Kontribusi Nodeflux dalam Bidang AI untuk Negara Indonesia, Hingga Raih Penghargaan ASTRA SATU Indonesia Award

 contoh pemanfaatan AI

SEKARANG apakah saat tiba di kantor dan ingin melakukan presensi kantor, kita masih melakukan absen manual, finger print atau sudah canggih dengan teknologi yang meregister wajah kita secara otomatis?

Atau pernahkah tersadar ketika kita membuka social media,  maka apa yang sering kita lihat muncul secara otomatis karena ada algoritma yang secara tidak sadar berseliweran di sosmed kita?

Saat di perjalanan berkendara, berapa jumlah kendaraan yang ada dapat terpantau atau saat di jalanan jumlah orang yang memakai masker terkadang dipantau oleh CCTV. 

Sedikit banyak, kita telah bersinggungan dengan dunia AI dari yang paling sederhana. Apakah Anda menyadarinya? 

*

Semakin hari dunia teknologi terus berkembang. Banyak perubahan baru yang terkadang membuat sebagian manusia merasa itu adalah sebuah ancaman: AI mengambil pekerjaan manusia. 

Hal tersebut dapat kita sikapi dengan hal yang terbaik. 

Jika mengulang memori, saat awal tahun 2011an, saat perpindahan media cetak ke media digital, terdapat sebuah proses adaptasi yang tidak sebentar. 

Perlu banyak peran yang akhirnya juga menuntut mereka untuk dapat bersinggungan dengan dunia digital, misalnya Dunia Publishing dengan digital memerlukan seorang Graphic Designer, Animator Video Editor, Social Media Strategist, UI UX Designer, sampai Content Creator. 

Dengan hadirnya beragam pekerjaan baru, sesungguhnya AI tidak mengambil alih peran manusia dalam arti global, justru dapat membuat manusia terpacu untuk memiliki ‘nilai lebih’ karena kekuatannya dibanding mesin, karena manusia memiliki kecerdasan sosial, perasaan dan kreativitas. 

*

Nodeflux sebagai start up lokal Indonesia telah meraih pencapaian yang membanggakan. Nodeflux menjadi perusahaan pertama yang terlibat dalam program Nividia Inception untuk pengembangan microchip technology deep learning. Mulai tahun 2017 juga Nodeflux mulai menjalin kerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta melalui program Jakarta Smart City. 

Awalnya, Nodeflux dirintis oleh lulusan ITB, Medy Fitrianto dan Faris Rahman. Sejak tahun 2016, Nodeflux hadir dengan tujuan menyelesaikan berbagai persoalan sehari-hari manusia yang mampu bersaing dengan teknologi negara berkembang lainnya. 

Sebutlah beberapa terobosan baru yang dibuat oleh Nodeflux seperti AI yang bisa digunakan mendeteksi orang yang memakai masker dan tidak. Selain itu juga dapat mendeteksi keramaian, pengawasan pelanggaran lalu lintas, menghitung volume kepadatan kendaraan bermotor yang melintas, deteksi parkir liar, hingga deteksi banjir

Lalu bagaimana cara kerjanya? Jadi dalam implementasinya, AI memanfaatkan CCTV yang telah dioptimalkan dengan teknologi Vision AI. 

AI mesin dapat melakukan aktivitas secara otomatis menggunakan kecerdasan yang telah ditanamkan oleh manusia.

CCTV dapat mendeteksi keramaian dan saat itu mengolah menjadi data. Jenis teknologi berbasis Video analytics yang banyak dibutuhkan di Indonesia. 

CCTV dapat mengawasi pelanggaran lalu lintas, menghitung volume kepadatan kendaraan bermotor yang melintas, mendeteksi parkir liar dan bahkan dapat mendeteksi banjir.

Tak heran, atas berbagai capaiannya Nodeflux menjadi Penerima Apresiasi Bidang Teknologi ASTRA Satu Indonesia sebagai Pengembang Teknologi Artificial Intelligence.

Dan untuk pencapaian itu semua terobosan baru, perlu dimulai dari riset metode hingga mengimplementasikannya. 

