6 TIPS MENGGUNAKAN KOMPOR LISTRIK

menggunakan kompor listrik
Di tengah sulitnya mencari gas 3 kg. Diantara cukup mahalnya membeli gas 3 kg yang mencapai 25.000, akhir november lalu, abi beliin kompor listrik buat ummi. Asiiik, thank you abi.. alhamdulillah..

Saat itu pasan sekali saat Aska sakit demam, dan percobaan pertama kompor listrik dipakai untuk membuat bubur untuk Aska. Demam saat itu karena sakit dari kaki nya akibat infeksi. Hiks inget itu jadi sedih.

Ok, lanjut, kali ini saya akan membahas mengenai tips menggunakan kompor listrik selama sebulan terakhir. Check it out!

Pertama, saat akan menyalakan kompor listrik. Usahakan untuk menghemat pemakaian listrik yang ada. Tidak ada pemakaian mesin cuci, memasak nasi atau dispenser. Hehe.. sebenarnya kalau watt di rumah besar ngga masalah sih, tapi karena watt nya kuatir ngejepret atau aliran, maka yaa lebih baik kurangi pemakaian mesin cuci, memasak nasi atau menyalakan dispenser.



Kedua, Memilih memakai wajan sesuai penggunaan
Saat akan memasak rebus maka pakai wajan yang tertutup yang sepaket dengan saat membeli kompor listriknya. Karena kalau tidak pakai itu, kompor listrik akan bunyi terus.

Saat akan menggoreng, pergunakan juga panci menggoreng yang berasal sepaket dengan kompor listriknya karena kalau tidak akan gosong. Misal pakai wajan rebus untuk menumis. Hadeuh.. jangan sampai.

Ketiga, Menjaga Suhu Panas pada awal awal pemakaian. 
Pada saat menyalakan kompor listrik, kita menyalakan tombol ON, lalu memilih memasak dengan apa kuah, tumis atau apa. Nah, kemudian kurangi suhu sampai di 300 watt, karena makin besar watt bisa membuat mati listrik.

Lalu tunggu sampai matang. Pada saat merebus misalnya, menit menit awal akan membuat air menjadi panas, terkadang SUHU MENJADI OTOMATIS NAIK SENDIRI karena perlu energi yang banyak. Nah, agar tidak ngejepret, kita atur suhu dikurangi sampai minimal mungkin (tergantung yang kita mau, kalau saya biasanya di 300). Setelah itu, kompor listrik bisa ditinggal.

Keempat, Masukkan bahan bahan untuk merebus. Lalu tunggu sampai matang. Memakai kompor listrik, tidak khawatir air cipratan akan berbahaya. Maka kita bisa mengelap cipratan tersebut sehingga menjadi bersih seperti semula.

Keenam, Setelah masak, kompor bisa dimatikan. Selesai.

Tips: Saat menggoreng dari kompor listrik, maka hati hati cipratannya. Terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat. ~~~

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan