Destinasi Wisata Medan, Memutar Kenangan Manis di Tanah Rantau

Wednesday, May 22, 2019

Tahun 2019 ingin liburan kemana nih? Kalau ditanya ingin liburan kemana di Indonesia, maka jawabannya saya ingin napak tilas ke tempat suami lahir dan besar, di Medan.

Setiap dengar Ibu Mertua cerita tentang berbagai tempat di Medan seperti Pematang Siantar, Bah Jambi, Tebing Tinggi jadi ingin ke Sumatera Utara. Memang suami saya pernah disana sampai 16 tahun karena Ayahnya bertugas disana.

Sekilas dari wajah, watak, dan gaya bicara memang sudah kental Batak-nya. Tidak menyangka saya darah keturunan Jawa yang besar di Sunda akan menikah dengan orang Batak.

Karena saya tinggal bersama mertua, hampir setiap hari Ibu membincangkan tentang kebiasaan-kebiasaan keluarga. Seperti makanan khas Medan Daun Singkong Ubi tumbuk, Bika Ambon, dan lainnya. Kalau ada teman kantor abang yang pulang kampung, biasanya mesti membawa oleh-oleh yang banyak. Ibu pun meminta dibawakan asam potong, dan sabut cuci piring, karena di sana khas terkenal dan bagus.

Saya juga diberi tahu Ibu kalau ayunan eyongan bayi juga cuma hanya ada di Medan. Alhamdulillah Aska dan Adzki pernah pake gendongan seperti abinya dulu bayi dieyong-eyong.

Kerapkali Ibu juga meminta pada suami saya agar mengajak saya –suatu saat ke Medan. Meski di Medan tidak ada saudara sedarah sebenarnya, karena setelah ayah mertua (alm) pindah dinas bekerja ke ibukota, keluarga suami saya pindah ke Bandung, tapi kalau tetangga dan teman dinas kemungkinan masih ada yang aktif dan mengenal ibu.

Seperti awal tahun ini, Februari 2019, Ibu mendapat kejutan seperti mimpi saja bisa melangkahkan kaki ke Medan lagi. Ibu diundang tetangganya di Medan untuk bisa hadir dalam pernikahan anaknya. Yang menikah juga adalah teman sepermainan adik ipar saya yang laki-laki.


Ibu bersiap berangkat ke Medan memakai Pesawat Citilink

Naik pesawat Citilink keberangkatan esok paginya, ibu pun menyiapkan berbagai baju kebaya dan bercerita kalau tradisi pernikahan disana bisa seminggu gak berhenti. Mejuah-juah namanya. Setelah disana pun Ibu tidak lupa memberi kabar kepada kami ketika sudah tiba di Kualanamu Airport.



Mejuah juah

Ibu sempat juga janjian bertemu dengan kawan-kawan lama disana, dan tidak menyangka kalau ibu sudah sendiri karena ayah meninggal karena sakit. Saat pulang dari Medan, Ibu membawakan berbagai macam oleh-oleh seperti bika ambon, dan bika caramel.

Ibu punya kebiasaan berbagi, jadi ketika sudah sampai di Bandung, oleh-oleh dibagikan merata ke anak-anaknya. Dari yang mulai Tangerang dikirim paket kilat, di Bojong koneng diantar oleh adik, dan pada tetangga juga diberi.

Ibu pun bercerita tahun depan tetangga di Medan tersebut akan menikahkan anaknya yang kecil, dan Ibu dijanjikan mesti hadir lagi, dan membawa adik ipar saya yang perempuan, seumur dengan sahabat yang akan menikah nanti. Wah, senangnya ya!

Saya juga berharap bisa liburan jalan-jalan bareng suami kesana. Ingin deh ke berbagai tempat di Medan seperti Danau Toba. Pernah lihat foto Abang kecil ke Danau Toba beserta keluarga.

