Ikut Kelas Gratis SEO BRT Network Untuk Optimasi Blog


belajar SEO kelas brt network


Mengganggap blog saya 'baik-baik saja' dan tidak ada masalah, setelah ikut kelas BRT Network saya mendapat pengetahuan baru kalau blog saya sedang tidak baik-baik saja. 

Alasan mengapa DA blog saya turun, Mungkin saya bisa mencari tahu kalau ikut kelas BRT Network. Begitu yang saya pikir. 

Beberapa sering traffic jalan di tempat, tapi ada postingan lumayan jadi penyumbang PV paling gede. 

Setelah mendapat DA yang lumayan dan merosot, saya merasa ada yang salahkah? Saya ingin memperbaiki blog dan belajar logika pemograman yang baru, terlebih bagi yang menulis di blog biasanya hanya tinggal nulis dan posting saja. Namun ternyata ada seni dalam menulis di media blog ini. 

Baca juga: Saya, Blogging dan Tren Blog di Indonesia

Pengen banget tahu kira-kira orang suka postingan yang mana, trus karakter pembaca saya seperti apa, dan lain sebagainya. Jadi motivasi besar saya ingin belajar di BRT Network. 

Alhamdulillah seneng banget bisa diterima masuk kelas BRT Network. Saya mendapat pengalaman baru terkait dunia blog, terutama SEO, bukan sekadar menulis saja. Awalnya mungkin iya, saat menulis di Blog saya hanya berpikir konten apa yang akan saya tulis. Namun setelah tahu ada hal yang harus diperhatikan juga agar betul dan SEO Friendly, semakin menguatkan saya bahwa kita harus belajar agar bertumbuh, termasuk sukses dalam menulis Blog. 

Perasaan saat mengikuti kelas BRT yaitu perasaan deg-degan campur aduk, perasaan takut gak bisa, ya pokoknya nano-nano tapi seneng karena bisa melecut semangat buat nyelesain sampai akhir. Menyenangkan bisa ketemu sama coach yang tulus melatih dari nol. Bahkan coach dan teman-teman BRT Network dampingi kita yang masih awam di dunia blog ini. Senangnya punya kenalan baru di BRT Network juga, temen yang punya hobi yang sama. Dibagi kelompok yang bisa bikin kita berkembang.

Materi yang Didapatkan di Kelas Gratis BRT Network



Kelas pertama saya dapetin kamis malam lalu, kelas daring meet bareng temen-temen, antusias jumlahnya pun hampir 70an lebih. 

Hari 1 blog mengupas H1 dan og:title, og:desc, dan og:url nya dobel. 

Baru kali pertama bersinggungan dengan Meta SEO Inspector. Jadi dengan memakai SEO Inspector ini sambil mengecek dalaman blog kita. 

Materi yang dibahas pun daging semua meliputi: 

1. cek blog pake Meta SEO Inspector 

2. Nyoba benerin yang warning merah 

3. Terus Lang id 

4. Urutan heading jangan loncat-loncat H1, H2 dan seterusnya 

5. Sempat sentil og:image juga fungsinya buat apa 

6. Meta deskripsi 

7. Panjang judul blog berapa karakter 

8. Alt image harus diisi 

Kami para peserta pun sudah diarahkan oleh Coach agar mulai cari tahu istilah, tanya Google, kenali dalaman blog masing-masing. 

Berlanjut tugas 2 common, social media dan header. Pada saat ini keadaan hectic karena Adzki sakit. Udah coba cek blog dan Meta SEO inspectornya dan saya ngerasa blog saya udah bener karena nggak ada tanda merah, sampai dimention sama Coach karena paling banyak tugas. 

