Ngeblog Itu Mudah, Yuk Buat Blog Impianmu Sendiri!

Senang sekali alhamdulillah salah satu program Divisi Blogger FLP Jawa Barat sudah terlaksana pada pertengahan Ramadhan kemarin. Bertema Ngeblog Itu Mudah Yuk yang diisi oleh Bang Aswi Ketua FLP Jawa Barat dan kini menjabat sebagai Ketua Blogger Bandung. Kami pun berguru pada mastah dunia blog di Bandung. 

Hari itu Jumat, 17 April 2022 dengan metode webinar, panitia sudah stand by menyimak pemaparan materi dari Bang Aswi. Bang Aswi yang blognya ada di www.sosokitu.com mengaku senang bisa berkumpul lagi bersama teman-teman di FLP. 

Hal awal yang menggelitik bagi saya karena beliau sempat menyinggung bahwa untuk Workshop itu cukup sekali saja, selanjutnya berkarya. Jangan sampai seperti pebisnis yang hobinya ikut workshop, tapi bisnisnya nggak jalan-jalan. Jadi nanti dikenalnya orang yang hobi workshop. 

Workshop itu sekali saja, sisanya action! 


Bang Aswi juga menceritakan tentang dunia blog dengan mengistilahkan ibarat rumah. Bahwa kalau kita kalau punya blog maka kita harus punya hosting untuk nyimpen data, hosting itu ibarat "tanah"-nya. Penyedia hosting banyak ada di Bandung, di Yogya, dan lain-lain, dan harganya macam-macam. Hitungan bayar hosting itu setahun sekali. 

Kalau kita telat bayar, atau ngga bayar hostingan pertahunnya bisa hangus besoknya bisa ngga ada web kita. Kecuali diurus dan harus bayar sekian rupiah supaya blog kita bisa balik lagi. 

Kalau alamat kita itu adalah domainnya, domain itu "alamat jelas kita". 

Beliau pun punya mimpi katanya ingin punya hosting gratisan jadi kalau domain hangus yang meninggal tulisannya tidak hilang. 

Saya juga sempat memikirkan hal ini, sampai pernah bilang ke suami, "Bi, nanti kalau Ummi meninggal tolong bayarin domain ummi pertahunnya ya, biar tulisan Ummi ngga hilang." Suami saya diam aja karena nggak mudeng. Hahaha

Dalam paparannya Bang Aswi menyampaikan bahwa Blog adalah singkatan dari web log. Log sendiri merupakan catatan perjalanan nakhoda kapal, sedangkan blog menjadi media penulisan pertama di dunia virtual. Jadi catatan yang ditulis di dunia virtual. Log dapat disebut juga catatan harian/diari. 

Maka menulis di blog juga awalnya berupa jurnal atau surat kabar online. 

Setiap orang memiliki keunikan tersendiri agar brandingnya tersampaikan pada pembaca. Seperti kita tahu dalam dunia blog ada istilah "niche" untuk menggambarkan diri kita. Misalnya blog sri al hidayati niche islam, muslimah, inspiratif, al quran, review, buku dan lainnya. 

Makin sering nulis blog, semakin sering google pencarian perhatian kepada kita.


Penghasilan blogger itu tidak bergantung sepenuhnya dari adsense. Biasanya ada klien yang minta kita menuliskan satu artikel dan ada patokannya berapa. Kalau Bang Aswi sendiri mengaku jarang mengambil tulisan klien, jadi jarang tapi sekalinya lumayan nilainya tinggi karena levelnya seorang penulis terkenal pasti mahal ya.

Dalam dunia blog sendiri ada nilai DA/PA. Makin besar DA nya makin bagus. Kalau DA itu seberapa terkenal blog kita, kalau PA seberapa banyak orang yang baca tulisan kita. 

Jangan menganggap menulis di blog itu biasa saja, ada lho yang menulis di blog bisa ke luar negeri, dan traveling ke berbagai tempat. Bang Aswi, Mas Ali dan Mbak Sinta baru saja ke Jepang dari menulis. 

Ohya Bang Aswi juga memberi tips agar tulisan kita bisa bagus: 

1. Tulis 6-10 paragraf, gak perlu panjang-panjang

2. Ukuran foto <300 kb 

Ini hal yang saya lakukan sejak awal tahun ini. Jadi mengpress gambar. Ternyata kalau gambarnya besar itu membuat load gambar, dan bisa jadi blog kita akan lama untuk dibuka. Kalau gambar kita press itu akan membantu lebih cepat tayang. 

3. Keywords atau Kata Kunci 

Untuk menulis di blog kita dapat menulis keyword dan dapat mencari kata kunci apa yang sedang ramai diperbincangkan. Hal ini bisa membuat tulisan kita lebih berpotensi dibaca orang.

4. Menulis draft di notepad

Ini hal yang masih saya lakukan sampai sekarang. Menulis ngedraft di notepad lebih simpel dan nggak perlu diubah lagi, langsung copas ke blognya. 

5. Bersilaturahim (BW)

Sejak aktif di dunia blog, saya ikut komunitas BW dan senang bisa baca pengalaman teman-teman yang lain sesama blogger. Seru rasanya meninggalkan jejak di blog kawan kita, dan biasanya mereka pun akan berkunjung balik ke blog kita. 

6. Video di EMbed dari Youtube 

Jadi bukan kita mengupload video sendiri di blog, tapi cukup kita embed dari youtube. Maka kalau konten kita sendiri, kalau punya channel youtube bisa dimaksimalin juga untuk bikin konten. 

Kunci agar blognya hidup: konsisten menulis, buat schedule, dan tantang diri kita

Bang Aswi pernah menantang diri menulis setiap hari di blog selama setahun. Pada tahun 2011, nggak main-main Bang Aswi menulis 343 artikel dalam setahun. Setahun aja ada 365 hari itu cuma hari-hari tertentu aja beliau bolong. Keren! 


Lalu apa Rahasia Menulis dari beliau? yakni menulis dengan menulis, bukan berpikir. 

Menulislah dengan dengan hati lalu editlah dengan pikiran."

Bang Aswi juga pernah mentraining peserta menulis dan meminta peserta menuliskan tentang rumah. Hasilnya 10-15 menit mereka bisa menuliskan sebanyak 1 lembar dan nggak ada beban dalam menulisnya. 

"Bahan bakar penulis itu pengalaman kita."

Kemampuan menulis harus terus dilatih dan disalurkan, jangan berhenti berkarya

Bisa mengikuti lomba blog untuk mengukur kemampuan kita. Pentingnya lomba kita jadi termotivasi menulis. 

Biasanya yang dilihat oleh juri itu adalah artikel/tulisannya bagus atau nggak, kemudian desain menarik - infografis menarik, foto menarik, dan jangan lupa syarat pertama saat mengikuti lomba biasanya ada link yang harus dicantum nah itu jangan lupa. 

Biasanya Bang Aswi bertanya dulu ke panitia, syarat-syaratnya udah terpenuhi belum, kalau sudah boleh langsung dijurikan. 


Semua penulis akan mati. Hanya karyanyalah yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti. (Ali bin Abi Thalib)

Sekian review acara kemarin. Senang bisa merecharge ilmu saya dalam menulis lagi. Terkadang sering terbebani dengan menulis itu harus sempurna, padahal sejatinya ya kalau sedang menulis, tulis saja dulu, nanti diedit mah terakhir. Hehe. Terima kasih banyak untuk teman-teman pengurus FLP Jawa Barat yang membantu menyukseskan acara ini. ^-^

No comments