Review Buku: Petualangan Membuka Portal Menuju Klan Nebula & Rahasia Orang Tua Raib dalam Novel Nebula - Tere Liye



Selena, Mata, dan Tazk
Sumber gambar: @laelaica23

"Keluar. Atau aku hancurkan cermin ini." Ox mendesis. 

Splash! Splash! Aku memelesat keluar dari cermin dan mendarat di ruang kerja Ox. Tubuhku hampir terpelanting, terasa limbung. Aku berpegangan pada meja kayu. 

"Bulan sabit gompal! Ox menggeram. "Entah kenapa aku sama sekali tidak terkejut melihat wajahmu yang seolah tak berdosa muncul, Selena." (hlm 227-228)  


Serial petualangan dunia paralel yang selalu asik dan ditunggu-tunggu. Akhirnya selesai juga membaca buku ke-9 ini. Buku yang menghibur, penuh petualangan mendebarkan dan seru. Fiksi fantasi kita dibawa bertualang ke Klan lain, seperti Klan Bulan dan dalam buku ini ke Klan Nebula. 

Seperti dalam buku sebelumnya, Novel Selena, Selena adalah tipikal perempuan yang rasa keingin tahuannya besar, semua aturan ia labrak, suka hal menantang, ia seorang pengintai, 'nakal', memiliki sisi gelap karena bersinggungan dengan Tuan Tamus. 

Membuat ulah saat semester baru di depan mahasiswa baru ABTT 

Cerita berawal ketika Selena dan Mata yang bakal terlambat ketinggalan kereta pertama ke Distrik Lembah Gajah. Seluruh mahasiswa tingkat satu, dua, tiga, empat Akademi Bayangan Tingkat Tinggi paling  telat harus sudah kembali ke kampus ini. 

Dan saat tiba di stasiun kereta api, kereta sudah berangkat semenit yang lalu. Seseorang berlari di peron 9. Itu Tazk juga tertinggal kerena karena membawa Kakeknya ke rumah sakit pagi harinya.

Dimulailah ide gila Selena. 

“Aku hafal Stasiun Sentral ini. Di balik tembok peron-peron penumpang ini, ada peron khusus untuk memarkir ratusan gerbong cadangan. Kita bisa meminjam satu gerbong, membawanya ke Distrik Lembah Gajah.  (hlm 27) 

Sempat terpikir oleh saya sebagai pembaca, bagaimana jika ada kereta lain melintas? Akan terjadi tabrakan. Namun Selena tetap percaya diri karena nanti bisa memilih lorong yang kosong. Dan lagi-lagi tidak berakhir dengan baik. 

Mereka ketahuan oleh petugas karena kereta yang berjalan dikontrol dari pusat. Setelah petugas mencoba mengontrol dari pusat, melakukan komunikasi ke kereta, mereka bertiga ketahuan--mereka mencoba berdalih bahwa mereka menolong Ibu yang hendak melahirkan. Tapi kemudian petugas mempertanyakan, mengapa lewat jalan yang bukan menuju rumah sakit, tapi menuju Lembah Gajah? Dan masalah tambah runyam.

Gerbong kereta kehilangan tenaga persis di atas kompleks ABTT, dan sekarang meluncur menuju bangunan paling megah, paling besar di ABTT yaitu aula tempat acara inagurasi diadakan.   

Dan saat mendebarkan gerbong kereta menghilang, muncul persis di dalam aula, menembus atapnya begitu saja dan  mengambang di langit-langit aula. Selena, Mata, dan Tazk menjadi sorotan mahasiswa baru dan  seperti tahun lalu, mereka dimarahi oleh Master Ox. Terutama Selena, tapi karena kehebatan seorang keturunan murni, Putri Bulan, Putri Mata, membuat mereka lolos dari hukuman. 

