7 Upaya Meningkatkan Sistem Imun Agar Terhindar Covid-19


Meningkatkan sistem imun

Dari hari ke hari, kasus virus corona di Indonesia terus bertambah. Namun, kamu tidak boleh panik dibuatnya, melainkan harus terus meningkatkan kewaspadaan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan virus corona. Salah satu caranya dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. 


Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Lantas, bagaimana cara meningkatkan sistem imun supaya terhindar dari Covid-19? 

Berikut dibawah ini 7 upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun supaya terhindar dari Covid-19 :

1. Istirahat Yang Cukup

Tidur malam yang berkualitas merupakan cara paling sederhana untuk memperkuat sistem imun. Setidaknya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya. 

Ingat, jika tidak tidur dengan waktu yang cukup akan mengakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak. Padahal, sitokin merupakan sejenis protein yang mampu melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif menciptakan respons imun. Sitokin ini diproduksi kemudian dilepaskan selama kamu tidur. 

2. Rutin Berolahraga

Cara memperkuat sistem imun untuk melawan virus corona juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Keistimewaan olahraga sangat beragam seperti salah satunya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dengan berolahraga juga sel darah putih bisa bersikulasi lebih cepat. Alhasil, sel – sel tersebut bisa lebih awal mendeteksi penyakit. Menariknya lagi, melalui olahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru – paru dan saluran pernapasan. Kondisi tersebutlah yang bisa mengurangi risiko terjangkit flu atau penyakit lainnya. 

3. Makanan Bergizi Seimbang

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari – hari yang mengandung zat gizi dalam jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya mudah yaitu dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, serta memantau berat badan secara teratur, dalam upaya mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. 

4. Makanan Penunjang Sistem Imun

Cara menguatkan sistem imun juga dapat melalui makanan – makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh, seperti contohnya brokoli dan bayam. Selain itu, masih ada makanan lainnya yang bisa dikonsumsi antara lain bawang putih, kunyit, buah – buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), serta makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt. 

5. Hindari Atau Jangan Merokok

Mau rokok nikotin maupun elektronik, baik perokok pasif maupun aktif, terpapar nikotin yang sangat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh. Nikotin akan meningkatkan kadar kortisol (hormone stress) yang mengurangi pembentukan antibody sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel di dalam sistem imun tubuh). 

6. Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri, apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Ingat, kadar alkohol yang berlebihan didalam tubuh dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karena itu, batasi atau hindari konsumsi alkohol yang berlebihan. 

7. Pertimbangkan Suplemen

Beberapa produk suplemen bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Seperti salah satunya *Rhea Health Tone* yang merupakan suplemen alami dari ekstrak tanaman obat dengan antioksidan yang kuat dan khasiat minyak atsiri yang dapat memperbaiki imunitas tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat dan bugar selama pandemic. 

Suplemen ini memang didesain untuk memelihara kesehatan dengan cara mengurangi me-regulate ACE-2 yang ada di sel tubuh. ACE-2 itu sendiri dikenal sebagai “pintu masuk” Virus Corona SARS-Cov-2 ke tubuh manusia. Dengan memperkuat ACE-2, maka virus corona tidak bisa masuk ke tubuh manusia dan dalam waktu tertentu virus tersebut akan mati dengan sendirinya.

No comments