8 Tips Jitu Lulus Ujian CPNS 2023: Panduan dari Ahli

info tes cpns 2023

Sebagai lulusan S1 Pendidikan, saya pernah terpikir dan bercita-cita jadi PNS. Punya masa depan cerah, mewujudkan harapan orang tua untuk jadi guru, punya tunjangan di hari tua, dan bisa tetap bermanfaat untuk masyarakat karena berjuang di ranah Pendidikan ini. 

Hampir semua sahabat saya yang pernah duduk di bangku SMA dan kuliah, banyak yang menjadi PNS dan meraih mimpi seperti Impian mereka sejak dulunya. Ada yang meneruskan kesuksesan orang tuanya setelah menjadi tenaga kependidikan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Sehari Menyusuri Kampus UPI, Napak Tilas Perjalanan Mahasiswa 

Baca juga: Stop Beli Buku Bajakan!

SETELAH bekerja di Perusahaan penerbitan, dan sempat resign, saya sempat berpikir untuk ikut tes CPNS. 

Pengalaman Suami Ikut Ujian CPNS 

mahasiswa upi

Terlebih suami saya pun ikut tes CPNS. Hanya saja poin 0.5 lagi kurang jadi belum berjodoh lolos tes PNS. 

Memang dari sekian ribu orang, suami saya pun setelah daftar, rajin ikut Latihan soal-soal CPNS, dan saat hari ujian, datang ke tempat ujian dan mengenakan kemeja putih dan celana hitam kain, sepatu fantopel, dan bawa berkas banyak termasuk sertifikat kampus, dan harus bersaing dengan puluhan ribu orang lainnya. 

Usia yang sudah mencapai 31-an lebih saat itu membuat peluang untuk lulus lebih kecil karena bidang-bidang yang menerima usia 31-an hanya beberapa instansi pemerintah saja. Dan sisanya harus bersaing dengan yang usia fresh graduate dan peluang mereka lebih banyak karena usia masih masuk. 

Beberapa bulan kemudian suami saya alhamdulillah diterima bekerja di tempat lain. 

Tips Jitu Ujian CPNS dan Info Seputar CPNS 2023

Who knows, buat teman-teman yang ingin gabung dan tertarik buat tes CPNS. Ada beberapa tips jitu lolos Ujian CPNS 2023. Yuk kita kupas jadi point-point berikut ini. 

1. Membuat Rencana Jadwal Belajar

Setelah melakukan Pendaftaran CPNS, hal yang harus diperhatikan pertama yaitu membuat rencana jadwal belajar. Hal ini meliputi mempelajari materi-materi ujian, serta mempelajari materi ujian dan berlatih menjawab soal-soal Latihan. Setiap hari berlatih dan membuat terlatih dan terbiasa. Konsistensi adalan koentji. 

2. Kuasai Materi Ujian

Pernah suami saya bertanya dan kuasai materi ujian dengan baik. Jelajahi silabus yang Anda miliki, lalu identifikasi topik-topik penting yang sering muncul dalam ujian. Jangan ragu untuk mendalaminya agar Anda benar-benar menguasai materi tersebut.

3. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Seperti yang saya singgung di atas, persaingan yang ketat selain dari segi usia yang spesifik untuk diterima jadi PNS adalah TES TOEFL. Untuk itu, kita mesti ikut tes dulu harus punya modal sekian rupiah untuk bisa jadi senjata buat masuk PNS, karena calon CPNS adalah yang bisa juga berbahasa Inggris dengan baik, bisa jadi pertimbangan buat ikutan misal jauh hari daftar Les Toefl dulu biar ngga kaget tiba-tiba tes CPNS dan biar hasil lebih maksimal dan nendang. 

Tesnya sendiri meliputi memperkaya kosakata, meningkatkan kemampuan speaking, dan menulis. 

Baca juga: Persiapan Tes Toefl Online IBT dengan Belajar di Lister

4. Jaga Kondisi Fisik dan Kebugaran Anda

Selain tes secara keilmuan, tes CPNS juga meliputi tes kondisi fisik. Banyak juga peserta yang gugur karena masalah Kesehatan. 

