Utsman Bin Affan, Membeli Surga dengan Harta

Tuesday, October 15, 2019

Abu Bakar, Umar, Utsman bin Affan dan Ali

"Rasulullah saw. mendaki bukit Uhud bersama Abu Bakar, 'Umar dan 'Utsman lalu bukit itu bergetar. Maka beliau bersabda: "Tenanglah Uhud." Seingatku beliau menghentakkan kaki beliau seraya berujar, "Karena di atas kamu sekarang tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang (yang akan mati) syahid". (HR Bukhari nomor 3423) 

Hadits tersebut sudah memprediksi bahwa Rasulullah saw. mengetahui bahwa kelak Umar dan Utsman bin Affan akan mati syahid karena dibunuh. Bagaimana kisah Umar bin Khattab?

Siapa Utsman bin Affan? 

- Saat Jahiliyyah, Utsman bin Affan termasuk orang yang 'bersih' tidak suka maksiat. Khamr, judi, zina tidak dilakukannya. Tidak pernah melakukan hal yang hina sebelum Islam.

- Lahir 6 tahun setelah tahun Gajah

- Menikahi ruqayyah dan adiknya sehingga disebut dzurunnain (Pemilik dua Cahaya) karena menikahi 2 putri Rasulullah saw.

- Akhlak Utsman mirip dengan Rasulullah saw.

Utsman bin Affan (Membeli Surga dengan Harta)

Abu Bakar as Shiddiq dan Utsman bin Affan 

Perang Tabuk 1000 km dari Madinah. Persiapan sudah sangat luar biasa, ketika sampai Tabuk, perang tidak terjadi. Bangsa Romawi tidak mau berperang dan Tabuk dikuasai oleh Muslim.
Jika Abu Bakar menyedekahkan seluruh hartanya, maka Utsman bin Affan menyedekahkan 1000 dinar. (kurang lebih 2 Milyar). Masya Allah.

Sahabat dapat sebutan "radiyallahu anhu wa radhu anhu" - Allah Swt. pun ridha dengan mereka. Ketika zaman Utsman Islam sampai Cina, termasuk kerajaan Samudra Pasai.
Perdagangan mereka pun sukses. Kalau saat ini dibandingkan, kekayaannya tak ada yang menyamai sahabat.

Apakah Islam menyuruh umatnya untuk kaya? Iya!

Definisi Kaya 
Kaya itu sehat badannya, mampu memenuhi kebutuhannya dan bisa bershadaqah. Tidak ada umat Islam saat ini yang menyamai kekayaan para sahabat dahulu. Mana yang lebih utama, orang kaya yang bersyukur atau orang miskin yang bersabar? Yang lebih utama adalah orang kaya yang bersyukur.

Orang miskin lebih dulu masuk surga karena dihisabnya sedikit, karena harta yang ia punya tak ada. Jika kita ingin membandingkan, sahabat yang pandai mengelola kekayaan adalah Said bin Baz diinfakkannya lah siang dan malam. Siang untuk 600 orang, malam juga untuk 600 orang. Dan menunya pun high class ala hotel.

Jadi kadang kita diajari bagaimana mendapat harta yang banyak, tapi tidak diajari mengelola harta yang banyak.

Islam mengajarkan kaya dari:
1. Rukun Islam sendiri, ada zakat dan haji. Zakat nisab 1 tahun 85 gram emas. Standar ini yang harus dikejar, bukan kita berlepas diri.
2. Besarnya pahala yang mengalir dari harta yang dimiliki - dengan harta kontribusi lebih banyak.

Para ahli Badr - dijamin masuk Surga.
Utsman bin Affan tidak ikut perang Badar, karena perintah Nabi untuk menjaga Ruqqayah yang sedang sakit.

Walaupun begitu, pahala ahli Badar mengalir ke Utsman dan Utsman pun dapat ghanimah.

Keutamaan Utsman bin Affan ketika Perang Tabuk
  • Saat diumumkan akan perang Tabuk, saat itu akan masa panen. Selain itu jaraknya cukup jauh 1000 km, 10 hari, 10 malam.
  • Ka'ab bin Malik sebenarnya pergi dengan kuda, namun sangat lambat sehingga tertinggal dengan rombongan Rasulullah
  • Abu Dzar al Ghifari, ingin perang tapi tidak punya bekal, sehingga mengumpulkan biji-biji kurma, dan menyusul dengan berjalan kaki, namun rombongan Rasulullah saw. dapat tersusul.
Memiliki sifat pemalu sehingga Malaikat pun malu kepadanya. Kata ustadzah saya, bahwa makhluk itu memiliki sikap seperti sikap kita kepadanya. Misal Umar itu memiliki sifat takut kepada Allah Swt. sehingga setan pun takut kepadanya. Begitupun Utsman, Utsman memiliki sifat pemalu. Saat Rasulullah kedatangan tamu Abu Bakar dan Umar, Nabi saw. membiarkan aurat kakinya terbuka. Namun ketika Utsman datang, Rasulullah saw. menutup kakinya.

Wafatnya
Wafatnya Utsman sebab kaum Khawarij yang menerobos masuk ketika Utsman sedang membaca Al-Quran. Banyak pemberontak yang tidak menyenangi beliau, sehingga Utsman meninggal syahid seperti halnya Umar bin Khattab.

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#