Melatih Kemandirian Belajar Berkomunikasi

Bangun tidur ku terus nyiram 😉

Di sela berbagai aktivitas melatih kemandiriannya, Aska sudah sangaat banyak komunikasi, dan senangnya sudah bisa mengungkapkan berbagai hal yang ingin diutarakannya. Belajar berkomunikasi juga termasuk dalam point melatih kemandirian.

Beberapa waktu lalu dalam perjalanan motor dari Bandung menuju Cileunyi melihat rumah-rumah yang ada di sekitar jalan, Aska bertanya, "Abi ini rumah siapa?"
Abi lalu berkata, "Rumah orang". Kemudian Aska berkata lagi, "Ooh rumah orang ya?"
Lalu iseng Abinya bertanya, "Kalau Aska rumahnya dimana?"
Aska menjawab, "Di gunung.." dengan antengnya.

Saya tertawa. Abang juga tertawa.

Di sisi lain kalau menceritakan cerita Frozen, Aska akan berkata, "Hm Anna nya sedih ya.. Oo Elsanya sedih ya, ngga bisa keluar.. (karena ditutup pintu kamarnya, ia ingin mengasingkan diri karena takut sihirnya mengenai orang lagi).

Saya tertawa.

Mulai kritis bertanya, dan senang bermain dengan sepupunya. Beberapa waktu lalu sepupunya datang bermalam, dan Aska mengajak main.

Melatih kemandirian si Kecil yakni sering saya libatkan dalam pekerjaan saya sehari-hari yang seorang ibu rumah tangga. Seperti:

  1. Banyak bermain bersama anak, seperti memakai sarana mainan figur mini. Aska alhamdulillah punya cukup banyak, jadi bisa belajar dan bermain. Selain itu anak akan belajar mandiri berkomunikasi (banyak kosakata)
  2. Aska menyiram bunga 
  3. Saya menjemur, Aska main dengan penjepit rambut 
  4. Saya memotong bahan bahan masakan dan Aska tertarik membantu 
  5. Bermain sepeda. Alhamdulillah Aska sudah bisa lancar main sepeda. 


#harikedua
#tantangan10hari
#level2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

No comments