Pentingnya Penggunaan Korset Pasca Melahirkan Caesar


Seminggu dua kali, selepas bekerja, saya dan kawan-kawan di kantor rutin berolahraga. Jika Bapak-bapak berolahraga badminton dan futsal, sedangkan ibu-ibu dan memilih olahraga senam. Pada saat itu, sekitar tahun 2012-an booming olahraga Zumba. Selama 1.5 jam olahraga pun tak terasa lagi karena gerakannya tidak susah dan musiknya pun asik. Ya, Zumba disukai karena membakar kalori lebih cepat. 

Namun, saat senam ada seorang instruktur yang melihat ke arah saya dan membetulkan posisi badan saya agar berdiri tegap. Saya baru sadar, sepenglihatannya mungkin saya berdiri agak bungkuk. Ini masalah yang timbul pada diri saya: berdiri, tetapi terlihat tidak tegak, tapi agak bungkuk. 

Kali lain, Ayah saya menasihati saya agar berdiri tegap, tidak bungkuk. Bak sudah menjadi kebiasaan dan merasa tidak ada sesuatu yang salah. Tapi saya dikatakan bungkuk. Benarkah? 


Alasan Tubuh Bungkuk

Hal ini terjadi karena struktur tubuh yang salah sejak kecil --remaja, saya terbiasa membawa perlengkapan sekolah yang berat. Terkadang posisi duduk pun saya tak sadar (tidak tegap) sehingga akhirnya menjadi bungkuk.

Maka untuk memperbaiki bentuk tubuh saya yang masih berusia 30-an adalah memakai korset dan berolahraga lebih banyak pada otot lengan dan punggung.

Saya sudah mencoba Produk Korset Zaraya dan membantu saya memperbaiki postur tubuh bagi saya yang bungkuk, kemudian terkadang sering sakit pinggang. 

badan bungkuk memakai korset


Aktivitas saya sebagai Blogger membuat saya sering duduk di depan komputer, berpotensi rentan sakit pinggang. Dengan Zaraya ini dapat membuat saya membetulkan postur tubuh yang terkadang secara tidak sadar suka bungkuk. Ke depannya saya akan mencoba rutin untuk memakai produk Zaraya agar ada perubahan dengan postur tubuh saya dengan menggunakan korset zaraya. 

* 

senam untuk memperbaiki postur tubuh

Dulu, saya beranggapan bahwa pemakaian korset hanya ditujukan bagi ibu yang melahirkan. Ternyata anggapan itu kurang tepat, karena korset pun dapat digunakan untuk orang yang hendak diet dan membetulkan struktur tubuhnya seperti pengalaman saya yang bungkuk dapat diperbaiki dengan memakai korset, sehingga badan lebih tegap karena ada penopang dari korset tadi.

Pentingnya Memakai Korset Setelah Melahirkan   

Pasca melahirkan, saya merasa perut saya bergelambir. Secara sebelumnya perut telah mengandung selama sembilan bulan, dan setelah melahirkan ada yang terasa kosong di perut.

Saya disarankan memakai korset, dan saya merasakan perubahan setelah mengenakan korset. Sehingga tidak bergelambir lagi dan tegap di badan. 

Baca juga: 8 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Secara Caesar 

Baca juga: 17 Pilihan Kado untuk Bayi yang Baru Lahir

Korset Zaraya, Persiapan Perlengkapan Ibu Melahirkan 

korset melahirkan caesar

Tidak menyangka saat ini saya pun tengah hamil 2 bulan, dan sedang mencari korset yang bagus untuk digunakan pasca melahirkan nanti. Senangnya saya berkenalan dengan Korset Zaraya Collection ini. Saya akan menggunakan korset Zaraya ini pasca melahirkan untuk mengurangi nyeri pasca melahirkan ke posisi normal sebelum seperti hamil. Biasanya saat masih di RS pasca lahiran, saya sudah menggunakan korset agar tidak terdapat banyak guncangan, dan mengurangi nyeri.

Sampai 3 bulan melahirkan pun saya rutin memakai korset untuk meminimalkan rasa sakit, membuat dinding perut stabil dan tidak berguncang-guncang, serta pemulihan untuk punggung agar tegak. 

Penggunaan Korset setelah Melahirkan Caesar itu Penting lho! 

Penggunaan korset bagi ibu melahirkan caesar penting juga sebagai penahan dari guncangan berlebihan. Menurut dr. Darrel Fernando, S.pOG penggunaan korset bagi melahirkan pasca operasi caesar mengurangi nyeri terutama pasca operasi caesar. dengan harapan akan menstabilkan rahim dan dinding perut supaya tidak banyak goncangan. Goncangan itu yang menyebabkan nyeri. 

Pernah saya ingat setelah melahirkan itu sesekali pernah bersin atau batuk. Waah, masyaAllah sakit banget kerasanya ke bekas jahitan. Alhamdulillah pakai korset jadi nggak begitu sakit. Selain itu, saat perjalanan pulang dari rumah sakit ke rumah juga jadi meminimalkan rasa sakit saat pemakaian korset itu.

