Edukasi Keuangan dan Asuransi dalam Perhelatan Fin Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Fin Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Senangnya kemarin saya bisa menghadiri Pameran Virtual Fin Expo BIK 2021. Fin Expo ini masih berlangsung sampai 2 November 2021. Kita bisa melihat penjualan produk atau jasa keuangan berinsentif, pembukaan rekening, fasilitas pemberian kredit atau pembiayaan, edukasi keuangan dan pameran jasa keuangan. 

Klik link https://finexpo-bik2021.id.

Tema Hari Asuransi kali ini adalah “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki”. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) melakukan edukasi keuangan dan asuransi dengan meramaikan perhelatan daring FinExpo-BIK 2021 yang diselenggarakan dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 2 November 2021.

Bagi AAJI, kegiatan yang diselenggarakan oleh regulator industri keuangan dengan berbagai institusi Pemerintah dan perusahaan jasa keuangan (PUJK) ini merupakan bukti nyata sinergi dan kolektivitas seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki akses ke layanan jasa keuangan, termasuk perlindungan asuransi jiwa.

*

Dalam kehidupan, setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Begitupun setiap dari kita menginginkan kehidupan yang baik, sehat dan terjamin.

Terkadang, kita berpikir merasa (belum) perlu memiliki asuransi. Padahal yang namanya masa depan nggak bisa diprediksi. Dan musibah (semoga kita terhindar darinya) datang tanpa memandang usia. Sehingga, bagaimanapun merencanakan keuangan itu penting.

Terlebih menurut Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), faktanya saat ini baru sekitar 6,5 persen penduduk Indonesia yang baru memiliki perlindungan asuransi jiwa. 

“Yang belum terlalu dipahami banyak masyarakat, asuransi jiwa adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan. Ditambah dengan adanya risiko pandemi, masa depan masih menjadi sesuatu yang tidak dapat dipastikan oleh siapa pun. Di situlah pentingnya produk asuransi jiwa dalam melindungi semua orang dan keluarga tercinta dari berbagai risiko di masa depan,” jelas Budi. 

Menurutnya, berbagai risiko kehidupan di masa sulit seperti saat ini bisa menghambat pelaksanaan rencana yang sudah disusun untuk masa depan. Dengan perlindungan asuransi yang lebih baik, Budi meyakini proses pemulihan ekonomi saat pandemi akan mampu berjalan lebih stabil-positif. Karena itu, meski masih dalam tantangan masa pandemi, AAJI bersama segenap insan asuransi Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi asuransi, khususnya kepada kaum millennial sebagai generasi bangsa selanjutnya.

Di bulan yang baik ini, Bulan Inklusi Keuangan atau yang disingkat BIK, sudah seharusnya kita menyadari pentingnya literasi dan inklusi keuangan.

Akses terhadap produk dan layanan finansial memberikan banyak sekali kemudahan dalam hidup masyarakat, mulai dari memfasilitasi kehidupan rumah tangga, merencanakan bisnis, membantu keluarga, hingga memiliki dana darurat sekaligus dana pensiun.

Tujuan Bulan Inklusi Keuangan


Setelah masyarakat memahami literasi dan inklusi keuangan, maka akan tercipta masyarakat yang well literate dan financially inclusive.

Dengan memahami inklusi keuangan, kita bisa mereview kembali rencana-rencana kita, seperti mengikuti asuransi tertentu untuk mendaftarkan asuransi jiwa, atau menyiapkan dana pendidikan anak kita kelak.

Target di tahun 2021 sendiri yakni Inklusi keuangan meningkat menjadi sebesar 90% pada tahun 2021. (PerPres No. 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 4 Tahun 2021).

*

Inklusi keuangan adalah akses bagi setiap orang atau bisnis untuk bisa memanfaatkan produk ataupun layanan keuangan. Layanan ini berperan penting untuk bisa memenuhi segala kebutuhan manusia setiap hari, seperti transaksi pembayaran, tabungan, kredit serta asuransi yang bisa dikerjakan secara efektif dan kontinu. 

