Nostalgia Nasyid Indonesia Tahun 2000-an

Wednesday, September 13, 2017

Siapa yang suka sama nasyid? Masih dengar nasyid sekarang, atau senang memutarkan lagu nasyid ketika zaman-zaman sekolah dan kuliah?

Nah kali ini saya akan mengulas sedikit tentang tim nasyid asal Indonesia. Yuk simak selengkapnya

1. Snada 


Snada termasuk tim nasyid accapella yang eksis sejak awal. Lagu yang paling dikenal adalah Neo Shalawat, Kasih Putih, Jagalah Hati, Demi Matahari, Saat Ajal Menjelang, dll.

Baca juga: Nostalgia Nasyid Malaysia tahun 2000-an

2. BPM 




Di Bandung sendiri, saat awal-awal ada nasyid ada BPM yang suka disetel saat Aa Gym akan ceramah pagi. Judul lagunya Ibu saya inget sekali. Menyentuh. Judulnya Rinduku dan Ibu.

3. The Fikr 


The Fikr dulu merupakan nasyid awal-awal ada, dan beberapa personilnya pindah dan membuat tim baru bernama Tazakka. Tapi The Fikr tidak hilang dan ada penggantinya menyanyikan lagu-lagu baru.

4. Hawari 

Tim nasyid Hawari termasuk yang eksis dengan perkusi. Lagu favorit saya Jalan Kehidupan.

5. Shaffix


Ini termasuk tim nasyid favorit saya. Saya punya 2 album mereka bertajuk "Kemarin, Sekarang dan Esok Hari", serta album bertajuk "Dari Hati".

Saya jatuh cinta ketika Shaffix datang ke sekolah saya, SMP 44 Bandung dulu, sekitar tahun 2002. Pada saat pesantren kilat di SMP dulu, membuat perubahan drastis dan senang dengan nasyid.

Baca juga: Bahagia itu sederhana

Lagu-lagu yang saya suka banyak, hampir semua. Yang paling berkesan Manusia, Mother Nature, Pantai, Sepucuk Surat Buat Adik, dan banyak lagi.

6. edCoustic

edCoustic termasuk nasyid yang dibentuk dari Kakak-kakak Karisma ITB. Keduanya, Eggie dan Deden (alm) aktif berkarya membuat lagu-lagu yang menyentuh, seperti Berubah, Pertengkaran Kecil, Kamisama, Pemuda Palestina, dan lainnya.

Saya suka lagu edCoustic di album yang ke-2 pun hampir semua suka, Aku Ingin Mencintai-Mu sampai Jangan Bersedih. Kabar duka meninggalnya personil Deden edCoustic karena sakit pada 30 Desember 2013 lalu meninggalkan kenangan karya-karyanya akan dikenang selalu sepanjang masa.

7. Izzatul Islam

Izzatul Islam termasuk nasyid harokah, dan memberi semangat. Paling suka lagunya Generasi Harapan, Hai Mujahid Muda, Kami Harus Kembali, dan lainnya.

8. Southul Harokah

Anak-anak mudah generasi Z pada kenal ngga ya dengan nasyid Southul Harokah. Nasyid-nasyid yang disuka dari ShouHar adalah Bingkai Kehidupan, Gelombang Keadilan, dan lainnya. Saya dulu punya albumnya. Mereka termasuk nasyid yang membakar semangat perjuangan.

9. Gradasi 

Saya termasuk senang dengan lagu acapella Gradasi. Dulu saya punya album Gradasi, dan hampir semua lagu Gradasi saya suka. Dari mulai Nanda, Pematang, Tanda Cinta, Gantole, dan lainnya.

10. Justice Voice 


11. Fatih 

Fatih juga termasuk nasyid favorit saya. Lagu yang saya kenang yaitu Ikan, Laron dan Semut, dan Anugerah yang Terindah.

12. Nanda Nasyid



Nanda Nasyid satu tim nasyid asal Bandung ini mengusung musik positif rap dan pop nasyid. Pengusungnya Dudhy Nanda dan sampai saat ini ada beberapa perubahan personil.

Saya punya album mereka dulu yang bertajuk Jalanku. Nanda Nasyid pernah tampil di SMP 44 dulu, dan lagu lagunya berkesan, seperti Jalanku, Saatnya Mengerti, dan Aku Dirimu.

13. Tashiru

Tashiru tim nasyid asal Bandung ini pada zamannya digemari oleh anak muda. Lagunya Kembali, T4 yang paling favorit. Saya punya album Tashiru Kembali. Lagunya rata rata semua suka. Saat ini Tashiru juga masih eksis dan personilnya masih tetap dari formasi awalnya dulu.

14. Seismic

Seismic tim nasyid yang membawakan dengan gitar akustik. Nasyid yang dibawakan pula senandung nasyid yang cocok dinyanyikan untuk suami istri, dan saat di moment pernikahan. Lagu yang paling saya suka adalah Ketika Dua Hati Menyatu, Adalah Engkau, Penantian, dan lain-lain. Waktu zaman SMA, saya punya album nya Seismic.

15. Hani Ina
Ini termasuk tim nasyid akhawat yang paling saya suka. Saya punya album mereka bertajuk "Taubat". Lagu-lagu di album Hani Ina kebanyakan dibuat oleh Deden edCoustic kala itu, dan albumnya sendiri diproduksi bekerjasama dengan Yess Studio.

Lagu paling favorit Dunia Sementara.

Ada juga Nasyid Persaudaraan, Southul Haq, Nahawan Voice, Mupla yang eksis sampai hari ini. Kadang-kadang kangen nonton konser kayak dulu, secara sekarang konser nasyid jarang. Tapi dari semua itu saya masih senang karena masih bisa mendengar lagu-lagu mereka ketika beraktivitas. Musik positif selalu jaya!

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#