Membuat Outline dan Menulis Blog Plan 2022

resolusi blogging 2022


Alhamdulillah, senang sekali rasanya ikut kelas BRT Network mengupas banyak hal dari mulai Optimasi Blog, mengaktifkan SSL, membetulkan struktur heading homepage, opengraph, belajar SEO Parameter, dan GA-GSC.

Setelah mendapat materi, nggak sah kalau ngga langsung diaplikasikan. Coach memberi tugas terkait hal-hal yang belum ada di dalam Blog. 

Selanjutnya kami mendapat pencerahan materi yang ditunggu-tunggu yaitu tentang Membuat Blog Plan dan Evaluasi dari Coach Marita Ningtyas. 

Jadi ini termasuk Parameter SEO On Page. Kalau SEO Off Page akan ditunggu-tunggu setelah tugas SEO On Page selesai. 

Menulis bukan sekadar menulis saja selesai, namun sebaliknya ada Plan Blog dan lebih tersusun. Wah, mengapa saya baru sadar tentang ini, pikir saya. 

Ternyata saya baru tahu ternyata penting juga lho Update Artikel lama biar ningkatin PV juga. Dengan menyusun blog plan juga, kita bisa menyimpan ide untuk bahan menulis sehingga lebih rapi. 

Ternyata bukan menulis makalah saja yang memakai outline, menulis di Blog juga perlu outline. Bahkan saya merasa tertampar saat Mbak Marita menjelaskan dalam kulwapnya bahwa, 

"Jangan-jangan sama nih, hari ini parenting, besok parenting, lusa parenting lagi. Padahal di blognya ada label otomotif, tapi isinya cuma 5 gelintir aja, hehe. Dengan membuat blog plan, kita bisa nih merencanakan hari Senin posting kategori entertainment, Rabu posting kategori parenting, Jumat posting kategori kuliner, dsb. Kalau nichenya sudah spesifik gimana? Ya sama aja, bisa dibuat giliran updatenya. Intinya biar nggak ada label/ kategori di blog yang merasa dianaktirikan."

Manfaat Blog Plan 

Manfaat Blog Plan menurut Mbak Marita adalah: 

1. Membantu teratur dan konsisten posting 

2. Merencanakan konten yang seimbang 

3. Menyediakan konten yang ditunggu pembaca 

4. Tandai hari-hari spesial 

5. Memilih Ide-ide terbaik 

6. Tidak ada alasan buntu ide 

7. Merencanakan postingan lebih cepat 

8. Menghemat waktu 


Waah ... untuk point mencari postingan lebih cepat saya terkadang lupa pernah menulis Persiapan Mommies Menyambut Bulan Ramadhan, atau Busui Haid Memilih Shaum Qodho dulu atau Bayar Fidyah

Jadi kemudian saya berpikir, sepertinya penting ya buat list pernah nulis apa saja. Jadi kalau sewaktu-waktu kita nggak bisa nulis Update tentang niche tertentu, kita bisa Update postingan yang lama, kayak misal Persiapan Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Ragam Pembuatan Blog pun ada macamnya seperti manual, printable, atau digital. Kalau saya masih suka menulis secara manual untuk Blog Plan. Saya biasa melist tema apa yang akan ditulis, dan prioritas menuliskan apa yang terlebih dulu mendesak hati saya untuk menuliskannya. Mungkin tiap orang berbeda-beda. 

membuat outline blog


membuat outline blog sendiri


Saya merasa excited karena untuk menulis pun baik sekali menuliskan dengan outlinenya sehingga kita bisa tahu detail, dan akan memudahkan dalam menulis. Gambar di atas contoh dari mulai judul sampai apa saja yang ada di dalam tulisan meliputi H1 dan H2-nya. Aaa ... suka banget makasih ilmunya Mbak Marita! 

Plan Blog Sri Al Hidayati Tahun 2022

plan blog 2022


Di kelas BRT Network, saya pun ditantang untuk menuliskan Plan Blog tahun 2022. Saya pun menuliskan rencana seperti riset untuk kebutuhan menulis di blog. Yang perlu diperhitungkan adalah menulis hal yang update terjadi di sekitar, terkadang itu membuat Traffic Blog naik. 

Saya juga ingin membuat outline tiap menulis di Blog. Sepertinya menarik membuat outlinenya terlebih dulu jadi tulisan tidak merembet keluar dari tema. 

Hal yang ingin saya gali juga di tahun 2022, saya ingin coba punya blog baru dan membuat niche tertentu seperti tips menulis, dan hal-hal terkait dunia menulis. Saya tahu cukup menantang hal ini, namun kalau saya cukup fokus dan konsisten mungkin saya bisa mencapai targetan ini. 

