Review Film Drama Korea GRID

film drama korea GRID

Film Drama Korea Grid ini sangat menarik karena mengangkat tema misteri, thriller dan action. Setelah Vagabond, Taxi Driver, saya menyukai genre film serupa, karena Seo Kang Joon pernah bermain thriller juga di Watcher membuat saya penasaran bagaimana Seo Kang Joon bermain lagi dalam genre ini.

Berlatar tahun 1997, Grid mengisahkan hantu misterius (pemain Lee Si Young) yang menyelamatkan manusia dari fenomena angin surya. Dia menciptakan sebuah program bernama 'The Grid' lalu menghilang secara misterius. Setelah 24 tahun, hantu tersebut muncul kembali sebagai kaki tangan seorang pembunuh berantai.

Cerita thriller yang seru, tidak tertebak jalan ceritanya, dan bikin penasaran. Jadi ini cerita awalnya tentang Kim Sae Ha yang sedang pergi membeli plastik di toserba. Pada saat dia akan pergi, tangannya berdarah. Sehingga dia yakin terjadi sesuatu, dan benar saat di kasir bukan penjaga asli, akan tetapi pembunuh toserba. Dia memanggil polisi dan melihat bagaimana cara kerja polisi menyimpan bukti-bukti dari jejak pelakunya.

Yang anehnya pembunuh toserba ini lolos terus. Saat polisi mencoba menangkapnya, saat di kediamannya, jendela terbuka dan ia bisa kabur karena ada tali yang memberikannya. 

Jung Sae Byok (‘yang diperankan oleh Kim Ah Joong) sudah akan berhasil menangkap orang tersebut, akan tetapi dia gagal karena seorang perempuan yang berhasil menghalangi jalannya. Yang parah perempuan yang disebut “Hantu” itu menghilang di depan Jung Sae Byok. Hal yang mengerikan karena kaki tangan pembunuh berantai itu membuat sebuah luka seperti setruman di tangan Jung Sae Byok. 

Jung Sae Byok mencari tahu siapa perempuan itu dan diam-diam mengendap di kediaman Kim Manok. Tapi dia bertemu dengan Kim Sae Ha yang juga sedang mencari “Hantu” itu. 

Semua kejadian itu Kim Sae Ha yakin sangat berhubungan langsung dengan pencariannya selama ini mencari pelaku yang membunuh ayahnya saat kejadian tahun 1997.

Keduanya kemudian bekerja sama untuk mencari tahu siapa kaki tangan itu. Agar tahu, Kim Sae Ha perlu masuk ke ruang atasan Biro Administrasi di lantai 13 yang tidak tersentuh kecuali orang-orang tertentu. Kim Sae Ha meminta bantuan Jung Sae Byok untuk memanipulasi sidik jari dan ditempelkan ke tangan Kim Sae Ha agar dapat masuk ke ruang Bu Choi. 


film drama korea GRID

Karena kepintaran Kim Sae Ha juga begitu ia masuk ke ruang atasan Biro Administrasi, dan mendapatkan apa yang dia inginkan, Kim Sae Ha terburu-buru menghilangkan jejak dengan memanipulasi rekaman yang ada dan mengganti dengan rekaman saat Bu Choi ke ruang tersebut. 

Saya deg-degan nontonnya pas episode 3 ini karena penasaran apa akan ketahuan oleh Pak Kwon yang di bagian IT. Ternyata sukses! Fuuh…

Teka-teki Film Grid 

Jadi pada saat episode awal-awal saya mengira Ayah Kim Sae Ha itu adalah petugas kebersihan, tapi ternyata plot twist. Ternyata pada saat kejadian itu yang meninggal ada 2 orang yaitu petugas kebersihan dan seorang dokter yang bekerja diklaim pencipta GRID.

Diantara semua episode sampai episode 9, paling suka banget sama episode 3 karena disini bisa melihat kejar-kejaran antara Kim Manok (yang diperankan oleh Kim Sung Kyun) tahu kan film D.P Kim Sung Kyun berperan sebagai bosnya Ahn Junho dan Kopral Han kesukaan saya hehe. ~Ohya btw balik lagi,  jadi paling suka lihat kejar-kejaran Kim Manok dan para prajurit Biro Administrasi. Ya Allah kereen banget scene kejar-kejaran di kereta api, hehe. Scene favorit karena kereta api korea tuh keren keren macam MRT. 

Baca juga: Menikmati Fasilitas Transportasi MRT  


drama korea grid

mengejar kim manok grid

Beta di depanmu. Kau melihatnya?

Kamera.

(mereka memasang kamera di jam, di topi, di kacamata) 

C1 Arah pukul 11.00 

C2 Arah pukul 2 

C3 jalan dua meter ke depan

C4 Tetap di tempatmu 

Kemungkinan akhir 20-30 tahun

Tinggi badan Alfa antara 105-170 cm

Kemungkinan dia bersenjata.

 

drama korea grid

Scene Favorit 

Udah deg-degan bakal ketangkep sama Mayor di Biro Administrasi, lha …. waktu bisa kembali berulang Kim Manok Kembali ke scene awal, dan Hantu mendekat ke tempat Kim Manok berada. Seakan dia tahu mengambil tas, membuka isi tas Kim Manok ada gps nya dan langsung dibuang. Kim Manok ngikutin “hantu” itu, dikira dibebasin eh dia malah dipenjara di tempat rahasia di bawah rel kereta api ada tempat belum selesai yang dipakai. 

Scene favorit yang lain ada juga saat film GRID terhalang genre, yang Jung Sae Byok kaget saat melihat Eojin (diperankan Kim Mu Yeol), mantan suaminya terkena bom. Namun saat itu karena alat teleportasi dikembalikan pada “Hantu” waktu kembali lagi saat Kim Manok dipenjara di ruang rahasia bawah kereta.

Semua Kembali seperti awal dan Ibu Kim Sae Ha dapat hidup kembali. Begitupun Eojin sehat-sehat dan Bu Choi, atasan Kim Sae Ha juga masih hidup. Berharap pasangan di GRID baik-baik aja sampai akhir, jangan sampai Eojin meninggal. Huhu.. 

Scene favorit yang lain adalah saat Kim Sae Ha dewasa bertemu dengan Kim Sae Ha kecil. Kim Sae Ha kecil bingung mengapa orang di depannya itu tahu kalau dia sedang malas ke rumah, malas menemui ibunya yang suka mabuk-mabukkan. Sementara dia pun menahan kencing.

Cepatlah pulang ke kamar mandi. 

“Kau akan baik-baik saja. Kau akan cepat dewasa.” 

Dari sekian episode, melihat Kim Sae Ha memeluk Kim Sae Ha kecil membuat saya tersentuh. Dan pelukan itu terasa menguatkan. 

Masih sangat penasaran dengan endingnya karena episodenya maju mundur, dan baru ketahuan juga kalau “Hantu” ini sebenarnya datang dari masa depan dan sebenarnya dia lahir tahun 2091. Pada saat ditangkap, dia meracau, “Tidak! Tidak! Tidak! Waktu tidak mengalir.” 

Sementara Eojin bertanya, “Kenapa kamu datang kesini?” 

No comments