Usaha pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan 

  1. Edukasi keuangan 
  2. Fasilitas keuangan publik 
  3. Pemerataan informasi keuangan 
  4. Fasilitas intermediasi dan saluran distribusi 
  5. Perlindungan konsumen 
  6. Pemanfaatan teknologi keuangan 

Di booth Prudential, kita akan mendapatkan informasi seputar asuransi. Ada berbagai macam asuransi jiwa syariah PruCerah, tips memilih asuransi oleh Merry Riana, dan ada banyak promo diskon dan cashback.

Main ke booth Prudential yuk

Jenis-jenis asuransi dan pembayarannya: 

Ada yang bilang premi asuransi cuma 10 tahun, ada juga yang bilang seumur hidup karena kalau kamu berhenti bayar maka polis mati atau lapse? Kira-kira mana yang bener? 

Nah, kamu perlu tahu nih kalau produk asuransi jiwa itu ada 4 jenis. dan masa pembayarannya berbeda-beda tergantung  jenis produknya. 

Pertama, Unit Link. Masa pembayarannya preminya seumur hidup dan terdapat alokasi investasi yang nilai tunainya  bisa dipakai untuk membayar premi. Jadi nasabah perlu bayar premi kalau nilai tunai sudah habis, untuk menghindari polis lapse atau mati. 

Yang kedua, endowment yang masa pembayarannya premi antara 5, 10 atau 15 tahun sesuai kesepakatan. Dan nasabah tidak akan dikenakan biaya apapun setelah masa pembayarann premi.

Yang ketiga, produk whole life yang pembayarannya terus berjalan untuk perlindungan seumur hidup.

Yang keempat, Term. Yang masa pembayarannya disesuaikan dengan masa perlindungan yang dipilih nasabah. 

Asuransi penting sebagai perlindungan atas kerugian finansial yang timbul akibat ketidakpastian, dan mempersiapkan pendidikan anak di masa mendatang. Maka kekuatan asuransi jiwa dibutuhkan untuk memastikan masa depan yang lebih baik. Seperti contohnya di Prudential Asuransi jiwa syariah PruCerah untuk mewujudkan masa depan cerah.

Untuk Produknya sendiri, terdiri dari: 

  • Asuransi Kesehatan (perlindungan penyakit kritis, medis, kecelakaan atau disabilitas) 
  • Asuransi Jiwa 
  • Pendidikan 
  • Perlindungan Bebas Premi 
  • Dana Investasi 
  • Produk Syariah
  • Perlindungan Karyawan
Inklusi keuangan dapat meningkatkan perkembangan ekonomi negara. Sistem negara akan stabil jika kegiatan ekonomi di dalamnya bisa meningkat. Dengan BIK ini mudah mudahan masyarakat jadi semakin melek dan paham dengan pentingnya BIK.

60 comments

  1. O, ada ya Hari Asuransi, kok pas banget dengan gelaran virtual FIN Expo BIK. Tagline Pahami, Kenali, Miliki menarik pada kenyataannya banyak orang punya asuransi tapi gak memahami produknya. Ada juga yang tertarik punya asuransi tapi belum mengenal manfaat asuransi itu sendiri

    Mau ngunjungi Expo, ah, mumpung masih ada waktu!

    ReplyDelete
  2. Keren ya, pemerintah selalu memberikan edukasi terhadap apapun untuk masyarakat, termasuk edukasi financial.
    DI FinExpo ini masyarakat beneran bisa memenuhi semua keingin tahuan mereka tentang financial dan juga asuransi, biar bisa lebih melek dalam keuangan dan meningkatkan ekonomi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlebih ya asuransi memang penting buat jaga-jaga, terutama di masa pandemi ini, penting banget untuk saving di asuransi, biar lebih tenang menghadapi situasi yang penuh dengan ketidak pastian :)

      Delete
  3. Pemanfaatan teknologi keuangan juga merupakan salah satu bagian pemerintah juga ya mba untuk meningkatkan inklusi keuangan. Bagus nih acara ini. Makin melek keuangan :)

    ReplyDelete
  4. Prudential udah termasuk asuransi yang terpercaya. Dan saya suka karena sekarang ada produk syariahnya. Semakin menarik punya asuransi Prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dengar-dengar produk syariah lebih disukai daripada asuransi konvensional karena sistemnya yang pakai tolong-menolong

      Delete
  5. Bagus ya mna..ada Bulan Inklusi Keuangan, membuat masyarakat makin melek literasi keuangan. Terima kasih sharingnya..