Saya dan Novel Nebula - Tere Liye

Unsur Intrinsik dalam Novel Nebula 

Dalam novel Nebula masih bertemakan Petualangan, Science – Fiction, setting tempat di Stasiun kereta, Kampus Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT), Kantor Master Ox, rumah Paman Raf, kantin kampus ABTT, dan lainnya. 

Novel ini juga memiliki alur MUNDUR saat Selena masih kuliah di ABTT, kemudian alur MAJU saat Miss Selena terkurung di klan tidak diketahui, kemudian menceritakan petualangan dirinya bersama Tazk, dan Mata, namun godaan besar membuatnya membuka cawan keabadian, dan cerita berakhir Miss Selena belum ditemukan berada dimana.

Tokoh tokohnya sendiri saya suka semua karena memiliki penokohan yang kuat, seperti Selena yang tidak mau diikat aturan,  Mata yang pandai, cantik, memiliki banyak  kekuatan karena ia keturunan murni, serta Tazk anak ex boy band k-pop, tampan, pintar, nilainya selalu paling atas, kalau tidak mendapat nilai B, ia tetap akan memperbaiki nilai sampai nilai A. 

*

Dalam novel ini juga ada tokoh Ev dan Boh yang membuat cerita novel Nebula semakin berwarna. Selena dan Boh yang tak pernah akur, dan lainnya.

Suatu hari Selena diwajibkan melakukan penyamaran dalam mata kuliah Bibi Gill, ia akan menyamar menjadi orang lain, yaitu Ev. Pada saat itu ia berseloroh bahwa Ev suka rambut yang warna-warni dan Mohawk, ia tampak senang menjahilii Boh, tanpa tahu bahwa Tazk menyadari penyamaran yang dilakukan Selena. 

Hal kecil yang  terlewat, itu yang jangan terlihat oleh orang lain. 

“Ev seingatku jarang sekali merapikan rambutnya, tapi saat itu aku menyaksikannya berkali-kali hanya ada satu orang yang aku tahu suka melakukannya, yaitu kamu, Selena. Gerakan menyisir anak rambut dari depan ke samping, itu khas kamu sekali. Maka aku mengambil kesimpulan, tidak salah lagi itu bukan Ev. Itu kamu, kan?” (hlm 99) 

Menjadi Kaki Tangan Tuan Tamus?

Saat libur semester tiba, Selena terkaget karena saat ia melompat ke ranjang bersiap tidur. Plop! Suara seperti gelembung air meletus terdengar.  Selena tahu itu artinya Tuan Tamus datang.

Di cermin, Tuan Tamus mengatakan bahwa Selena punya tugas berikutnya, yakni mencari informasi yang tersimpan di Tower Sentral lantai 200. 

“Kamu akan pergi ke sana, mengunduh file kategori sangat rahasia dari Markas Besar Pasukan  Bayangan. Aku membutuhkan informasi itu.” (hlm 104) 

Selena sebenarnya enggan, tapi ia didesak oleh Tuan Tamus. Akhirnya Selena mengiyakan. Ia juga sempat bertanya tentang kelanjutan informasi tentang Klan Nebula, yang langsung dimentahkan oleh Tuan Tamus, karena Selena telah menafsirkan sajak yang berbeda.

 “Untunglah Tuan Tamus tidak mencurigaiku.” Kata Selena. (hlm 106)  

Sisi Kelam Kakek Tazk yang Mengejutkannya

Tazk dalam Novel Selena dan Nebula

Pernah suatu saat Tazk marah besar di ruang bertarung, biasanya mereka bertiga bertarung mati-matian,  namun ini Tazk melakukan pertarungan sebentar saja robot sudah rubuh dan hancur. Selena dan Mata keheranan.

Saat di kantin, Selena dan Tazk biasa bertemu disana, tidak ada obrolan serius—mengerjakan pekerjaan masing-masing, saat tabung perak penyimpan data sedang menampilkan layar hologram, Selena terkaget sampai nyaris melompat karena melihat gambar Cawan Keabadian yang hilang dari database milik Pasukan Bayangan. 

