Melatih Kecerdasan Emosional Anak

Wednesday, January 10, 2018


Awal tahun 2018 ini, kelas Bunsay IIP 3 telah memberi tugas kepada kami untuk Melatih Kecerdasan anak dalam Tantangan 10 hari. Kecerdasan terdiri dari kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan menghadapi tantangan.

Kali ini saya akan berbicara tentang kecerdasan emosional. Si Kecil tumbuh dan sudah semakin paham dengan ekspresi orang tuanya baik saya maupun abi nya. Ia juga bisa mengekspresikan perasaan marah, sedih, senang dan sebagainya.

Jika marah, anak mengekspresikannya dengan melempar barang. Jika marah membuka pintu dengan keras secara terus-terusan. Dan si Kecil tahu raut orang tuanya ketika marah, dan anak belum bisa mengendalikan perasaannya. Begitupun dengan senang. Anak tahu jika orang tuanya senang. Artinya anak tahu berbagai ekspresi.

Melatih Kecerdasan Emosional Anak

Melatih Kecerdasan Emosional Anak dapat dilakukan dengan:
1. Bermain dengan teman seusianya
2. Menggambar berbagai ekspresi untuk anak (gambar senang, sedih, marah, bosan, dan lainnya)
3. Bermain peran kemudian menceritakan perasaan misal si figur mini sedang senang, sedih, atau marah.

Melihatnya tumbuh, Aska di usia 3 tahun biasanya menemani saya di rumah dalam pekerjaan sehari-hari. Jika sedang di luar bersama kawan-kawannya, saya terkadang harus sering memerhatikannya karena Aska termasuk anak aktif, dan tak jarang dalam bermain bersama teman-temannya akhirnya malah dorong-dorongan dan Aska menangis.

Kalau sudah seperti itu, saya biasanya memintanya pulang. Namun ia malah makin bermain jauh. Hadeuuh. Hal ini yang terkadang mesti membuat bersabar karena pekerjaan rumah saya masih banyak, namun anak masih ingin berlama-lama bermain.


Bahkan ketika abinya shalat maghrib atau isya, si Kecil tak langsung pulang, tapi inisiatif mampir ke rumah tetangga.  Sepertinya ada yang harus diperbaiki. Besok mengizinkannya bermain bersama kawan-kawannya agar ia bisa belajar mengendalikan perasaan, dapat mengontrol sifat agresif, menyelesaikan masalah dengan teman seusianya, dan belajar berinteraksi.

#Tantangan10Hari
#game_level_3
#kelasbunsayiip3

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia Blog

beautynesia blogbeautynesia

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#