    ReplyDelete
  6. Ternyata memang penting ya asuransi itu, asal kita bisa memilih sesuai kebutuhan kita. Dan saya tertarik pada asuransi syariah

    ReplyDelete
  7. Fin Expo BIK ini bagus banget temanya, “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki”.Semoga dengan adanya event ini makin banyak yang memahamid an aware tentang pentingnya asuransi buat masdep.

    ReplyDelete
  8. Memang masyarakat Indonesia harus digiatkan soal literasi termasuk literasi keuangan seperti pengetahuan asuransi. Jangan sampai salah kaprah, dan membenci produk asuransi sebelum kenal lebih dekat.

    ReplyDelete
  9. kalau ikut financial expo seperti ini memang asli banyak info dan pengetahuan yang didapat yaaa mba

    ReplyDelete
  10. Edukasi tentang asuransi memang perlu diperbanyak, ya, Mbak. Nyatanya masih banyak orang ragu untuk memiliki asuransi. Melalui kegiatan Expo BIK seperti ini semoga makin banyak orang yang 'melek' finansial terutama asuransi.

    ReplyDelete
  11. Seru banget ya bisa ikutan pameran virtual 😍.
    Memang punya asuransi itu sangat penting, apa lagi kalau uda punya anak. Karena biaya pendidikan dan kesehatan itu cukup mahal.

    ReplyDelete
  12. saya termasuk yang hepi deh kalo literasi keuangan khususnya untuk emak-emak tuh lebih digencarin lagi, jadi keluarga-keluarga Indonesia bisa punya perencanaan keuangan yang lebih baik ke depannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku setuju, Mbak. Biar makin banyak keluarga yang punya financial planning yang baik.

      Delete
  13. Dengan Tema Hari Asuransi di tahun ini, perhelatan acara Fin Expo BIK menjadi sangat berkesan dan mendapatkan banyak insight bermanfaat, terutama bagi yang masih belum memiliki produk asuransi apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuannya baik sekali yaa... Untuk meningkatkan perkembangan ekonomi negara.
      Dengan semakin banyak masyarakat yang cerdas literasi keuangan, maka semakin baik kondisi dari lingkungan masyarakat terkecil yakni keluarga.

      Delete
    2. iya setuju mba, terutama para istri or ibu-ibu entah kenapa kaya anti banget sama asuransi padahal justru itulah yang akan melindungi kita dan anak-anak kita secara finansial loh

      Delete
  14. Jadi pingin tahu lebih dalam tentang asuransi di prudential ini. Pingin tahu juga nominalny mulai dr berapa.

    ReplyDelete
  15. Variasi topiknya beragam dan semua menarik serta memberikan info finansial utk menambag ilmu tentang finansial. Karena tertarik langsung klik linknya, ternyata sdh closed.

    ReplyDelete
  16. baru tahu saya mbak bulan Oktober bulan Inklusi. Bagus banget acara FIN EXPO BIK2021 ini yaa, semoga acara seperti ini dilakukan setiap tahun agar semua masyarakat Indonesia rata teredukasi literasi finansialnya.

    ReplyDelete
  17. asuransi jiwa adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan. Ditambah dengan adanya risiko pandemi, masa depan masih menjadi sesuatu yang tidak dapat dipastikan oleh siapa pun.

    Poin ini pentiiing banget ya Mba. semoga kita bisa menjalankan perencanaan keuangan dgn baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ya Mba, terutama di masa pandemi ini, semua serba nggak jelas, perencanaan keuangan jadi sangat penting, syukurlah di masa sekarang banyak edukasi financial plan gini :)

      Delete
  18. Kemaren aku juga jalan jalan virtual kesana lho kak. Suka banget sama virtual Boothnya Prudential. Ada Merry Riana, motivator favorit aku 😍

    ReplyDelete
  19. Literasi keuangan itu penting banget lho buat masyarakat Indonesia. Bulan Inklusi keuangan 2021 adalah momen terbaik untuk memberikan edukasi. semoga aja pada melek digital dan tahun cara manajamen keuangan pribadi utk masa depan yg lebih baik

    ReplyDelete
  20. Keren ya ada Bulan Inklusi Keuangan. Memberi literasi Keuangan kepada masyarakat. Aku baru tahu. Huhu sayangnya telat deh tahu exponya. Padahal kepengen tahu ada apa aja produk-produk Keuangan yang tersedia.