Tazk mengaku kalau ia baru tahu kejahatan besar kakeknya. Saat sedang melihat file arsip mirip kakeknya, ia tak sengaja menemukan ruang rahasia milik kakeknya. Di basemen rumah kami ada lorong menuju ruangan kecil dan gelap. Ruangan itu penuh dengan bukti-bukti kejahatannya.   

*

Kembali ke masa sekarang...

Kemudian cerita ini bercerita tentang masa kini, saat Miss Selena berada di satu ruangan yang bersandarkan dinding batu lantai di sekitarnya, juga batu yang lembab dan basah. 

Kondisi Miss Selena memprihatinkan. Tubuhnya terikat jarring hijau. Wajahnya lebam. Rambut keritingnya berantakan. Lebih banyak hewan melata melintas, kotor dan menjijikkan. 

Miss Selena dalam Novel Selena dan Nebula

“Aku sungguh minta maaf, Raib.” Suara Miss Selena terdengar pelan. 

“Aduh, bisakah kita lupakan soal minta maaf itu, Miss Selena?” (hlm 179) 

Miss Selena ditahan dalam penjara di klan yang tidak diketahui. Dengan teknik pengintainya, dia berhasil mengaktifkan alat komunikasinya. Tapi itu hanya bisa dilakukan setiap celah komunikasinya terbuka. Klan tempatnya berada terus bergerak, berpindah, yang membuat komunikasi tidak bisa dilakukan setiap saat. Hanya tersambung setiap dua belas jam. (hlm 180)

Miss Selena menceritakan Tazk dan Mata. Cinta segitiga antara Selena menyukai Tazk, tapi Tazk menyukai Mata. 

Delapan sisi bertemu berarti 8 gunung, juga 8 sungai. Simbol ini mirip dengan bentuk cawan. Dan lokasi persis di jantung terdalam Distrik Sungai Jauh-jauh, tempat disakralkan oleh penduduk setempat, lembah dengan hutan lebat, ribuan tahun tidak tersentuh peradaban dan manusia. Bentuknya nyaris sama dengan simbil itu. Itulah Klan Nebula. 

Satu tahun lebih, Tazk dan Selena mencari informasi dan memberitahukannya pada Mata.

Di saat terdesak, di tahun ke-4, Selena kepepet dan bertanya bagaimana membuka portal menuju Klan Nebula, Bibi Gill marah. sampai udara di sekitar Selena mendadak terasa dingin berkali lipat dan susah bernapas. Tubuhnya terasa kaku. 

“Ini semua sungguh omong kosong, Selena. Setelah semua yang kuajarkan. Kalimat-kalimat yang kusampaikan, harapan-harapanku, … kamu telah merencanakan sesuatu yang bisa merusak seluruh keseimbangan dunia paralel.” Bibi Gill mendesak. (hlm 217)   

Karena Selena mendengar Bibi Gill mengatakan Ox, maka Selena yakin Ox memiliki informasi lebih banyak tentang Klan Nebula. Tiga malam sebelum ke lokasi proyek akhir, Selena diam-diam menyelinap masuk ke kantor Ox. Selena membaca catatan perkembangan mereka –Selena, Mata dan Tazk—dari semester pertama sampai level akhir, 

Selena tahu kalau Master Ox tidak benar jelas peduli pada nasib mereka bertiga disana, walau nyaris tewas berkali-kali.  Master Ox juga memperingatkan Selena untuk menjauhi Tuan Tamus. 

Dari semua cerita, paling suka dengan part Selena ketahuan oleh Master Ox seperti di bagian awal tulisan saya. 

Selena menemukan sebuah kotak berisi butiran halus. Selena sembunyi di ruang kantor Master Ox, dan ia harus bertahan di ruang Master Ox berjam-jam lama, dan akhirnya harus menerima kenyataan kalau ia ketahuan –terbayang kepergok mencari data, namun bukannya dapat hukuman, Selena dibiarkan ‘lepas’ begitu saja.  

