Melahirkan dengan Operasi Eracs, Pemulihan Cepat dan Nyaman


Karena masih suasana setelah pandemi, terdapat perbedaan-perbedaan saat mulai datang sampai akhir. Seperti di ruang bersalin hanya ada ibu dan ayah si bayi, sementara bayi berada di ruang bayi. 

Nuansa pasca covid membuat semua terasa berbeda dan untuk menyusui para Ibu harus ke ruang bayi. 

Pertama datang ke Rumah Sakit mengambil nomor antrian rawat inap. Hari sudah sore dan azan maghrib berkumandang, saya dan suami diarahkan oleh petugasnya ke bagian IGD dan oleh bidan di cek dulu secara keseluruhan dari mulai tensi, sampai swab antigen. Waduh pas antigen bener deh sakit. Sampai terbatuk batuk.

Sambil menunggu, bagi penjaga yaitu suami dapat kartu untuk penunggu dan disimpen ktp di bagian satpam lt. 1. Kalau mau aplusan bisa pakai kartunya.

Selanjutnya setelah registrasi bpjs, kami ke lantai 2 disana cek rekam jantung bayi selama 30 menit. Saya dapat amanah sambil menunggu rekam jantung saya diharuskan memencet tiap gerakan bayi tapi ternyata colokannya lepas. Hadeuh. 

Sambil mantengin rekam jantung, suntik infusan dulu. 

Alhamdulillahnya hasilnya bagus katanya. Bisa langsung ke ruang perawatan di lantai 4 kebagian nomor 421. Jadi sebenarnya kami dapat lantai 4 itu suatu keberuntungan karena kelas 3 penuh alhamdulillah. Jadi bisa pakai ruangan kelas 2 bpjs tanpa bayar lagi (baca: 1 ruangan 3 bed). 

Di ruangan, abang tidur pakai alasnya sajadah dan sarung. Suami siaga ngeluarin uang banyak sebelum ummi ke rumkit beli bolen dan cheese rolls kartikasari. Makasih abi. 

Gak lama suster datang dan suntik antibiotik ke tangan. Haduh tahan sedikit pedih sebentar.

Milih yg paling ujung kebagian yang deket ac. Brrr... Dingin. Lalu sudah habis makan malam sebelum puasa jam 00.00. Setelah itu makan jam 02.00 lagi makan snack dan roti. Puasa lagi jam 06.00 makan soft drinks, dan jam 08.00 tindakan.

Di ruang Pada saat mau sc eracs jam 6 dikasih minuman trus mndi jam 6.30 masuk ruangan utk siap-siap operasi di lantai 2

Selama 1 jam diem aja nunggu belum dicateter apa-apa cuma infus aja dikasih antibiotik sama obat eracsnya.


Masuk ruang operasi jam 8 tepat disuntik punggung lebih kecil jarumnya dan langsung kebas kaki. Sakit sedikit pas dipasang cateter karena kan udah dibius. Dibius setengah sadar dan dalam hitungan 5 menit bayi keluar. Alhamdulillah laki-laki, ibrahim lahir bb 2.8 kg tb 47. 

Pada saat jahit lumayan lama karena sekalian steril. Dapat pengalaman ngobrol sm petugasnya bilang wow hebat udah 2x sc. Hheu sedih padahal. Tapi alhamdulillah jadi seorang Ibu lagi dengan lahirnya ade bayi laki-laki. Selama operasi dengerin musik lagu kemesraan ini, lagu chrisye dan sophia latjuba dan lain lain. Biar lebih rileks kayaknya. 

Secara pengalaman dan penanganan lebih cepet dan lebih gak sakit banyak suntikan kayak di rs sariningsih. Alhmdulillah. Lumayan diuyel-uyel pas udah selesai op, diem dulu di ruang perawatan dan diobservasi lagi alhamdulillah pendarahannya lancar normal. Diem dulu di ruang perawatan selama 4 jam. 

Pas disini kaki masih kebas gak bisa digerakkin. Pusing dan udah laper pengen makan hehe. Yang iya nya menggigil tapi suster ngasih tau itu menggigil karena memang efek dari biusnya. Dan emang iya lama-lama nggak menggigil tapi udah mulai mual. Udah langsung disuruh miring kiri kanan dan duduk setengah duduk. Pas pindah bed aja pindah sendiri ga dibantu. Daebak 4 jam setelah lahir harus dipacu bisa gerak.

Masuk ke ruangan dan dapat kabar dari Abang, kalau Ibrahim juga lagi berjuang. Ibrahimnya lagi sesek. Ini prediksi dongah adi betul jadinya sedih, karena paru-paru belum sempurna tapi sudah lahiran jadilah saya udah kebayang Ibrahim bakal di rumah sakit, sedangkan ibunya duluan pulang. 

Saya belum bisa nengok Ibrahim karena masih sesak, nafas lewat oksigen, tapi saturasi udah 100  itu udah bagus.

Selanjutnya sorenya saya lepas cateter. Sempat gak bisa pipis semaleman kyknya trauma akibat pemasangan cateter pas dilepas malah justru ga bisa pipis. 

Pas subuh dicoba lagi bisa alhamdulillah. 

Pengalaman Perbedaan Eracs dan SC Biasa 

Eracs pemulihannya cepat. SC pemulihannya agak lama. Kemarin pasca operasi eracs, rasanya nggak terlalu perih seperti SC. 

Pas eracs itu perlakuan treatmemtmya beda jadi sebelum operasi puasa dulu jam 00.00 jam 02.00 makan snack jam 6 dikasih minum malto dan pas suntik punggung suntiknya kerasanya kecil gak kaya pas SC. Trus dikasih obat eracsnya ke infusan beberapa kali. 

Alhamdulillah gak perlu transfusi darah. 

Kemudian jam 12nya udh latihan gerak. Jam 3 sore udah latihan jalan. Sebelumnya minta tolong rima bantuin ganti baju kancing depan. Selanjutnya kaget karena darah nifasnya gak banyak dan ada trauma eracs. 

Tinggal asinya yang harus diusahain. 

Perbedaan lahiran sekarang di ruangan sekarang kayak gak ada bayi. Temen2 di samping juga gak sama bayi. Karena alasan covid jadi bayi dipisah sama Ibunya. Kalau ibu mau liat bayi harus ke ruang bayi. 

Sedih banget 24 jam setelah lahir belum ketemu bayi sama sekali. Pengen gendong n ngenenin langsung.

Momen mengharukan saat jalan dan didorong pake kursi roda sama abi. Pengen liat anak bungsu, tapi belum boleh. Rasanya sedih. Tapi karena ini anak ke tiga ga begitu mellow. Dulu kalau anak pertama nangisnya saya udah kejer.




Senangnya anak-anak berkunjung ke rumah sakit. Happy bener


No comments