Inilah Film film karya Hanum Rais yang Diangkat dari Buku & Novel

Wednesday, September 27, 2017

Hanum Rais (tengah)

Hanum Rais mulai saya kenal saat filmnya yang pertama mampu membuka mata saya tentang Islam di Eropa. Bersyukur tinggal di negara yang mayoritas Muslim dan sangat excited dengan peninggalan-peninggalan Islam di Eropa. Terimakasih Mbak Hanum. Mbak Hanum adalah putri pertama dari Pak Amien Rais, mantan ketua MPR. Berikut merupakan karya-karya beliau yang diangkat dari buku yang ia tulis, sebagiannya diambil dari kisah nyata. Yuk simak selengkapnya.

1. 99 Cahaya di Langit Eropa 


Ayse dan Fatma Pasha 99 Cahaya di Langit Eropa

Marion dan Hanum 99 Cahaya di Langit Eropa

Diangkat dari novel yang sama yang ditulis oleh karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini pun scriptnya ditulis oleh Hanum, Rangga dan Alim Studio, sehingga tak heran esensi penting dari buku tidak akan terlewatkan di dalam film ini.

Dijamin saat menonton, kita bakal tahu sedikit banyak tentang situasi sejarah Islam di negeri Eropa. Film yang berlatar empat negara, yakni Vienna (Austria), Paris (Perancis), Cordoba (Spanyol) dan Istanbul (Turki). Saat menonton, mata seperti dilenakan oleh pemandangan Eropa.

Semua berawal dari perjalanan Hanum dan Rangga ke Austria, Paris, Cordoba dan Granada, serta Istanbul. Hanum ikut suaminya studi doktoral di Wina, Austria, dan tinggal di negara yang minoritas jumlah muslimnya. Hampir tidak terdengar suara azan kecuali di beberapa tempat, namun Hanum banyak menemukan hikmah yang menginspirasinya.

Berawal dari sebuah cokelat, Hanum berteman dengan Fatma, dan membuat Hanum menjadi tertarik untuk melihat langsung situs-situs yang dapat mengenal sejarah Islam di negara Eropa. Fatma pula mengenalkan Hanum bahwa Fatma ingin mengenalkan syiar Muslim di Austria dengan menebar senyum indah, menguasai bahasa Jerman dan Inggris, serta selalu jujur dalam berdagang.

Fatma Pasha menjadi tokoh favorit saya, karena sifatnya yang sabar, keibuan dan lembut. Fatma adalah wanita muslim asal Turki, ibu rumah tangga dan selalu ada untuk Ayse dan suaminya. Fatma juga seorang yang paham dan cinta akan Sejarah Peradaban Islam.

Perjalanan Hanum kemudian berlanjut ditemani Marion, seorang yang menemukan imannya di Paris. Mereka berkeliling Paris lalu ke Grande Mosquee de Paris (Masjid Besar Paris). Disana terdapat kafe, restoran, sekolah dan sebuah lembaga teologi Islam yang digunakan sebagai tempat menyebarkan ilmu pengetahuan, bukan semata-mata tempat beribadah.

2. 99 Cahaya di Langit Eropa 2


Hanum

Dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa bagian 2 ini sangat menguras air mata karena disini Ayse meninggal dunia. Ya alasan mengapa Fatma tidak membalas email-email dari Hanum, akhirnya terjawab. Ayse memang sudah sakit sejak lama. Dan luar biasanya sosok Fatma begitu tegar dan kuat.

Cerita yang menyentuh juga yaitu Khan. Meski sosok yang sering berantem dengan Stefan, keduanya sosok yang sangat akrab nantinya. Di awal cerita juga dikisahkan tentang Khan dan keluarganya di Pakistan. Khan kecil hidup ditengah-tengah kondisi perang dinegaranya. Ayahnya tahu Khan berniat untuk belajar jihad untuk membalas dendam atas kematin kakaknya dan saudara-saudaranya. Tapi Ayahnya mengarahkannya untuk terus belajar.

Perjalanan mereka di dalam menguak rahasia Islam akan berakhir di tanah suci, Mekkah. Di part 2 ini, akan dijelaskan bagaimana akhirnya Hanum memutuskan untuk berhijab.

3. Bulan yang Terbelah di Langit Amerika 



Bulan Terbelah di Langit Amerika adalah sebuah film Indonesia yang disutradarai oleh Hanum Rais dan dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Nino Fernandez dan Rianti Cartwright.

Dalam film ini terinspirasi dari perjalanan Hanum dan Rangga New York selama 12 hari dan di dalamnya, mereka mengisahkan sejarah 11 September 2001 yaitu sejarah Hancurnya menara kembar WTC. Awal cerita menceritakan dua orang Arab yang lolos dari pengamanan dan menjadi malapetaka selanjutnya. Sedih karena itu adalah oknum. Tentu saja karena islam bukanlah teroris. Islam mengajarkan rahmatan lil'alamin.

Hanum sedang menemani Rangga mengambil studi S3 di Wina. Rangga bekerja sebagai asisten dosen sekaligus mahasiswa S-3, serta sebagai penerima beasiswa pemerintah Austria. Sambil mengisi hari-harinya, Hanum yang belum dikaruniai anak, merasa ingin ada sesuatu yang dia lakukan selain harus menunggu suaminya.

Akhirnya Hanum pun melamar pekerjaan kesana kemari berkaitan dengan jurnalistik, dan akhirnya Hanum diterima di Koran harian Heute ist Wunderbar sebagai reporter.

4. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2



Saya belum nonton film ini, berharap bisa nonton filmnya dalam waktu dekat. Dari Wikipedia, film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 adalah sebuah film Indonesia yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Nino Fernandez, Rianti Cartwright, Ira Wibowo, dan Boy William. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 mengisahkan tentang kelanjutan petualangan Hanum dan Rangga dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika di Amerika Serikat. Penggarapan film ini dilakukan di San Fransisco, California dan Singkawang, Kalimantan Barat.

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#