    ReplyDelete
  21. aku kadang masih menyampingkan wawasan financial, padahal ini termasuk penting ya bagi wanita, terutama ibu sebagai manajer keuangan rumah tangga. fin expo ini menarik ya, tapi udah ketinggalan, semoga tahun depan ada lagi ya event nya.

    ReplyDelete
  22. Nah, ini dia pentingnya mengetahui literasi keuangan, biar kita bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan tepat. Edukasi keuangan asuransi Fin Expo ini banyak membuka pikiran dan menambah ilmu-ilmu yang bisa kita terapkan ya.

    ReplyDelete
  23. Prudential termasuk salah satu perusahaan asuransi yang bagus menurutku dan rutin juga melakukan edukasi mengenai financial planning untuk keuangan yang sehat dan masa depan yang lebih cerah. Salah satunya acara Fin Expo ini bagus ya buat kita kembali belajar tentang literasi keuangan

    ReplyDelete
  24. edukasi keuangan sama asuransi emang penting banget sih yaa, biar ga mispersepsi dan ga salah langkah ngatur keuangan juga bisa milih produk asuransi yang emang sesuai sama budget dan kebutuhan

    ReplyDelete
  25. kerasa banget nih mba.. aku pun lagi mikirin soal itu juga meskipun belum mengarah untuk ambil produk asuransi jiwa. sementara baru merencanakan dulu aja

    ReplyDelete
  26. Ilmu pengelolaan keuangan emang dulu susah didapat. Di sekolah juga nggak diajarin, di keluarga juga cuma bilang "jangan boros". Jadinya pas kita menghadapi realita yang apa-apa berhubungan dengan uang, jadi kelimpungan. Syukurlah pemerintah memahami akan hal itu jadi bikin acara edukasi ini itu agar masyarakat lebih terbuka wawasannya terkait pengelola keuangan termasuk proteksi diri dengan asuransi.

    ReplyDelete
  27. Banyak masyarakat yang terbantu berkat adanya asuransi. Saya masih inget, dulu sekeluarga dapat asuransi kesehatan dari kantor. Setiap berobat, tinggal gesek aja, nggak perlu bayar, selama penyakitnya dicover. Beruntung banget bisa ikutan virtual Fin Expo Inklusi Keuangan 2021

    ReplyDelete
  28. Jadi lebih paham tentang keungan dan asuransi ya mba.. pengen deh ikutan acaranya juga supaya dapat ilmu lebih banyak tentang inklusi keuangan

    ReplyDelete
  29. Baruu aja nulis tentang inklusi keuangan. Emang bener kudu dibenahi sampai atas. jadii inklusi ekonomi di Indonesia bisa terwujud dehhh

    ReplyDelete
  30. Pemahaman akan literasi keuangan ini memang harus selalu ditingkatkan. Maka di BIK ini menjadi langkah tepat agar banyak lagi yang mengetahui dan belajar tentang finansial

    ReplyDelete
  31. Bagus banget ya acaranya... Sayang saya ketinggalan... Padahal bagus banget nih untuk menambah wawasan tentang keuangan... Supaya lebih terencana...

    ReplyDelete
  32. Wawasan keuangan penting banget ya....dan yang terpenting lagi diaplikasikan karena kadang tahu ilmu pas praktek kalah dengan nafsu hehe....Bagus nih acaranya Tah :D

    ReplyDelete
  33. BIK ini bagus ya. Bisa nambah wawasan juga banyak promo ya

    ReplyDelete
  34. Emang bener penting banget asuransi itu yaa, jadi tertarik sama asuransi syariah nih.

    ReplyDelete
  35. Selama ini kan bagi sebagian orang, asuransi itu kurang mendapatkan perhatian. Bahkan mungkin ada yang menilai negatif. Tapi, sebenarnya banyak manfaatnya bagi keluarga dan keuangan.

    ReplyDelete
  36. kereenn ada acara macam FIn Expo ini supaya makin banyak masyarakat yang sadar betapa pentingnya asuransi ya mbaa..

    ReplyDelete
  37. masih mempertimbangkan enaknya ikut asuransi yang model apa ya? Pinginnya sih yang tidak terus menerus bayarnya karena jika sudah usia pensiun takutnya ada pengurangan penghasilan jadi susah nyisihin uang buat bayar preminya.

