Mendaftarkan Anak Sekolah di Kuttab Al Fatih Cileunyi

Kuttab Al Fatih Bandung


Imam Ibnul Mubarak berkata, "Kami mempelajari adab selama 30 tahun, sedangkan Kami mempelajari ilmu selama 20 tahun." Disini kita bisa lihat belajar adab/akhlak lebih lama daripada belajar ilmu.

Memillih sekolah anak sekarang banyak pertimbangannya. Sebagai orang tua, tentu ingin menyekolahkan anak di tempat yang terbaik. Alhamdulillah setelah 1 tahun menunggu, tahun ini Aska juga sudah 5 tahun, kami datang ke Kuttab Al Fatih Bandung.

Awalnya ada pemberitahuan pembukaan pendaftaran dibuka pada awal Desember 2019. Akhirnya tanpa ditunda lagi, kami pun kesana. Kami memilih sekolah Aska yang dekat dengan rumah.

Langkah awal, setelah mengisi form awal mengenai informasi sejauh mana yang diketahui tentang Kuttab, kami diminta pulang sampai ada pemberitahuan lagi.

Setelah sebulan lamanya, ada email resmi dari Kuttab perihal Pra Pendaftaran dan Stadium General. Semua yang mendaftar, hadir pada saat SG. Hampir 150 orang hadir, menyimak uraian tentang apa dan bagaimana sekolah kuttab. Kemudian setelah itu bisa mengambil Form Pendaftaran. 

Saat uraian tasmi saya bisa duduk dan tasmi 1 juz 1 kali duduk dari QS Al Muzammil s.d QS Al Bayyinah. Tapi begitu uraian Kuttab dan info terkait sekolah, Adzki gak bisa diem. Hehe.

Akhirnya saya di luar Masjid, bersama Ibu-ibu yang anaknya gak betah di dalam ruangan. Pada saat itu saya melihat seorang ibu tengah hamil tua menemani anaknya juga yang masih batita.

Saya pun menyapa dan mengajak ngobrol. Gak nyangka kalau beliau sudah menyekolahkan anak pertamanya di Kuttab. Jadilah saya banyak bertanya tentang pembelajarannya.

Dan memang Kuttab itu memang mengajarkan adab dulu kepada anak sejak dini, kemudian mengajarkan ilmu, kemudian Al-Quran.

Sekolahnya ½ hari, tidak boleh ditunggu oleh orang tua, membawa bekal dari rumah, dan ada kewajiban orang tua datang kajian sebulan sekali dan wajib hadir. Ada target yang harus dicapai oleh anak dan orang tua mendampingi.

Sebelum lolos ada beberapa tahap seperti tes tulis santri, tes tulis dan interview untuk calon orang tua santri, sampai pengumuman.

Bersiap tes santri

Alhamdulillah Kakak sudah jadi santri resmi Kuttab Al Fatih, sebagai Ibu senang karena sudah terlihat perubahan seperti adab kepada orang tua, membantu pekerjaan ummi seperti mencuci piring, mengambilkan minum, melipat baju, dan menjemur pakaian. 

Hal lain yang berprestasi lain, hafalan Aska dan belajar ngaji Aska sudah banyak alhamdulillah. Sekarag setelah 2 bulan sekolah di Kuttab hafalan sampai surat An Nasr. Barakallahu fiik. 


Beradab sebelum berilmu -Kuttab Al Fatih-


4 comments

  1. maa syaa Allaah, sangat tertarik..sy tahu Kuttab dr adik,anaknya sklh di kuttab bogor.. Kalau kuttab cileunyi lokasinya dimana ya?

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, barakallah kk aska.

    Saya sedang mencari cari tahu tentang kuttab alfatih cileunyi ini.

    Anakku skarang 4 th, rencana y thun depan ingin menyekolahkan ia d kuttab alfatih cileunyi.

    Berhubung d Bungbulang-Garut tdk ada, mungkin kami akan cari kontrakan dlu d daerah cileunyi dan suami mencari pekerjaan dlu d sana.

    Mohon do'a y semoga semua y d pwrmudah

    ReplyDelete
  3. Masya Allah. Barakallah kk aska

    Anakku skarang usia y 4 th. Saya tertarik sekali dgn kuttab alfatih ini.

    Berhubung d sekitar tempat tinggal ku di Bung ulang-Garut tdk ada mungkin nanti kami akan cari kontrakan sekitaran cileunyi wetan dan suami cari kerjaan jg d sana, supaya anakku nanti bisa sekolah d kuttab alfatih cileunyi.

    Mohon do'a ya semoga semua y Allah permudah

    ReplyDelete
  4. Barakallah.., bun qodarullah anak saya sudah 2 kali ikut tes tapi belum rizkinya menjadi keluarga besar kuttab al fatih.., tapi saya masih ingin adiknya bisa sekolah disana.., mungkin ada yang tau bun.. Yang menjadi prioritas syarat lulus disana itu apa? Jazaakumullah khyar

    ReplyDelete