Jadi teringat suami saya dulu saat mau tes CPNS harus tes antigen dan membawa berkas Negatif Covid Test. H-1 suami saya cari Rumah Sakit dan harap-harap cemas karena khawatir kalau hasilnya negatif bisa gagal tes. Alhamdulillah saat itu hasilnya negatif dan bisa ikut tes CPNS. 

Tidak menutup kemungkinan tahun ini pun tes CPNS membuka tes Covid jadi perlu sekali buat kita untuk menjaga kondisi fisik dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur. 

5. Ikut Bimbingan Belajar dari Skill Academy

Dari berbagai point yang disebutkan di atas, kita pun dapat melintas dengan cukup ikut bimbel CASN by Skill Academy untuk persiapan tes CPNS. 

info tes cpns


Dengan mengikuti bimbel CPNS Skill Academy, tentu kita akan mendapat berbagai keuntungan, seperti:

  • Pembelajaran dari lulusan ASN: Belajar langsung dari orang-orang yang telah berhasil melalui tes CASN di tahun-tahun sebelumnya.
  • Beragam kelas yang dapat diikuti: Anda dapat memilih dari berbagai kelas, seperti bootcamp online, bootcamp offline, dan kelas paket belajar mandiri.
  • Kurikulum terbaik: Dapatkan akses ke kurikulum terbaik yang dirancang khusus untuk membantu Anda lulus ujian CPNS.
  • Komisi atau cashback: Dapatkan kesempatan untuk mendapatkan komisi atau cashback dengan memanfaatkan kode referral yang diberikan.

6. Selalu Update Berita Terkini Seputar CPNS

Yuk, jadilah orang yang selalu satu langkah di depan dalam mendapatkan info terbaru seputar CPNS! Enggak mau kan, ketinggalan info penting dari BKN?!

Karenanya, selalu update diri Anda dengan tips jitu dan kabar terbaru. Karena, siapa tau ada kabar terbaru mengenai perubahan ketentuan atau tanggal penting.

7. Siapkan Semua Dokumen Anda dengan Lengkap

Menjadi PNS adalah impian banyak orang, dan dengan persiapan yang tepat, impian ini bisa menjadi kenyataan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen dengan lengkap karena kalau tidak lengkap bisa nggak jadi ikut atau gugur gitu aja. Jadi, pastikan buat menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar. Double check biar lebih percaya diri. 

Pertama, Kunjungi juga situs resmi Skill Academy untuk informasi lebih lanjut dan bergabunglah dengan komunitas kami di Instagram Bimbel CASN untuk update terbaru dan promosi menarik.

Kedua, Cukup kunjungi website resmi https://skillacademy.com/casn untuk mendapatkan berbagai informasi awal. Setelah itu, kontak saja tim tes CASN Skill Academy untuk bertanya-tanya dan diskusi.

Ketiga, Kamu bisa memilih untuk bergabung di Kelas Paket Mandiri atau bahkan Bootcamp Online bersama teman-teman baru yang memiliki semangat yang sama untuk menjadi Aparatur Sipil Negara berintegritas. 

Ayo, jangan sampai ketinggalan dan siapkan dirimu untuk bersinar bersama Bimbel CASN by Skill Academy!

8. Setelah Maksimal Ikhtiar, Selanjutnya Bertawakkal dan Berdoa Diberi yang Terbaik



Setelah berikhtiar, latihan menjawab soal dan rutin juga mengikuti les dan sebagainya, tentu juga berdoa dan berserah kepada-Nya. Meminta hal yang terbaik, karena belum tentu sesuatu baik menurut kita, tapi menurut Allah itu adalah hal yang baik. 

Begitupun sebaliknya, belum tentu menurut kita nggak baik, tetapi menurut Allah itulah yang terbaik. Jadi tetap menjalankan apa yang Allah ridhai. 