Selain itu ingin juga ke Pematang Siantar tempat Abang tumbuh, Tebing Tinggi, Bah Jambi, kalau ke tempat wisata ingin ke Museum Sumatera Utara dan Taman Alam Lumbini. Ingin juga ke Masjid Raya kota Medan.

Memakai aplikasi Pegi pegi

Rencana perjalanan keluarga kecil saya pergi ke Medan dengan memakai pesawat, jadi pertama masuk dulu ke aplikasi Pegipegi, pilih pesawat. Setelah itu pilih tanggal pergi dan pulang,  karena kalau sepaket pergi dan pulang jatohnya lebih murah, dibanding pergi saja. trus pulang pesen lagi.

Setelahnya masukkan jumlah orang yang akan berangkat. Setelah pesan, konfirmasi, kemudian bayar.

Saat cari tiket pesawat Citilink, perhatikan juga sebelumnya kita ingin berangkat yang jam berapa? Pagi, siang atau malam? Kalau ingin lihat lihat pemandangan, bisa pilih penerbangan yang pagi atau siang hari.

Gak usah khawatir di Pegipegi ada banyak promonya juga lho! Jadi bisa dimanfaatin sebaik mungkin.


Di aplikasi Pegipegi ada banyak promo dari mulai diskon terbang makin irit 30% tanpa transaksi minimum, diskon hotel dan tiket pesawat sampai Rp 500.000 bisa dibaca ketentuan untuk pelanggan.

Pegipegi juga memberikan diskon bagi yang ulang tahun dengan “promo kejutan ulang tahun diskon 58% tiket pesawat”. Rencana perjalanan saya dan keluarga bisa jadi lebih murah.

Langkah mudah pemakaian kode kupon yaitu
1. Pesan via aplikasi
2. Pilih pembayaran
3. Masukkan kode (masukkan kode kupon di halaman pembayaran)
4. Selesaikan pembayaran

Sebuah hadits menyebutkan “Bepergianlah niscaya kalian akan sehat dan tercukupi.” (Al Baihaqi).

Mengingat hal itu Allah Swt. juga berfirman dalam QS Al Mulk ayat 15, “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian rezeki-Nya. dan hanya kepada-Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” Selamat merencanakan perjalanan liburan untuk keluarga.

You Might Also Like

22 komentar

  1. Waktu ke Medan sayangnya aku ga kemana-mana karena shock waktu dijemput drivernya ngebut kayak ga pake rem padahal itu udah kebiasaan di sana wkwkwk jadinya aku murungkut di hotel wae teh

    ReplyDelete
  2. Udah lama banget saya gak ke Medan. Kangen jalan-jalan ke kota ini lagi sekaligus makan durennya :D

    ReplyDelete
  3. Baca "Medan" jd tiba2 pengen makan durian Medan, hehehe.. Bunda blm pernah ke Medan. Habis lebaran sepwrti kami mau ke Bali nih, in shaa Allah, dengan adanya PegiPegi jafi rada tenang karena pegipegi pasti ada promo buat tiket etcetera.

    ReplyDelete
  4. Keluargaku juga dulu di Medan selama 20 tahun, teh..
    Maka anak-anak Ibu lahir di Medan semua, termasuk aku.
    Tapi,
    setelah aku TK, Babe rahimahullah pindah tugas kembali ke tanah Jawa.
    Jadilah Medan menjadi kenangan indah bagi kami, anak-anaknya.

    ReplyDelete
  5. Medan memang selalu memberikan daya tarik. Saya sendiri belum pernah ke sana tapi banyak sekali teman yang selalu cerita soal Medan dan perjalanan wisatanya ke sana

    ReplyDelete
  6. Suka lihat baju adat Medan dan makanan khasnya....pasti seru ya mbak punya pengalaman pernah ke Medan, bisa tahu banyak hal....lain waktu bisa ke Medan lagi kalau rindu kenangan hehehe.... apalagi saat ini pesan tiket pesawat sangat mudah, cukup dilakukan secara online dengan aplikasi PegiPegi pastinya selain prosesnya cepat, membeli tiket lewat aplikasi ini sering mendapatkan promo....