Menangkap Masalah Jadi Peluang (Menghadirkan Terobosan Baru) 

nodeflux implementasi

Pada saat awal pandemi, penetapan PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) yang diambil Presiden Jokowi, Nodeflux kemudian dapat melihat peluang membantu pemerintah setempat dan pelaku bisnis agar dapat melakukan pemantauan lebih luas, mudah, namun tetap efisien, sehingga dibuatlah cctv dikombinasikan AI Nodeflux sehingga dapat diketahui berapa orang yang menggunakan masker dan tidak.


penggunaan ai


Kehadiran Artificial Intelligence dalam hidup manusia tidak dapat dipungkiri telah mengubah cara manusia untuk melakukan berbagai aktivitas. Di Indonesia, adopsi AI telah mencapai angka 24.6% yang nilainya tertinggi ada di Asia Tenggara. 

Jauh sebelum itu Nodeflux juga pernah membantu dalam perhelatan Akbar Asian Games 2019 dan menjadi mitra kepolisian dalam menjaga keamanan dan kenyamanan event. 

Berbicara tentang suksesnya Nodeflux, terdapat banyak peran penting yang terlibat menyukseskan Nodeflux. Nodeflux dengan arah langkahnya, memantapkan posisi produknya untuk solusi perkotaan (Smart city) yang bisa digunakan negara lain. Nodeflux berhasil menjadi NVIDIA-MSPP, ini membuat Nodeflux diakui sebagai startup AI berkualitas yang sejajar dengan penyedia lainnya dari seluruh dunia.

Nodeflux dan SATU INDONESIA menginspirasi pemuda Indonesia agar dapat menghadirkan perubahan bagi negara. 

nodeflux dan astra

Pada tahun 2019 terdapat event Nodeflux dengan ASTRA bertajuk “IDEAFest - ASTRATalk: Inspiring the Nation” saat itu hadir Meidy Fitranto dan Faris Rahman bersama dengan Dian Sastrowardoyo, Ernest Prakasa, Boy Kelana Soebroto dan peraih ASTRA SATU Indonesia Award lainnya salah satunya Dani Ferdian, Dokter asal Universitas Padjadjaran mendirikan komunitas Volunteer Doctors (Vol-D).

Saat itu, mereka berbagi inspirasi tentang bagaimana pemuda Indonesia dapat menghadirkan perubahan bagi negara. 

Awal Mula Istilah "Smart Donkey" Dibawa Meidy dan Faris ke Nodeflux 

smart donkey nodeflux

Di Nodeflux, terdapat 1st Month as a Smart Donkey setelah satu bulan menjadi bagian dari Smart Donkey di Nodeflux. Sehingga Nodeflux mendorong semua keledai pintar untuk menerapkan lima nilai AIUEO (AgileInitiativeUnitedExcellent, dan Optimisme).

 Smart Donkey Culture adalah penamaan yang diberikan Meidy dan Faris saat masih berkuliah di ITB. Saat dihadapkan dalam sebuah project dan setiap kelompok harus memiliki nama kelompok, terpikir memberi nama lumba-lumba, tapi karena lumba-lumba sudah mendapat ‘image’ hewan yang pintar, Meidy ingin namanya yang nyetrik, dan Faris terpikir keledai yang disangkanya bodoh padahal pintar, sehingga dibuatlah Smart Donkey. 

Pengalaman masa kuliah itu akhirnya terbawa ke Nodeflux. Meidy dan Faris yang telah dekat sejak zaman SMP, akhirnya memperkenalkan istilah tersebut pada karyawan-karyawan baru. Ada pula Smart Donkey Culture memiliki kepribadian yang Growing selalu belajar supaya jadi diri yang lebih baik.  Achieving; bercita-cita tinggi dan berusaha mewujudkannya. Innovative; berpikir kreatif dan menciptakan sesuatu yang baru. Impactful; hidup bermakna dan bermanfaat bagi lingkungan, serta unity; bersatu untuk mencapai tujuan bersama. Setiap bulannya akan ada achievement yang diberikan untuk kerja keras karyawan dari Nodeflux. 

Sehingga karyawan menjadi semangat untuk bekerja sekaligus berkarya. 

Sukses Selalu Nodeflux untuk membuat terobosan baru dalam teknologi dan dapat bermanfaat untuk orang banyak. Semoga ikhtiar dan perjuangan dapat membuat langkah untuk perubahan Indonesia untuk terus maju. Jayalah selalu Indonesiaku! (Sri Al)

No comments