Cara Mengubah Kelas BPJS Menggunakan Aplikasi Mobile JKN


rs hermina arcamanik


MasyaALLAH tabarakallah di kehamilan ketiga ini saya kontrol kehamilan dan melalui banyak tes lab dari mulai tes lab urin, tes hiv, alhamdulillah saya tes di dinas kesehatan dan di puskesmas puter.

Baca juga: Periksa USG Kehamilan dan Cek Darah saat Hamil

Selanjutnya di minggu ke-32 kehamilan, saya sebenarnya sudah dibolehkan minta surat rujukan ke rumah sakit. Hanya saja udah beberapa kali tiap selasa ngurusin gagal aja, hehe.

Alasan pertama ditolak karena harus daftar h-1. Pas udah WA sampai tkp disuruh pulang karena faskes 1 minimal 1 hari sebelum, sedangkan saya sudah betul sehari sebelum, tapi saya WA jam 14.45, seharusnya jam 07.30-14.00. Jadilah saat itu saya periksain Adzki saja karena Adzki tetiba batuk. 

Minggu selanjutnya saya udah berusaha tepat waktu H-1 daftar dan alhamdulillah lolos. tapi pas sudah sampai Poli KIA, pas nunggu antrian, saya batuk parah. Alhasil saya dialihkan ke Poli ISPA, dan diperiksa di sana. Bukan surat rujukan didapat, saya harus sabar nunggu lagi sampai batuknya sembuh dulu. 

Karena saya sedang hamil, dokter pun sempat nyeletuk, obat apa yaa yang cocok untuk ibu hamil? akhirnya saya diberi resep acet*lyste*n. Obatnya sama dengan obat Abi. Saya langsung berpikir ya iya saya kan tertular dari Abi hehe.

Minggu ke-3 nya saya balik lagi dan berniat meminta surat rujukan. Ini sudah minggu ke-34. Sebenarnya saya takut ditolak lagi, tapi saya berdoa terus ya Allah moga Engkau mudahkan. Alhamdulillah surat rujukan ke Hermina Arcamanik udah jadi, pelayanan cepat. 

Cara Mengubah Kelas BPJS 

Cara Turun Kelas BPJS 

Tinggal daftar ke Hermina, berbekal surat rujukan dari Faskes I, lalu Abang mendaftarkan ke Poli Kandungan dengan aplikasi Mobile JKN. Alhamdulillah dapat jadwal Kamis. 

Jadi sehari sebelumnya itu Abi ngasih tau kalau keanggotaan di BPJS berakhir karena sudah berhenti bekerja di sebuah perusahaan swasta jadi pas akhir bulan Juli jadi non-aktif. Udah khawatir mana keesokan harinya mau minta surat rujukan. Akhirnya nanya-nanya ke Call Center BPJS di 022-165, dan awalnya mesin yang jawab, kemudian pilih operator untuk menjawab dan saya bertanya cara turun kelas dari kelas rawat 2 ke kelas rawat 3. 

Udah 3 kali nelfon ke Call Caenter dapat jawaban yang beda-beda. Customer Service yang pertama bilang, WA ke Pandawa untuk pindah keanggotaan kepesertaan BPJS. CS ke-2 nyaranin ke Mobile JKN untuk ganti tapi jelasin kurang spesifik. Udah mulai ketar ketir gak bisa caranya jadi niat mau datang aja ke kantor BPJS.

Eh, pas nelfon CS ke-3 ngasih tau kalau mau ubah kepesertaan buka aplikasi Mobile JKN, dan ini lebih detail. Alhamdulillah. 

1. Buka aplikasi Mobile JKN

2. Klik menu lainnya 

3. Lalu pilih Perubahan Data Peserta 

4. Pilih segmen peserta 

5. Ganti Pegawai Swasta ke Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) 

Pilih kelas rawat yang mau diganti (saya ubah kelas dari kelas 2 turun kelas)

saya pilih kelas 3 

iuran per jiwa Rp 35.000 

iuran satu keluarga Rp 140.000

Klik saya setuju untuk mengubah segmen peserta menjadi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) lalu simpan. 

Nanti muncul tidak aktif (penangguhan pembayaran) dan kalau udah dibayar muncul deh kita aktif lagi. 