Baca juga: Target Blogging 2019

Baca juga: Manjakan Diri dengan Scarlett Whitening Cantik Maksimal

Targetan lain yang ingin saya capai seperti posting artikel 2x seminggu (organic post), update artikel lama 2x seminggu, rajin ikut BW, posting FB 1 minggu 2x, punya target menulis job review 10-20 per tahun. 

Semoga nantinya traffic pun naik. Goalsnya naik 30%, DA naik 20, income 2 juta per bulan dari Blog. Aamiin. Serta ikut kelas pengembangan diri seperti ikut kelas SEO seperti sekarang dan ikut kelas sosmed, dan lainnya. 

Plan Blog Teman 

Di kelas SEO ini, saya memiliki teman yang punya resolusi menulis di Blog untuk tahun 2022. Seperti Mas Taumy Alif yang punya tantangan ingin menambah page view hingga 10k, DA dan DR minimal 25, serta mendapat sponsor post minimal 10 per bulan. Yang menarik dalam resolusinya Mas Taumy ini meng-highlight page view, link building, organic post dan sponsor post. Dalam menulis blog tulisan organik itu penting tentu.

Selanjutnya Mbak Talitha Rahma yang memiliki resolusi ingin menuliskan 10 tulisan organik untuk 2 blog. Wow sudah berpikir untuk ternak blog yaa Mbak. Mantap! Semoga resolusinya tercapai! Aamiin. Yang menarik, selain ingin punya targetan DA PA bisa mencapai 30, Mbak Talitha juga ingin merapikan jadwal deadline tulisan. Nah, ini dia yang kadang suka bikin deg-degan kalau ngga ada patokan jadwal bisa keteter DL. Hii ... ngeri. 

Blog Plan Mbak Laily M. Octavia yang bikin mupeng karena blog plannya bagus banget. Disini blog plan Mbak Laily yaitu meningkatkan performa blog, DA PA bisa mencapai 50 serta PV 10.000 per bulan. Dalam pengembangan blog, Mbak Laily juga ingin belajar ternak blog, dan berbagai ilmu kepada yang lain. Serta upgrade skill ikut kelas blogging, ikut kelas pengembangan diri, dan rajin ikut lomba. Semoga tercapai semua rencananya ya, Mbak! 

Kemudian Mbak Atiqoh memiliki plan blog 2022 yakni DA 30 PA 50, serta PV mencapai 7.000 per bulan, 5x menang lomba blog, penghasilan 3jt per bulan dari artikel blog, serta 50k per bulan dari Google Ads. Wow, target yang cukup ambisius ya Mbak.

Yang menarik, Mbak Atiqoh juga menuliskan dan menjadwalkan Audit Blog Mandiri seperti membersihkan brokenlink dalam Plan Blog. Wah bisa banget ditiru nih! Terkadang memang bersih-bersih brokenlink itu perlu biar nggak merugikan ya. Selanjutnya Mbak Atiqoh juga menjadwalkan membuat post organik minimal 2x seminggu. Selamat Mbak.  

Dari semua plan blog menarik, yang paling menarik yang punya Mbak Atiqoh karena spesific. Semoga semua targetnya tercapai ya! Keaktifan kelompok alhamdulillah kelompoknya "hidup", selalu ada interaksi menarik terkait tugas dan merasa terbantu dengan teman-teman di kelompok, saat saya kesulitan, teman yang lain bertanya dan membimbing, seperti begini, memberi saya semangat untuk mengerjakan tugas sampai selesai. Terima kasih ya! 

Masing-masing di tiap kelompok unik, ada Mbak Atiqoh yang sigap dan perhatian, menanyakan kalau-kalau ada yang belum mengerjakan tugas, Mas Taumy yang juga sigap membantu, saat saya kesulitan langsung memberi komentar dan mengarahkan, serta ada Mbak Talitha yang aktif dan berbagi info, serta Mbak Laily yang cukup aktif, dan plan blognya saya suka desainnya lucu.

Akhir tahun tinggal menghitung hari, rencana target blogging 2022 di depan mata, semoga plan blog 2022 dapat terealisasikan satu per satu dan rencana untuk performa blog yang baik dapat dimulai dengan membuat plan mingguan dan bulanan. Rencana adalah langkah awal dari kesuksesan. Semangat! 



1 comment

  1. Semoga plan blognya mbak Sri bisa berjalan dengan mulus ya. Tetap semangat, InsyaAllah akan selalu ada jalan dalam mewujudkan setiap mimpi

    ReplyDelete