Nostalgia Nasyid Malaysia tahun 2000-an

Tuesday, September 12, 2017

Siapa pecinta nasyid disini ngacung? Hehe.. Saya salah satunya. Duluuu.. tahun 2000-an, masih banyak kaset/CD, dan sejak Nasyid Raihan menjamur, banyak tim nasyid bermunculan di tanah air.

Geliat syiar dakwah patut diapresiasi. Hal ini terus berlangsung sampai sekarang. Nah, kali ini saya akan berbagi tentang nasyid tahun 2000-an yang masih suka saya dengar lewat Youtube. Yuk simak selengkapnya.

1. Raihan 


Raihan menjadi awal mula bermunculannya tim-tim nasyid. Nasyid Legend Raihan tentu semua orang tahu mereka. Vocalist Raihan dengan suara khasnya yaitu Nazrey Johani. Dulu, video klip Senyum, Iman Mutiara, Shalawat Nabi hampir selalu ada di layar kaca. Lagu favorit dari mereka kalau sekarang-sekarang yang suka diputar oleh saya adalah Lagu Untukmu Palestine. Lagunya ber-"ruhiyah".

Baca juga: Nostalgia Nasyid Indonesia tahun 2000-an

2. Rabbani 

Rabbani nasyid yang paling kereen karena selain banyaknya personil, juga memiliki kekhasan tersendiri yakni dari suara vocalistnya. Kalau pernah dengar lagu Intifada, Cari Pasangan, Cahaya, nah itu suara vocalistnya. Pas cari info tentang Rabbani, vocalistnya Ustadz Asri bin Ibrahim yang memiliki suara khas Melayu meninggal karena sakit tanggal 13 Agustus 2009 yang lalu. Lagu favorit saya selain Intifada, yaitu 7 Hari.

3. Nowseeheart 

Ini dia tim nasyid pop yang paling saya suka dan jadi tagline blog website ini. Album mereka bertajuk "Berjalan, Melihat dan Menafsir". Album NowSeeHeart adalah album nasyid yang saya punya pertama kali. Dulu harga kasetnya Rp 15.000. Paling senang dengan lagu Berjalan, Melihat dan Menafsir, Kekasih, Hijrah, Seorang Gadis, Damai, pokoknya semua saya suka, hehe.

4. Brothers 

Brothers juga tim nasyid favorit saya. Di kalangan anak Rohis, lagu "Untukmu Teman" dan "Teman Sejati" juga sudah tak asing lagi. Brothers juga banyak melantunkan nasyid perjuangan seperti Saifullah, dan lainnya. Serta ada juga lagu Jawa lho judulnya "Ojo Kelalen". Vocalistnya Yasin di album awal-awal keluar, dan memilih jalur Solo. Yasin akhirnya sering bernyanyi duet terkadang dengan Toophat berjudul "Alhamdulillah", dan lagu Aisha dinyanyikan solo olehnya. Pengen liat Brothers nyanyi lagi bareng Yasin.

Oiya dulu personil Brothers pernah konser saat bulan Ramadhan di Pusda'i di Plasa Pusdai. Saya ingat betul Akbar Brothers menyanyikan lagu Toophat Alhamdulillah.

5. Firdaus 

Firdaus juga tim nasyid yang saya punya kasetnya, bertajuk "Cinta dan Harapan" lagu-lagu di dalam kasetnya hampir semua saya suka. Dan Firdaus dalam album terbaru mereka ini bekerjasama dengan Haris Shaffix lho untuk penggarapan album "Dunia yang Lebih Indah".

Beberapa lagu di dalamnya pun diciptakan oleh Abang Haris Isa, seperti Menangislah di Bahuku, Dunia yang Lebih Indah, Kini Aku Kernamu, dan lainnya. Dijamin suka deh lagu-lagu yang diaransemen oleh Haris Shaffix. hehe.

6. Mirwana 

Mirwana juga tim nasyid favorit saya. Saya punya list lagu Mirwana lengkap di laptop. Hampir-hampir semua saya suka lagunya, karena enak didengar, misalnya Hikmah Kembara, Inni Akhafullah, Janji Kita, Khalifah Pertama, dan Permataku. Dan sampai kini Mirwana masih eksis, lho. Suara vocal mereka juga top banget menurut saya, terdengar harmoni dan mereka kompak banget, dan kekinian, hehe. Saya suka lagu baru mereka berjudul "Ini Itu Begitu Begini", mungkin ngga keliatan nasyid banget kalau di lagu yang ini. Tapi tetap, The best, album Hikmah Kembara.

7. Saujana 

Saujana tim nasyid favorit saya juga. Saya juga punya album mereka yang bertajuk "Rahsia". Di album ini banyak lagu yang saya suka seperti Sendiri. Lagu ini paling berkesan karena pernah saya bawakan ketika performance SMP dulu, dan saya dapat mewakili di kelas untuk menyanyi.

Lagu lainnya yang terkenal dari Saujana adalah Suci Sekeping Hati, pernah diputar saat masa-masa tahun 2000-an di televisi tanah air.

8. Hijjaz 

Hijjaz kental dengan suara Melayunya, dan merupakan nasyid awal-awal. Nasyidnya yang saya kenang adalah Lukisan Alam ketika zaman SMP sekitar tahun 2003.

9. Inteam 

Inteam tim nasyid yang eksis sampai sekarang. Inteam dikenal tim nasyid yang menyenandungkan kisah percintaan, judulnya "Kasih Kekasih", dan pernah di tahun 2013 membuat lagu dengan Deden edCoustic (alm) dan videonya memukau, judulnya "Kau Ditakdirkan Untukku". Video Inteam feat. Edcoustic Kau Ditakdirkan Untukku sudah ditonton sebanyak 2.536.994 kali di Youtube.

Sekian Nostalgia Nasyid Malaysia. Semoga ada konsernya mereka di Indonesia. Atau saya dapat nonton konser mereka di Malaysia. Keinginan sejak SMP belum terwujud. Haha. Aamiin ya Rabb.

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#