Mengapa Memakai Korset Zaraya Collection?

korset zaraya

Zaraya adalah brand dengan fokus utama penjualan produk wanita hamil dan melahirkan. Namun produk-produk Zaraya juga bisa dipakai oleh wanita yang membutuhkan perawatan serupa, seperti merampingkan perut buncit, mengatasi lemak berlebih dan memperbaiki tubuh. 

Zaraya sendiri memiliki beberapa produk Corset, yakni All in One, Two in One, Three in One dan Postpartum. Produk Zaraya memiliki kelebihan anti sesak, anti iritasi, dan anti ribet dalam membentuk postur tubuh. 

Baca juga: Apa itu Postpartum Blues? Yuk Kupas Tuntas


Zaraya Three in One (3 in 1) 

Saya memiliki Korset Postpartum Three in One (3 in 1) yang berwarna cokelat. Variannya sendiri terdiri dari 2 pilihan dari produk Zaraya ini yakni nude, light brown and black. Untuk bahannya sendiri, korset Zaraya terbuat dari bahan polycotton grade A yang menyerap keringat dan antibakterial, aman, serta tidak iritasi.

Pada umumnya produk Zaraya 3 in 1 ini terdiri dari 3 bagian  korset yaitu bagian bawah dada, korset untuk bagian perut, dan korset untuk di bawah perut sebagai penyangga. Dilengkapi double perekat sehingga mampu mengencangkan area perut tanpa rasa sakit. 


Manfaat dari Three in One ini yakni untuk: 

  • Membentuk tiga bagian sekaligus
  • Penggunaan simple dan mudah 
  • Mempercepat pemulihan rahim dan membentuk perut, pinggang dan panggul 
  • Terdapat tulang belakang dari produknya yang menyerupai lurus tegak sehingga mampu membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tegak. 
  • Nyaman digunakan saat beraktivitas 
  • Menambah rasa percaya diri 
  • Menyerap keringat dan tidak menimbulkan gatal  


Korset Zaraya Two in 1 (2 in 1)

Ready Size All Siza dan XL 

Manfaat:  

  • Aman digunakan pasca operasi caesar 
  • Merampingkan secara menyeluruh 
  • Menjangkau 3 area perut 
  • Meminimalisir nyeri kontraksi pasca melahirkan 
  • Nyaman digunakan beraktivitas 


Kapankah sebaiknya korset digunakan dan tidak digunakan?

Untuk penggunaannya sendiri tidak perlu 24 jam dipakai terus-terusan. Penggunaan korset maksimal 6 jam, dan kalau misal tidak banyak goncangan tidak perlu dipakai, nanti moms jadi terganggu istirahatnya karena sesak dan perutnya terasa tertekan. 


Tips penggunaan korset 

korset melahirkan

cara penggunaan korset zaraya


Product Features :

3 in 1 set 

Octopus Rubber

Soft Polycotton 

Dual Backbone 

Double band 

Breathable and Anti bacterial 

Untuk ukurannya All size untuk premium dan standard.  Size muat hingga lingkar perut 128 cm, dan BB maksimal 85 kg. 

- Tidak perlu 24 jam dipakai terus-terusan 

- Tidak perlu terlalu ketat 


Merawat Korset dan Cara Mencuci Korset 

cara mencuci korset

Penggunaan korset juga sebaiknya dirawat dengan cara menjaganya agar dipakai dalam kondisi bersih. Sebaiknya rutin dicuci agar nyaman dipakai.

Produk Zaraya ini terbuat dari bahan terbaik yakni dari polycotton grade A, yang mampu menyerap keringat, dan tidak menimbulkan gatal (antibacterial), aman, serta tidak iritasi.

Cara mencuci Korset: 

- Kucek dengan tangan secara perlahan 

- Hindari mencuci menggunakan mesin 

- Gunakan detergen cair yang lembut 

- Hindari sinar matahari langsung 

- Korset cukup di angin-angin hingga kering 

- Jangan direndam di dalam air 

- Jangan disetrika 

- Jangan disikat 


Kesimpulan 

Alhamdulillah, terdapat banyak manfaat dari Korset Postpartum Zaraya ini, seperti: 

  • Korset nyaman digunakan karena terbuat dari bahan lembut terbuat dari antibakterial, tidak membuat gatal, iritasi, dan lecet di kulit. 
  • Bisa memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tegak dan mengurangi rasa sakit pinggang. 

Saya sudah mencoba Produk Korset Zaraya ini dan membantu saya menopang bagian perut sehingga lebih tegak, juga bagus untuk memperbaiki postur tubuh bagi saya yang terkadang suka tidak sadar bungkuk, dan sering mengalami keluhan sakit pinggang.

Ke depannya saya akan memakai rutin produk Zaraya agar ada perubahan dengan postur tubuh saya, dan yang paling terdekat persiapan saya melahirkan nanti hpl sekitar bulan Agustus 2022 insyaAllah.

