Pengalaman Vaksinasi Kanker Serviks - HPV Gardasil di Biofarma Pasteur, Bandung

Monday, November 27, 2017

Suntik Vaksin HPV Gardasil

Sejak pascaoperasi benjolan ketiak, alhamdulillah hasil Patologi Anatomi nya sudah keluar yakni negative dan tidak ditemukan sel tumor ganas. Alhamdulillah sujud syukur ya Allah. Kesimpulan nya itu mammae aberrant a/r axilla dextra.

Baca juga: Pengalaman Operasi Benjolan di Ketiak

Setelah itu saya cari info untuk bisa suntik HPV. Untuk apa? Sebagai imunitas untuk diri saya sendiri dan menjaga dari penyakit kanker serviks yang berbahaya. Penggunaan pada laki-laki biasanya tidak terlalu efektif, namun efektif bagi para Ibu. Vaksinasi HPV dapat mencegah 70% kanker.

Baca juga: Wanita Sehat Tanpa Kanker (Permasalahan dan Pencegahan Kanker Serviks)

Akhirnya ketemu info untuk suntik HPV di Biofarma. Kebetulan lagi promo untuk suntik bulan November sampai Desember 2017 seharga Rp 800.000 dan per Januari 2018 akan naik jadi Rp 950.000.

Hal yang diperhatikan sebelum suntik HPV

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum suntik Vaksin HPV:
  1. Jika sudah menikah, maka kita wajib papsmear terlebih dulu. Untuk meyakinkan bahwa memang tidak ada kanker sebelumnya. 
  2. Jangan lupa membawa hasil papsmear ketika akan suntik HPV.
  3. Untuk suntik pertama HPV, pastikan kita tidak sedang hamil (mengandung). Jika suntik ke-2 dan ke-3 boleh kalau hamil suntik. Jadi ditegaskan untuk suntuk pertama tidak dibolehkan bagi ibu hamil. 
  4. Bagi yang masih lajang bisa langsung suntik. 
  5. Jika sedang haid tidak mengapa suntik bisa tetap dilakukan. 

Kala itu saya berangkat hari Sabtu, 25 November 2017 menuju Biofarma, Pasteur Bandung. Setelah sebelumnya saya menelpon terlebih dulu ke Biofarma, menanyakan kisaran harga suntik HPV, boleh suntik ngga kalau sedang haid, dan jadwal buka jam berapa.

Alhamdulillah dijawab oleh petugasnya boleh suntik kalau sedang haid. Dan jadwal buka-nya untuk imunisasi yakni hari kerja Senin s.d Jumat jam 08.00-15.00, dan hari Sabtu jam 08.00-10.00.

Jadi jam 08.00 saya segera ke Biofarma dengan mamang gojek karena Abi lagi jadwal pengajiannya. Sampai disana suasana pagi masih segar, hehijauan taman, saya berjalan di pinggir taman dan melihat ada spot saung-saung untuk duduk-duduk. Kemudian kepada satpam saya bertanya, dimana untuk suntik imunisasi. “Untuk bagian imunisasi di bawah masjid, lurus, nanti ada tangga ke bawah, kanan aja,” ujar satpam.

Wow… udah beberapa kali ke Biofarma ikut Mabit Ramadhan dulu, nggak nyangka ada ruangan kantor di bawah Masjid Biofarma. Kemudian saya lihat ada plang “BAGIAN PENDAFTARAN” sebelumnya saya ditanya oleh teteh-teteh di front office-nya ketika beliau lihat KTP, “Oh, sudah nikah ya, teh? Udah papsmear?”

Saya lalu mengeluarkan surat yang sudah saya siapkan sebelumnya, yakni hasil papsmear tahun lalu, (hehe tahun lalu) dan hasil PA pasca operasi benjolan di ketiak. Saat itu teteh di front office bilang mau konsul dulu ke dokter (menanyakan apa boleh suntik karena papsmear tahun lalu), yang langsung saya iyakan.

Pendaftaran Vaksin HPV di Biofarma

Ngga berapa lama beliau memberi kabar baik bahwa saya boleh disuntik. Alhamdulillah. Kebayang kalau balik lagi harus papsmear, nunggu hasilnya juga lumayan dua minggu dulu. Setelah bayar administrasi 800 ribu, saya pun disuntik di lengan bagian kiri, (karena saat operasi bulan kemarin di sebelah kanan), jadi disuntiknya di lengan kiri.

Perbedaan antara suntuk Gardasil dengan yang lain adalah bedanya cuma jumlah banyaknya bakteri baiknya. Gardasil lebih banyak bakteri baiknya daripada yang satunya yang lebih murah.

Pasca disuntik beberapa menit kemudian rasanya agak mual, dan pusing sebentar. Tapi alhamdulillahnya ngga berlangsung lama. Malamnya pun ngga demam. Alhamdulillah. Jadi pas sebelum suntik kondisi lagi fit juga dapat membantu. Syukur ya Rabb…

Makasih Biofarma! Dua bulan lagi suntik yang ke-2 dan suntik ke-3 enam bulan berikutnya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mbak, saya senang baca info ini..
    Saya sudah rutin papsmear tapi belum kepikiran suntik HPV. Baca info ini jadi pertimbangan nih..Terima kasih:)

    ReplyDelete
  2. Tengkyu infonya mbak. Wah ternyata di biofarma pun bisa ya vaksin. Lbh murah tdk? hehe

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#