Hari Kamis saya ke Rumah Sakit rujukan (setelah berobat Aska di Poli ISPA), ini kali pertama saya ke RS Hermina Arcamanik. Disana saya tanya ke satpam mau ke lantai 6 lift belakang jalannya kemana (karena mau pendaftaran baru), lalu sastpam menjelaskan lurus mentok belok kanan, nanti ada lift pas masuk di lantai 1 (dekat kantin). Sepanjang lorong banyak banget antrian pasien. 

saya bawa fotokopi KTP, FC kartu BPJS, dan surat rujukan faskes I serta mengisi formulir pendaftaran baru. 

Baca juga: Pengalaman Kehamilan Anak Ketiga


Disana saya diminta ke lantai 6 lagi setelah 15 menit sebelum jadwal dokter. Sambil nunggu 30 menit, saya jalan-jalan ke lantai 5 ngga perlu pakai lift, turun tangga aja biar olahraga saya keliling cek ruangan obgyn.

Lalu saya ke lantai 6 lagi dan dapat form ketemu dokter. Tunggu antrian saya timbang BB dulu naik di 72.9 kg, lalu saya kali pertama bertemu dr.Ani. Pada saat first impression, Dr.Ani memakai kerudung dan ramah. Lalu saya cek USG dan Bu Dokter bilang udah akhir-akhir minggu tapi masih kecil ya. Saya bilang perhitungan hari terakhir haid 2 minggu lebih muda menurut dr.Adhi.

Setelah cek usg, Dr.Ani membenarkan ohiya ini sudah 35 minggu, katanya. 

Lalu Dr.Ani bilang, "Nanti 2 minggu lagi operasi ya."

Lalu saya menjelaskan bagaimana dok ya, kata dokter Adhi sebaiknya di minggu 38 sekitar tanggal 28. Lalu Dr.Ani menjelaskan bahwa 2 minggu lagi sudah masuk minggu 37 dan berat bayi saat usg di minggu 35 sudah 2.6 kg yaitu sudah cukup berat badan, dan perhitungannya 2 minggu lagi BB bayi bisa sampai 3 kg.

Saya pun mengucapkan terima kasih dan saya percaya mungkin juga karena pertimbangan-pertimbangan lain, jadi dimajukan tanggal 18. Lalu saya bertanya, "Kira-kira langsung steril nggak Dok?" Lalu Dr.Ani bilang, "Iya langsung steril karena maksimal 3x untuk sesar lagian kasian meski usia masih 32 tahun, tapi karena udah SC 3x harus steril."

InsyaAllah saya terima keputusan dokter, insyaAllah sudah yang terbaik. 

Lalu saya tanya jenis kelaminnya apa, dok?

"Lelaki," katanya. Alhamdulillah.

Selanjutnya ketemu Suster Isti untuk dijadwalkan SC dan harus tanda tangan yang banyak banget. Karena operasi perlu serangkaian ada 5 berkas yang harus saya tanda tangani.

Suami gak nemenin saat rujukan karena bekerja. tapi suami selalu nemenin saya saat kontrol ke dokter kandungan pada saat usia awal kehamilan, di pertengahan dan akhir. 

Selama di RS dede bayinya gerak aktif kadang nendang deg gitu dan kadang kerasa ke bawah banget, masyaAllah gerakan dedenya dan bisa kesana kesini alhamdulillah dengan nyaman dan kadang sakit punggung. 

Tanda tangan dulu semua rangkaian proses operasi nanti. dari mulai infus, kateter, steril, eracs sc, dan lain-lain. 

Suster Isti juga menjelaskan nanti akan Eracs SC dan jam 00 sudah puasa makan, jam 02.00 makan biskuit, jam 06.00 fit drink. Dapat list barang yang harus dibawa masya Allah deg-degan. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Korset Pasca Melahirkan Caesar

Juga mesti booking untuk cek lab tanggal 15-nya. Nanti hasilnya kasih ke suster di lantai 5 obgyn untuk lihat nanti pas jadwal operasi kayaknya. 

Tinggal menunggu hari ya Allah semoga Allah mudahkan. Mohon doanya teman, sahabat semua untuk kelancaran persalinan saya dan kesehatan ummi dan dede bayinya. Aamiin. 

Di rumah udah persiapan baju 1 stel untuk bayi pada saat setelah lahiran, dan 1 set baju Ibu. 

No comments