    ReplyDelete
  38. edukasi tentang keuangan ini.memang penting banget ya.. bisa dimulai penerapannya dalam keluarga, sebelum meningkat ke lapis2 di masyarakat.. terima kasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  39. sudah saatnya milenial ini melek literasi finansial ya,. banyak sistem yg juga harus diperbaiki juga ya mbak

    ReplyDelete
  40. Prudential termasuk asuransi yang bagus. Apalagi saat ini ada yang berbasis syariah. Dengan inovasi yanh terus berkembang, semoga edukasi tentang keuangan kepada masyarakat akan membuat mereka makin sadar pentingnya merencanakan masa depan dengan baik.

    ReplyDelete
  41. jelas sih ya asuransi itu punya banyak jenis sesuai dengan manfaaatnya dan memilih asuransi juga harus memperhitungkan budget kita dong ya.
    dengan adanya bulan Inklusi Keuangan ini semoga semakin banyak yang aware akan pentingnya asuransi.

    ReplyDelete
  42. Bagus ya acaranya, jadi diingatkan kembali untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan keuangan kita nih. Aku paling suka belajar tentang literasi keuangan yang susah prakteknya ..susah komit hehe...

    ReplyDelete
  43. Akses terhadap produk dan layanan finansial memberikan banyak sekali kemudahan dalam hidup masyarakat .. kita yang sudah terhubung ke berbagai layanan pasti merasakannya ya. Nah yang belum merasakannya ini yang perlu diedukasi terus-menerus ya supaya bisa mencoba mengaksesnya juga.

    ReplyDelete
  44. Saat mau beli asuransi memang sebaiknya benar2 memperhatikan bener2 ya supaya tahu asurnasi yang dibeli benar2 sesuai kebutuhan.
    Kalau di suatu negara sudah makin banyak yang paham literasi keuangan kyknya emang sangat mendukung negara juga ya mbak. Kyk perekonomian naik, kalau ada yang sakit negara gak nanggung2 amat BPJS-nya dll.

    ReplyDelete
  45. Perlindungan keuangan menggunakan asuransi emang bisa jadi pilihan banget. Apalagi daalam keadaan seperti sekarang. MAsih ada waktu buat ikutan asuransi

    ReplyDelete
  46. Bagus juga nih kalau ada EXPO buat menjelaskan dan menjabarkan secara subjektif. Soalnya orang yang agak anti sama sales asuransi gini udah pusing duluan kalau dikasih harapan yang terlalu muluk-muluk di awal.

    ReplyDelete
  47. Setiap keluarga itu unik.
    Dan dengan mempelajari literasi keuangan melalui Pameran Virtual Fin Expo BIK 2021 kemarin, jadi semakin paham apa yang terbaik untuk masa depan keluarga.

    ReplyDelete
  48. Literasi keuangan masyarakat Indonesia emang minim sekali. makanya di Bulan Inklusi keuangan 2021 pas utk edukasi mereka.

    ReplyDelete
  49. Sekarang ini sepertinya sedang digaungkan ya edukasi keuangan. Dan memang penting adanya edukasi seperti ini, apalagi untuk para ibu sebagai menteri keuangan di keluarganya

    ReplyDelete
  50. Banyak ya mba produknya pridential ini, sempet ngikutin waktu itu juga semoga makin bantu juga nih yang bingung untuk ikut asuransi

    ReplyDelete
  51. Dari 4 jenis di atas, kira2 mana yang paling aman, Mbak? Atau, manfaat sama saja, ya? Hanya menyesuaikan dg dompet masing2 gitu? Hihihi

    ReplyDelete
  52. edukasi keuangan dan asuransi memang harus dilakukan secara berkala, agar semua orang dapat informasi detail

    ReplyDelete
  53. Kita memang tak pernah tau ada apa menghadang di masa depan. Maunya sih semua lancar aja ya. Tapi pengetahuan keuangan melalui Fin expo ini bagus untuk memperbaiki literasi finansial kita.

    ReplyDelete
  54. Kalau semua ikutan berpartisipasi dalam peran maka rakyat tahu betapa besar manfaatnya asuransi

    ReplyDelete