Olahraga Angkat Beban Vs Cardio

angkat beban


Setelah setahun lahiran, dan ingin ke badan ideal sampai turun dari 60 kg rasanya belum, masih mentok di 64kg dan masih harus kurangi karbo. Tapi ya gitu kadang pagi masih sarapan karena kalau ngga pusing, tapi sebenarnya PR Banget sih apalagi mungkin bagi saya, dan selingan buat lari masih jarang, jadi paling banyak di Cardio aja. 

Tapi dapat tantangan baru ... buat nambah list olahraga juga dengan angkat beban. 

Pengalaman Olahraga Angkat Beban 

Pengalaman pertama kali olahraga angkat beban apa yang saya rasakan? Latihan angkat beban 20 menit dengan beban 3.5 kg dumble, udah nggak sanggup lagi olahraga Cardio atau lari hehe. Masih awalan ceritanya. 

Keringet lumayan, tapi yang kerasa memang lengan kerasa banget agak kecilan dan PD juga jadi ngecil. Rasanya lengan berat dan otot. Ditambah kerasa ngebentuk otot pantat. 

Sehari setelahnya masih kerasa pegel tapi yang ngga gimana. 

Atas rekomendasi suhu Ibu Grini, dan bertanya tentang bagaimana caranya biar perut rata, kata Grini yang penting supaya perut rata itu ya defisit kalori. (bukan cardio atau angkat beban)

Angkat beban kalau tanpa defisit kalori bakal pembentukan otot, tapi ototnya ketutupan ceferal fat. Jadi penting cuttingnya ditopang juga dengan defisit kalori.

Menghitung BME dan TDEE kebutuhan harian.  

"Yang penting adalah tracking dulu sri harus tahu BME sri dan TDEE brp dan tinggal dihitung kalori kebutuhan sehari hari berapa," begitu ungkap Grini kalau ingin mulai defisit kalori.

Di cutting 100 kalori, biar dihempaskan perut buncitnya. 

Cardio bagus, tapi Body ngga sampai shaping (Sekel). Kalau cuma Cardio aja nanti jadi jatuhnya cungkring. Tapi kalau misal ditambah kalori sama angkat beban nanti bakal ngebentuk otot pantat, kalau pakai angkat beban 

Cardio nya suka ada tapi ngga usah banyak-banyak. Angkat beban seminggu bisa 3-4 kali Cardio seminggu sekali. Cardio porsinya kecil aja.

Gerakan moving besar saya pakai 5 kg. Gerakan upper body belum kuat beban yang banyak. Nggak apa-apa 1 kg juga.  

Dulu Grini ngawal dari 2 kg. 

1 dumble si barbelnya. Kalau kuat 1 kuat. 

Banyak latihan. 

Udah asa ringan beli lagi lebar. 

1 pakai 1 dumble. 

ada kok gerakan gerakan yang pakai 1 dumble. 

Intensitas Angkat Beban 

Guru saya mengaku sekarang angkat beban di durasi 30 menit. Bahkan sekarang suka senam kegel sehabis angkat beban.

Kira-kira kalau angkat beban bisa buat berotot ngga?

NGGA usah khawatir, kalau angkat beban ngga ada yang sampai berotot. Biasanya laki-laki yang sampai berotot karena dan hormon testosteron. 

Kalau perempuan sangat susah berotot. Banyak influencer ngga kok, nggak banyak yang berotot. Body nya bagus aja; jadi shaping. Jangan takut berotot. 

Guru saya udah 1 tahun ngelekeunan ngga ada otot, malah 1 tahun ada garis sebelas di perut merasa WOW untuk ukuran perempuan. 

Angkat beban banyak manfaatnya. Masang galon sendiri diangkat posisi sendiri Lebih banyak positifnya daripada minusnya. 





No comments