Cerita Asam Lambung Naik

Cerita Asam Lambung naik

Hari kemarin lusa, saat bangun di pagi hari rasanya tiba-tiba sesak. Bangun tidur langsung sesak dada. Hal ini membuat saya agak lemas dan pengennya tiduran. 

Saya ingat, malamnya abis begadang sampai jam 01.00 dini hari, malam nya ngemil cokelat, dan siangnya kemarin itu makan ayam crispy bareng anak-anak dua. 

Bertepatan juga dengan pembagian raport Aska, dan masih kerasa sesak dada hingga siangnya. Hal ini berlanjut sampai pulang bagi raport, hendak melakukan perjalanan naik mobil ke rumah ortu. Di dalam mobil rasanya tidak bisa bernafas. 

Padahal di mobil ada AC tapi sesak rasanya. Saat itu ingin membuka kaca jendela mobil, tapi apa dikata tidak bisa saya lakukan. 

Selanjutnya di rumah ortu saya, saya semakin sesak. Akhirnya ortu memberi saran minum obat paracetamol dan berhasil tidur sejam saja, kemudian saya terbangun lagi. 

Inginnya nyari udara segar, karena kalau duduk atau tidur kerasa lebih sesak lagi. 

Akhirnya duduk di dekat udara segar, dan ngobrol bareng adik. Saat itu yang kepikiran konsul ke dokter via online. 

Baca juga: Ditolak Pelayanan Puskesmas Selama Pandemi, Halodoc Aja!

Ngebantu banget pokoknya. Pas itu saya bertanya tentang gejala sakit apa itu. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. 

Dokternya tanya kalau saa ada sakit apa aja selama ini, saya lalu memberi tahu kalau saya sakit pinggang bulan lalu, sampai parah lah itu. Sakit ngangkat-ngangkat. Kurang minum. 

Trus ditanya ada mual muntah? Lalu saya menjawab, "Kalau mual ada kalau muntah gak." Kemudian dokternya bilang coba tekan perut ulu hati bagian tengah atas. lalu saya bilang, "iya sakit." 

Lalu dokternya bilang, "Baik, kemungkinan lambung ya. Jangan telat makan. Stop makan asam, soda, coffe, pedas." 

Beliau berkata lagi, "Kemungkinan asam lambung naik. Jika masih bernafas mungkin nyesek ke atas ya. Kayak penuh di perut, karena sesak nafas dari paru dan lambung beda, dan gak ada pantangan tapi jangan makan yang asam. Stress juga bisa meningkatkan asam lambung." 

Beda Maag dan Asam lambung 

Maag itu penyakitnya, kalau asam lambung perjalanan penyakitnya. Asam lambung gak akan keterusan, tapi nanti akan kambuh, kalau... pola makan gak baik. 

Obat nya untuk menetralisir asam lambung dan diminum sebelum makan. Jika membaik disimpan saja. 

Alhamdulillah minum obat langsung bisa nafas gak sesak lagi. Mama saya di Dipati Ukur juga sempat memberikan saya koyo agar biar gak pegal-pegal lagi. Kasih sayang Ibu memang tiada tara. 

Langsung deh kebayang dengan episode kehidupan akhir-akhir ini, mungkin betul yaa.. karena memang tidurnya gak bener, terus makan gak teratur, juga pikiran. Kadang mikir terlalu berat karena suami kerja jauh dan lama dinas luar kota kepikiran terus hehe.. 

Jadi mulai saat ini biar gak kena lagi, ya makannya dijaga. Makan yang sehat-sehat kurangi goreng-gorengan, banyakin sayur, dan apa lagi yaa.. kayaknya kerjaan di luar kerjaan rumah dibikin enjoy kali ya, kadang suka nargetin diri buat banyak nulis tapi kenyataannya banyak waktu istirahat yang akhirnya terpakai. Tidur kurang, dan target belum kecapai jadi stress haha. Mulai sekarang cuek aja deh haha.. mungkin dibikin happy aja. Bismillah ya Allah saya akan menjaga waktu tidur insyaAllah ingin seimbang antara istirahat, ngerjain kerjaan nulis, dan beribadah kepada-Mu. Terimakasih ya Allah sudah mengingatkan hamba. Jadi alarm banget mulai sekarang. 

Senengnya kemarin pulang dari anter ustadz kemarin, pak suami bawain saya obat. Pak suami pesen buat saya biar cepet sehat. Harganya juga lumayang. Tapi jadi dibayarin pak Ustadz. Makasih ustadz. 

Umur di 31-an ini jadi alarm buat saya mungkin saya harus diet lagi juga karena mungkin berat badan saya belum ideal, pengen di angka 54 lagi.. semangat diet. Bismillah.

No comments