Senang sekali karena Zaraya ini memberi 100% garansi apabila barang yang sampai rusak, tidak sampai dan tidak sesuai. 

Untuk pembelian, tempat untuk membeli Zaraya Collection dapat melalui IG: @zaraya.collection | Shopee: zarayyacollection  | WA: +6285334731677 ^_^ Terima kasih 


With Love, 



Sri Al Hidayati

16 comments

  1. Ternyata korset ngga hanya buat tubuh terlihat langsing aja ya kak. Aku baru tahu ternyata bisa utk meluruskan tulang punggung yang bungkuk.

    Jadi sebenarnya ngga cuma dipakai buat perempuan yang sdh hamil aja donk. Soalnya tetanggaku yang bapak2 jg pakai korset buat ngga terlihat buncit. Mgkn ini bisa berlaku buat perempuan setelah melahirkan yak. Jadinya nanti akan terlihat langsing kembali, plus badan jadi tegak.

    ReplyDelete
  2. Wah iya, gak pernah terpikir kalau pakai korset setelah hamil caesar itu penting. Jadi dapat inspirasi hadiah untuk temenku deh😍

    ReplyDelete
  3. Ulala, maksimal bagus nya itu enam jam ya? Kirain semakin lama ya semakin bagus karena cepat "membentuk" tubuh kita. Hehehe. Terimakasih informasinya ya

    ReplyDelete
  4. Kalau di tempatku, korset hanya dipakai untuk ibu-ibu yang habis lahiran. Kadang habis lahiran juga ada yang nggak mau pakai lho. HEhehehehe

    ReplyDelete
  5. yesss save save save dulu buat masa depan hehe. Emang yaa klo abis melahirkan banyak PR yang harus dilakukan yaa, aku taunya dulu pokonya minum jamu-jamuan deh buat kesehatan luar dalam sama stagen yang dililit-lilit. Sekarang bisa Pake korset ya yang lebih simple dan udh didesain banyak manfaatnya buat perbaikan postur tubuh

    ReplyDelete
  6. Ibu melahirkan caesar pun juga harus yaa meenggunakan korset agar bentuk rahim bisa kembali ke posisi semula, punggung juga jadi tidak mudah sakit dan bisa nyaman apalagi memang ada korset yang ditujukan untuk pasca melahirkan caesar ya :)
    Ibu hamil atau yg telah melahirkan caesar wajib punya nih.

    ReplyDelete
  7. Ternyata manfaat korset itu bermacam-macam ya.
    Apalagi bisa bantu tubuh agar strukturnya lebih baik lagi. Jadi bisa buat dihadiahkan juga ya

    ReplyDelete
  8. duh coba aja dulu tau nih korset ini, jadi perutku gak menggelambir sampai sekarang huhuhu, mau beliin ah buat ade aku nih

    ReplyDelete
  9. aku juga melahirkan secara SC 2x, mba.. betul kudu pilih2 korset yang tepat. aku sendiri belum pernah pakai korset ini jadi ngga tau gimana, rapi kayaknya itu nyaman banget yaa kalau liat bentuknya

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat dulu waktu anak pertama (walau aku lahiran normal) aku pakai korset yang nmodel lama, yang panjaanggg dan lamaaaaa itu. Haha.
    Lalu anak ke dua sudah mulai pakia yang lebih praktis seperti ini.

    ReplyDelete
  11. bener mbak, aku sampai sekarang kalau capek karena kebanyakan duduk, lebih enak sambil pakai korset lho, hehe serasa ada yang bantuin menyangga tubuh :)

    ReplyDelete
  12. Saya sedang cari-cari produk korset yang nyaman untuk mengatasi perut buncit saya. Pasca melahirkan dan selalu duduk bikin perut bagian atas saya besar sementara bagian bawa tetap kecil (karena dulu biasa pakai jeans).
    Kayaknya ini yang saya cari.

    ReplyDelete
  13. Wah saya sih belum melahirkan ya, bisa jadi informasi penting nih untuk saya nanti ke depannya. Kalau mami saya dulu katanya pakai gurita gitu yang buat abis lahiran

    ReplyDelete
  14. Model dari Korset Zaraya ini sangat cantik yaa..
    Besar dan meng-cover seluruh bagian perut pasca melahirkan.
    Rasanya pasti sangat nyaman dan membentuk kembali postur tubuh yang selama ini salah.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah di tawarkan produk zaraya ini. Tapi saat itu aku tak ambil pusing. Sekarang aku jadi sadar pentingnya makai korset setelah lahiran SC. Next kalau lahiran lagi, aku mau beli lah produk ini. Biar perut nggak bergelambir.

    ReplyDelete
  16. Mbak apakah orang lepas melahirkan saja yang recommended pakai korset, aku sebagai mbak mbak kantoran yang sering ngerasa sakit linggamg berasa ingin pakai untuk meredakan haha

    ReplyDelete