua ada atau buka dengan keluarga. Bayangkan berbuka dikondisikan bahagia. Menghayati setiap aktivitas.

Jadi yang terpenting tidak menunda-nunda lagi untuk bayar utang puasa. Yuk berpuasa!



You Might Also Like

0 komentar

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#