Alhasil saya menjelaskan alasan si kecil demam jadi nggak bisa fokus. Alhamdulillah dapat kena tegur. Alhamdulillah dapat pemahaman tidak Mom friendly jadi ini semua rata. Mesti ikut alur. Tapi seneng dikasih toleransi karena bukan keinginan sendiri kan sakit itu qadarullah. Intinya coachnya tegas, dan jadi pelecut saya untuk segera nyelesain tugas.

mengecek blog dengan meta inspector

Selanjutnya saya mulai ngulik lang id. Udah coba beberapa dan gagal. Baru pas liat html temen yang di grup postingan siapa lupa temen itu langsung betul alhamdulillah.


Jadi Meta Inspector saya itu deskripsinya ada dobel 3. Sama logikanya seperti lang, head title untuk perbaikannya temukan dulu 3 lokasi deskripsinya. Hapus satu persatu sambil lihat hasilnya. 

Mesti coba-coba, awalnya satu hilang yang deskripsi berkurang jadi ada 2. Terus coba lagi sampai menghapus html dan mengganti kode. Pas ini sukses deskripsi blog tinggal 1 yes alhamdulillah! Tapi di canonical tanda merah. Teman saya yang satu kelompok memberi tahu saya bahwa stepnya lebih mudah buat nambahin canonical. tutorial cara pasang tag rel canonical di blogger wordpress.


og description berhasil jadi satu


Pengalaman mengikuti kelas ini yaitu melatih kesabaran khususnya untuk diri sendiri, karena memang saya pribadi pun merasakan ketika memperbaiki dalaman blog ini terkadang bertanya-tanya mengapa ya sulit? Ternyata harus menggunakan logika dan perlu punya stok kesabaran berhadapan dengan kode-kode, dan juga mata harus teliti.

Gagal coba lagi, gagal coba lagi. Senang sekali punya coach dan teman-teman kelompok yang sabar dan mau membimbing di tengah kesulitan. Kalau sudah cinta dengan Blog, maka kita akan berusaha berusaha kesulitan yang akan dihadapinya.

Pengalaman Keseruan Peserta Ikut Kelas SEO Gratis BRT Network

Mewawancara beberapa orang yang mengikuti kelas BRT Network, ada Mbak Lita yang berdomisili di Sidorajo, dan mulai ngeblog sejak tahun 2008. Pendapat Mbak Lita tentang kelas BRT Network ini "Kelasnya mantab, tegas, serius tapi nggak tegang juga, dan ga santai-santai juga hehe." 

Ternyata ini bukan kali pertama Mbak Lita ikut kelas BRT Network lho. Kali ini Mbak Lita ikut lagi kelas BRT Network buat upgrade ilmu. "Biar inget terus materinya," katanya lagi. Masya Allah, pantesan jago banget. Mbak Lita termasuk yang paling berpengaruh pada saat saya belajar di BRT Network ini karena paham udah utak atik template lewat hasil googling. 

Terimakasih banyak buat Mbak Lita yang membimbing saya dari deskripsi blog ada 3 dan memotivasi saya di common deskripsi biar jadi satu, serta memberi tahu pada saya kalau back up pas lagi nguprek html itu bukan pakai undo. Hahaha.. tapi pilih back up nanti ke download otomatis file themenya. Kalau pulihkan kembali ke awal. Jadi langsung save kalau udah betul.

Selanjutnya saya bertanya pendapat Mbak Lita, seberapa besar belajar SEO ini berpengaruh dengan mendapatkan DA yang bagus? Menurut Mbak Lita jawaban untuk pertanyaan ini kayaknya udah ada banyak di google. Tapi sebenarnya SEO belum tentu bikin buat DA bagus, tapi bkin traffic naik aja karena bisa masuk di pencarian teratas di google."

Saat bertanya tips agar mendapat nilai yang besar, Mbak Lita menjawab bahwa, "Saya dulu DA Blog cuma 10, terus ikutan kelas ngerjain tugas sampai kelas selesai bisa 35. Jadi selain on page, off page juga ada tanam backlink yang banyak ke situs dengan DA besar."

Baca juga: Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Baca juga: Mau Dapat Penghasilan Dari Blog? Yuk daftarkan ke Google Adsense

*

Selanjutnya, yang kedua, saya mewawancara Mbak Iva. Mbak Iva sudah menulis di Blog sejak tahun 2019. Mendaftar TLD sejak tahun 2020.  