Tapi meskipun apapun hasilnya kita terima dengan lapang dan hati terbuka, jika diterima Alhamdulillah kita bersyukur dan jika gagal kita bisa mencoba lagi tes cpns berikutnya sambil kita terus berusaha juga mencari yang lain. Tetap semangat! 


info tes cpns 2023

14 comments

  1. jaga kondisi, itu yang paling penting sih, temenku udah persiapan matang trus pas hari H dia sakit, sedih banget sih kalau dah gitu mah

    ReplyDelete
  2. Salfok sama foto teteh pake jaster, ahahah aku pun pernah 2x ikut tes CPNS, tapi nampaknya PNS bukan jodoh dan duniaku, tapi buat pejuang CPNS wajib banget ikutin tips di atas ya supaya lolos tesnya

    ReplyDelete
  3. Wah tips yg penting nih.. Apalagi sebentar lagi akan dibuka kesempatan lagi menjadi CPNS.. Yuuk..yg mau daftar praktekkan tips-tips penting ini..

    ReplyDelete
  4. Kabar baik banget nih bagi teman-teman yang ingin ikut tes CPNS, bisa latihan soal dengan kursus di SKillAcademy dulu, biar tau kisi-kisi dan tips-nya.

    ReplyDelete
  5. Sekarang bimbel gak hanya untuk anak sekolahan, ya. Ada juga bimbel CASN. Tapi, ya, mengingat persaingannya, memang jadinya masuk akal juga kalau sampai ada bimbel.

    ReplyDelete
  6. Kalau mengikuti 8 panduan jitu diatas, inshaallah dimudahkan ya mbak...semoga para pejuang CPNS itu senantiasa diberikan jalan dan dimudahkan untuk lolos mengikuti tes CPNS....ssya pernah ikut beberapa kali dan akhirnya pesimis untuk ikut lagi ....

    ReplyDelete
  7. Jadi inget zaman dulu berburu lowongan CPNS. Semangat banget ke sana kemari nyari info. Bahkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan pun dkumpulin kayak kartu kuning yang harus diupdate ke disnaker, atau SKCK yang ngurusnya berjenjang. Cape tapi fun karena membayangkan masa depan sebagai pegawai negeri hehehe Ga kesampaian tapi seneng aja dan ga penasaran karena sudah berusaha

    ReplyDelete
  8. Tadi lihat di IG ada pembukaan CPNS sampai ribuan, kesempatan banget buat yang berminat ya tips nya penting nih semoga bisa membantu ya mempermudah jalan ...

    ReplyDelete
  9. Update info terkini penting banget tuh perencanaan pembelajarannya juga harus akurat ya mbak ya makasih banget tipsnya mau aku share keponakan ah yang mau daftar CPNS

    ReplyDelete
  10. Tipsnya seperti pada umunyaa, setiap pejuang cpns dengan segala ikhtiar, ujung2nya pada keberuntungan dan kehendakNya. Alhamdulillah keterima dan kalo engga masih ada tahhun depaaannya lagi yaa.

    ReplyDelete
  11. Aku pernah mau ikut CPNS tapi urung. Sekarang udah kelewat diatas 35 tahun udah ga bisa lagi hehehehe. Nah, ini kayaknya artikelnya mau aku share ke sodaraku mau coba CPNS tahun depan. Makasih ya sharingnya.

    ReplyDelete
  12. Kok nyaman banget yaa.. skarang ada Ikut Bimbingan Belajar dari Skill Academy.
    Zaman dulu bener-bener otodidak ya.. Alhamdulillah, kini terbuka kesempatan yang sama bagi semua peserta calon CPNS seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah saya lulus tes CPNS tahun 2019 di usia nyaris expired setelah beberapa kali gagal ikut tes di tahun-tahun sebelumnya. Kalo saya, untuk lolos tes harus sering latihan soal sih. Itu yang dulu saya lakukan

    ReplyDelete
  14. Sekarang belajar jadi makin mudah yaa, bisa ikut bimbingan skill academy. Artikelnya cukup membantu sih buat nanti persiapan daftar cpns, semoga aku keterima

    ReplyDelete