Rahasia Besar Orang Tua Raib

Mata dalam Novel Nebula

Dalam novel ini juga kita tahu kalau Mata dan Tazk adalah rahasia besar orang tua dari Putri Raib. (ingat kan bagian potongan cerita Raib yang mencari-cari keberadaan orang tuanya dimana berada, bisa baca selengkapnya dalam Novel Batozar).

Baca juga: Resensi Buku: Komet, Komet Minor, Ceros & Batozar, Pertarungan dan Petualangan di Dunia Paralel

Ibunya, Putri Mata yang meninggal  dalam usia muda, saat melahirkan Raib dan Ayahnya, Tazk yang entah dimana keberadaannya.

Jadi awal konflik itu adalah Selena ingin ke Klan Nebula, bahkan ia dengan cara apapun ia lakukan, bahkan ia menukar nama-nama mahasiswa yang satu kelompok seperti KKN dan tempat tujuannya pun diatur sedemikian rupa sehingga Selena bisa satu kelompok dengan Tazk, Mata, Boh dan Ev. Mereka juga hendak ke lokasi proyek akhir di Sungai-sungai Jauh. Bandel jangan diikuti ya!

Konflik besar saat Selena tidak bisa terima kenyataan bahwa Tazk mencintai Mata—bukan dirinya. Selena merasa putus asa, marah dan membuka  Cawan Keabadian. Klan Nebula menjadi guncang. 

Tuan Tamus dan Selena, semuanya bertarung hebat. Dan Mata mengorbankan dirinya untuk bisa menyeimbangkan dunia paralel, untuk membuat Klan Nebula kembali seperti semula. Selena menyesal semua terjadi karena ulahnya..

Bahkan kemampuan bertarung Tazk juga lenyap seketika saat bertarung di Klan Nebula dan saat Lumpu seakan mengambil semua kekuatan Tazk. Tazk hampir putus asa karena kehilangan cinta dan juga kekuatannya.

Di akhir, Selena menolong dengan meminumkan Cawan Keabadian pada Mata. Hal itu tidak bisa menyembuhkan Mata seperti semula, namun cukup mengulur waktu, menunda, memperlambat kematiannya. Akhirnya Mata dan Tazk yang saling mencintai, menikah, dan ajaibnya Mata hamil. Keduanya bahagia tinggal di Klan yang berjauhan dari hiruk pikuk. Namun Mata meninggal begitu anaknya lahir. 

Rasa bersalah menghantui setiap kali Selena melihat Raib, ia mengingat Tazk dan Mata, maka Selena menjaganya dari dekat. Semua teman-teman Raib, semua sudah dikondisikan bertemu untuk elena dan mereka memiliki visi bersama yang harus diselesaikan. 

Belum berakhir, kisah klan petualangan berlanjut dalam Novel Lumpu yang semakin membuat pening karena artinya bagi pembaca setia Ali, Raib dan Seli harus menunda lagi kepenasaran sampai semua seri ini berakhir. Tere Liye memang berhasil selalu membuat penasaran. 

Dari semua cerita Nebula, hal-hal baik bisa diambil semangatnya seperti semangat bertualang, dan hal buruk tak perlu diikuti. Sebagaimana Miss Selena yang memiliki sisi kelam, ia ingin memperbaiki diri dengan selalu berada di sisi Raib, untuk melindunginya, itu mengharukan, terlebih jika Selena mengingat Tazk dan Mata, dan rasa bersalahnya. Jadi, Gak sabar kalau petualangan dunia paralel Selena ini di filmkan. Pasti meledak! Ditunggu novel seri petualangan dunia paralel difilmkan! [] 


DESKRIPSI BUKU  

 Judul: NEBULA

Penulis: Tere Liye 

Cetakan: Pertama, 2020

Penerbit: Gramedia

Tebal: 376 hlm

ISBN: 9786020639536

 

No comments