Awalnya tertarik ikut kelas BRT Network ini karena dapat info dari Coach Marita di grup lain, tertarik karena pengen benerin settingan blog. 

Saat ditanya mengenai kesan selama mengikuti kelas ini, "pusing hahaha ... tapi seneng jadi dapat banyak ilmu buat Optimasi Blog," kata Mbak Iva. 

Target setelah lulus kelas ini kata Mbak Iva adalah setiap artikel bisa masuk Page one Google Mba, aamiin. Kesulitan terbesar mengikuti kelas ini menurutnya adalah "Sejauh ini edit html buat benerin opengraph image." Harapan mengikuti kelas BRT Network ini adalah "Semoga blog kita lebih mudah terdeteksi oleh google."

Kalau secara pribadi, coach yang paling berkesan bagi saya ada Kak Monica Anggen, karena memberi pemahaman pada saya bahwa bisa kok untuk maju dan nggak perlu kuatir kalau salah. Awalnya mikir kenapa ya tapi jadi paham. Coach lain juga menyemangati saya terima kasih banyak Kak Punto dan Kak Priyo.

Kesimpulannya saya merasa sangat senang bisa ikut kelas gratis SEO BRT Network ini. Sesuai namanya SEO BRT Network Arena Bermain dan Belajar Blogger Indonesia secara tidak langsung membentuk jaringan para blogger di seluruh Indonesia, dan mendidik para blogger untuk bisa bangun dari zona nyaman untuk bisa upgrade ilmu, mendapat ilmu fresh langsung dari coach yang berpengalaman, dan secara tidak langsung membangun diri kita agar bangkit dengan dunia blog yang juga cepat ritmenya. So, belajar bukan sekadar konsisten menulis, namun juga menerapkan SEO yang friendly agar bisa maksimal dalam traffic blog, dan lain sebagainya. Terima kasih BRT Network! []



48 comments

  1. Semoga lolos sampai akhir ya Mbak. Nanti berbagi ilmu lagi ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allohumma Aamiiin... iya Teh ilmunya ditransfer lagi hehe...

      Delete
  2. betul, mbak. gegara kelas ini saya mencoba nekad otak atik html. yang penting udah dicadangkan. trial dan eror, dicoba lagi, salah juga sudah biasa, hahaha

    ReplyDelete
  3. masya Allah mba, luar biasa lho perjuangannya pas anak sakit tpi tetep bisa mengejar dan membenahi blognya dgn maksimal. saluut...

    ReplyDelete
  4. bakalan ada lagi ga kegiatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah bakalan ada terus, rutin. Nanti dikabari pas ada lagi ya

      Delete
  5. Ilmu SEO buat blogging itu emang seru ya. Printilannya banyak dan perlu kesabaran mempelajarinya. Semangat belajar Sri!

    ReplyDelete
  6. Wah iya kalo blogger dapet ilmu gini anteng nih, apalagi seo, buat ningkatin posisi page one sm trafik

    ReplyDelete
  7. Keren nih semangat terus belajarnya..tambah banyak ilmunya nih....semoga sukses terus ya :D

    ReplyDelete
  8. Abis ini, makin rajin ngeblognya, makin canggih ilmu yang diterapkannya, Ya Teh.

    ReplyDelete
  9. Semangaaaat buat nambah ilmu terus! Baru tau juga ternyata ada kelas gratis blogging yang ga kaleng kaleng gini ngasih ilmunya

    ReplyDelete
  10. semangat nich buat nambah ilmu, aku juga pengen banget ikutan. Tapi masih nunggu waktu yang pas biar bisa konsen banget

    ReplyDelete
  11. Mantap nih kelasnya bikin melek seo. Semangat terus ngeblognya, ya!