    ReplyDelete
  7. wow mejuah-mejuah lama juga ya mba prosesnya, 7 hari 7 malam, kebayang itu biayanya berapa yangharus disiapkan. Tapi ya memang sekali seumur hidup ya, pernikahan yang didambakan jadi pasti tetap happy meskipun banyak biaya.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya bisa wisata kemana saja saat ini dengan kemudahan fasilitas dari aplikasi seperti Pegi-Pegi ini. Aku seumur hidup baru keluar negeri dua kali. Ke pulau Sumatra udah menginjakkan kaki di sepanjang perjalanan darat dari Lampung sampai Pekanbaru. Pengen deh suatu hari nanti jalan-jalan bareng suami ke Medan, tapi naik pesawat aja. Nggak lelah kayak tahun 2017 ke Pekanbaru lewat darat, pegel bet

    ReplyDelete
  9. Sama seperti Bunda Yati kalau denger kata medan langsung teringan Dutian Ucok yang enak itu hehe. Btw aku salfok sama buah merah bulat-bulat kecil di meja itu, itu buah apa ya?.

    ReplyDelete
  10. Medan kayaknya asyik nih buat eksplor banyak tpt n budaya di sana hrs nyari tiket promo biar bs murmer hehe

    ReplyDelete
  11. Jadi ikut ngebayangin seandainya bisa diberikan rejeki untuk berlibur ke Medan nih mba. Pasti luar biasa nih karena bisa kesampaian ke tanah Batak. Pengin lihat Danau Toba dan semua tempat yang indah di sana.

    ReplyDelete
  12. Aku lagi pingin banget ke Medan juga nih mbak, mudah-mudahan kesampaian tahun ini. Cari waktu yang tepat dulu sekalian cari tiket pesawat yang agak murah ya di Pegipegi

    ReplyDelete
  13. Medan dua kali aku kunjungi kota indah itu. Tapi belum nyampai danau toba yang indah itu. Sungguh aku pengen suatu saat pengen ke sana pakai pegi pegi :)

    ReplyDelete
  14. aku jadi kangen ke Medan juga hehehe. Bisa juga ya pesen citilink lewat pegi-pegi.

    ReplyDelete
  15. aku jadi pengen ke Medan tapi tiket dari pontianak mahal banget hehe, coba nanti cari di pegipegi deh siapa tau bisa dapat harga terbaik

    ReplyDelete
  16. Waduh, Medan. Bikin keingetan sama orang Medan yang pernah singgah di hati. Ihiks... hehehe. Pengen deh ke Medan. Cerita2 tentang Medan dari si dia, bikin kepengen deh main ke Medan :D

    ReplyDelete
  17. Wow seminggu full ya mbak. Rata2 di budaya Sumatera begitu ya, pesta pernikahannya 7 hari 7 malam.

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah ke Medan maupun ke wilayah Sumatera. Duhh pengin ke sana jadinya. Kadang suka iri kalau lihat orang jalan-jalan ke daerah luar Pulau Jawa, soalnya belum kesampaian hehe

    ReplyDelete
  19. aku belom pernah ke medan kak. rasanya kalo ada yang cerita tentang medan, aku jadi pengen deh kesana. apalagi setelah baca postingan kamu ini heheh

    ReplyDelete
  20. Medan, salah satu kota besar di Sumetera yang pengen saya kunjungi. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana, amiiin

    ReplyDelete
  21. Ya Allah semoga punya rejeki juga bisa main ke Medan ya Mba aku
    belum pernah menginjak tanah Medan, hehehe ... penasaran juga hawa di sana kayak apa

    ReplyDelete
  22. ah, medan...bikin kangen. suara deru lalulintas hampir sama dengan suara orang2 disekitarnya. pengalamanku di medan nongkrong di salah satu lapo yg bikin teringat terus sama kondisi malam di sana. kalau sekarang suruh keluar malam lagi ga bakal berani 😅

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#