    ReplyDelete
  12. Ikut kelas BRT Network emang nagih. Ilmunya daging semua. Syukur bgt aku dulu ga ikut kelas yang ngedepak anggotanya kalo ga ngejalanin tugas. Bisa2 aku dulu yg kena depak. Emg printilan blog itu bnyk banget yg hrs dikerjain ya kak. Setelah ikut kelas, baru tahu semuanya.

    ReplyDelete
  13. Kayaknya saya harus ikutan juga nih kelas blogging BRT buat ngecek apakah daleman blog saya baik-baik saja atau tidak. Asyik juga bisa ikutan. Dapat banyak ilmu baru sekaligus teman baru.

    ReplyDelete
  14. Ilmu tentang SEO penting nih buat blogger. Alhamdulillah jadi bisa bawa pulang ilmu banyak ya, Teh. Free pula hehe

    ReplyDelete
  15. Ilmu tentang SEO penting nih buat blogger. Alhamdulillah jadi bisa bawa pulang ilmu banyak ya, Teh

    ReplyDelete
  16. Mantap nih ikutan kelas SEO di BRT Network edisi Desember. Semangat yaaa. Semangat nguprek dan tetap bertahan sampai akhir. Fighting!

    ReplyDelete
  17. Wow teknikal banget ya belajarnya 👌🏻

    ReplyDelete
  18. Aq juga dulu awalnya ngeblog cuma asal nulis aja mbak, dan setelah ikut kelas BRT beberapa waktu yang lalu baru paham tentang SEO. Semangat terus mbak semoga lulus dengan baik ya

    ReplyDelete
  19. ilmu penting buat blogger ya mbak, apalagi buat aku yang buta SEO gini hahaa

    ReplyDelete
  20. Seneng banget mampir ke sini aku mbak, jadi belajar banyak mengenai ilmu SEO yang masih minim aku ketahui

    ReplyDelete
  21. Kelasnya keren ya mbak..
    Seneng banget ya mba belajar didampingi coach ahli langsung..
    Semangat ya mba

    ReplyDelete
  22. seru memang ya mbak, sayang banet kemarin aku gagal karena telat submit tugas huhu.. aku kira asore deadlinennya, padahal udh selese semua tugas :( semoga next bisa ikutan lagi hehe

    ReplyDelete
  23. Saya ikut menyerap ilmunya ya Mbak. Keren nih bisa masuk kelas ini. Saya ga bisa soalnya banyak syarat yang tidak bisa dipenuhi

    ReplyDelete
  24. Baca ini jadi keingetan dulu ikutan kelas yang sama tapi beda nama hihi, kelas 30 hari menaikkan DA ya ampun seru dan berbekas di ingatan hahaha

    ReplyDelete
  25. Saya sangat penasaran juga dengan daleman blog dan ikutan kelas SEO BRT, sayangnya belum punya nyali untuk menjadikan blognya menggunakan hosting berbayar, hiks.
    Semangat belajar dan berbagi ilmunya ya kak.

    ReplyDelete
  26. Wah, serunya kelas Desember. Pesertanya pun banyak ya ada 70 orang. Semoga semangat terus belajarnya, Mbak. Insyaallah ilmu yang didapat di kelas BRT ini tuh berguna banget, Mbak. Apalagi kelasnya memang seru.

    ReplyDelete
  27. Kelas SEO BRT makin lengkap aja materinya. Rasanya seru banget kalau ikutan kelas ini. Deg-degan juga sih, heuheu. Ilmunya bener-bener berguna untuk memperbaiki performa blog.

    ReplyDelete
  28. Aku pun merasa bnyk banget borok yg ada dalam blogku nih. Dulupun pas ikut kelas kerasa bgt bnyk yg oerli diperbaiki. Semangat ya mbak ikut kelasnya

    ReplyDelete
  29. Masya Allah, keren banget teh Sri bisa ikutan kelas gratis BRT Network, habis ikutan kelasma pasti blognya makin keren deh

    ReplyDelete
  30. ilmu SEO-nya juara lah aku akuin mba BRT Network tuh, mantap jiwaaaa, aku yang awam kadang puyeng sendiri baca diskusi di WAG-nya tapi pelan-pelan yaa bisa sambil guugling or dipelajari, gutlak terus di kelasnya yaa

    ReplyDelete
  31. Senangnyaa..
    Belajar kembali bersama temen-temen bersama coach hebat, kak Monic dan tim.
    Aku seneng dapet banyak ulasan, karena sejujurnya, belum berani ikut kelas BRT. huhuu...kelasnya sungguh-sungguh dan ini yang membuat semua pesertanya sukses di dunia blogger.

    ReplyDelete
  32. Selalu takjub sama temen-temen blogger yang haus upgrade diri, soalnya akutu masih maju mundur ikutan kelas BRT hiks gada waktu. Percaya banget sih sama kualitasnya kelas BRT, mayoritas alumninya pada punya blog jadi kereeen

    ReplyDelete
  33. Nggak banyak orang yang mau kasih ilmu cuma-cuma kayak di BRT ini. Bersyukur banget bisa ketemu mereka, apalagi dana untuk kursus SEo nggak ada.

    ReplyDelete
  34. Wow ini teknis banget. Aku bacanya sambil geleng-geleng, ga paham hahah padahal udah install Meta SEO Inspector.
    Sukses ya mbak pelatihannya!

    ReplyDelete
  35. Kebayang sih hecticnya mba kalo anak lagi sakit, tapi saya tim yang sama kaya coach sih, apapun situasi dan kondisi kita gak jadi excuse untuk menyelesaikan apa yang sudah kewajiban kita,semangaaaat teruuuus ya mba sampai selesai biar mantap dapat ilmunya gaspooool

    ReplyDelete
  36. Bermanfaat sekali ya mba kelas dari BRT ini, semoga jadi makin semangat menulis blog dan makin kece blognya ya mba

    ReplyDelete
  37. Pasti gak mudah dan butuh perjuangan banget banget mengikuti kelas BRT Network. Dan hasilnya, memuaskan!
    Seneng banget liat Meta SEO inspectornya uda ijo semuaaa.

    ReplyDelete
  38. Waah waah waahh...pengalaman baru ikut kelas SEO ya, Mbak. Pasti ilmunya bertambah belajar sama BRT. Btw, banyak juga pesertanya, yaa. Kereen!

    ReplyDelete
  39. cerita terus di sini ya mba.. soalnya belum rezeki nih bisa ikut kelas gratisnya BRT wkwk.. padahal penasaran juga tuh sama ilmunya yang ndaging

    ReplyDelete
  40. Beberapa kali saya baca pengalaman teman-teman yang ikutan kelas BRT Network ini, salut banget pada pengajar dan pesertanya. Kayaknya kalau saya yang ikutan langsung mewek2 dan drop out sejak kelas pertama hehehe...

    ReplyDelete
  41. Yang bertahan di kelas ini, aplause banget, hehehe. Alhamdulillah udh sempat ikutin kelasnya, dan emang bisa optimasi blog. Makasih udah sharing, jd banyak ngulang nih udh lupa2 juga.

    ReplyDelete
  42. mantap banget jadi pengen ikutan ini mba :) pengen belajar cuma waktunya sih daku yg selalu ga memungkinkan

    ReplyDelete
  43. Positif banget ni kelasnya BRT Network. Manalagi sangat relate dan bermanfaat banget buat upscalling kualitas blog kita sendiri
    Cayyooo..

    ReplyDelete
  44. Nanti ikutan lagi mbaa kalo ada lagi.. pokoknya jangan nyeraahh.. hehe

    ReplyDelete
  45. Kelas BRT ini keren banget mbaa bener bener daging materinya kita jdi mengenal blog lebih dalam

    ReplyDelete
  46. Saya masih maju mundur nih daftar kelasnya pas Desember kemarin, takutnya ga kepegang tugas-tugasnya secara anak juga masih batita masih butuh perhatian penuh. Tapi baca review2nya sepertinya kelasnya oke banget ya untuk belajar SEO

    ReplyDelete