Pengalaman Efek Samping KB Steril

kb steril


Setelah 4 bulan melahirkan melakukan KB Steril ada efek samping yang saya rasakan. Yang paling pertama itu adalah  nifas selama 60 hari. 

Biasanya saat melahirkan anak pertama dan kedua haid nifas hanya 2 minggu saja, tapi ketika melahirkan anak ketiga dan sekaligus steril, nifasnya paling lama yaitu 60 hari. 

Qadarullah, Ibra pun hidupnya 2 bulan 1 minggu yaitu 67 hari total. Jadi seminggu setelah saya selesai nifas. Masya Allah. 

Baca juga: Waktu Henti

Efek Samping KB Steril 

Alhamdulillah sampai sekarang berarti sudah 4 bulan setelah KB Steril. Ada beberapa efek samping yang saya rasakan, diantaranya:

1. Terkadang rasa nyeri sayatan di dekat perut

Karena memang operasi steril itu letaknya di perut ada bekas sayatan disitu jadi sakitnya lebih terasa. Bahkan pada luka parut bekas SC sakit, luka di perut masih terasa sakit setelah beberapa bulan setelah operasi. 

2. Nafsu makan meningkat 

Entah mengapa pada saat memutuskan KB Steril saya tidak terpikirkan hal apa-apa di masa mendatang, dan ok ok saja. Tapi saya baru sadar tatkala melihat kucing di depan rumah banyak yang gemuk karena sterilisasi. 

Lalu kini saya? Gemuk juga, apa mungkin dari steril?

Tapi saya lihat beberapa teman juga ngga berpengaruh ke BB sih biasa aja. Tidak gemuk. Mungkin mereka bisa mengatur makannya ya atau seimbang dengan olahraganya.

3. Badan terasa lebih gemuk 

Yang pasti kayaknya hormon efek KB Steril berpengaruh. Meski kata dokter nggak ngaruh, tapi saya merasa BB saya tidak berkurang pasca lahiran. 

Mungkin karena saya juga belum mulai olahraga sih, pasca SC 4 bulan yang lalu. Insya Allah saya berniat mulai olahraga tepat 6 bulan pasca SC. Mudah-mudahan saya bisa seperti teman-teman saya yang ngga berpengaruh ke BB setelah operasi steril/mow. 

Jadi kalau mau KB Steril, betul-betul dipertimbangkan dulu, mau punya anak lagi atau tidak. 

Baca juga: Mengambil Keputusan Operasi Steril dan Caesar, Haruskah? 

4. Badan terasa pegal-pegal saat jelang haid 

Yang paling terasa setelah efek SC 3 kali adalah pegal-pegal. Maka kita bisa istirahat sejenak dan tidak menggunakan fisik secara diforsir. 

Badan juga mudah lelah karena faktor usia tidak pernah berbohong, meski usia sekarang baru di 33 tahun, maka kita bisa terus optimis dari pikiran, dan mengkonsumsi makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.  

5. Haid teratur 

Alhamdulillah KB Steril tidak berpengaruh ke haid. Alhamdulillah haid masih teratur. Paling telat 1 sampai 2 hari saja. Kalau sampai satu bulan ngga haid mungkin dari faktor stress berpengaruh. 

Saya jadi ingat saat bulan ke-3 KB Steril, 

saya pernah telat haid berhari-hari dan saya panik karena merasa khawatir. Saya lalu USG dan bertanya pada Dokter Obgyn. Saat itu diberitahukan bahwa rahimnya bersih alhamdulillah. 

"Kalau misal ada rasa sesak di dada mungkin itu dari lambung atau usus," dokter menjelaskan. 

Setelah itu saya alhamdulillah tidak sesak lagi. Mungkin itu dari pola makan yang tidak benar dan pikiran, batin saya.

Jadi, sejak itu saya mulai perbaiki makan dengan tidak telat makan dan tidak makan makanan pedas lagi. 


--- Hidup Harus Memiliki Visioner dan Karya Besar ---

Sangat merasa senang dengan ceramah dari Ustadz Budi Ashari. Beliau mengungkapkan bahwa, "Jangan hidup biasa tidak punya karya."

"Kita harus memiliki amal unggulan. Kalau bisa amalan yang sangat sulit ditiru orang lain. Kita mungkin bisa menyebut siapa orang yang membebaskan Palestina? Maka kita bisa langsung menyebut dialah Shalahudin al Ayyubi."  

"Milikilah karya besar. Jangan berpikir di suatu tempat sudah banyak yang mengerjakan. Tidak! Kita ingat semua wilayah itu kosong di semua bidang. Baik itu dari politik, kepemimpinan, dan lain-lain. Jadikan kita beramal saleh lebih banyak dari pada usia kita."

"Hidup harus Visioner, harus punya karya besar. Setelah urusan pribadi dan keluarga, kita harus punya karya di ranah keumatan. Perbaiki kegundahanmu menunjukkan siapa dirimu." 

6. Menurunkan Gairah Seksual 

Mungkin ini hanya mitos, tapi mungkin juga ada yang pernah merasakan bahwa setelah steril entah mengapa jadi ucing-ucingan sama suami. Haha ... Kadang-kadang rasa itu hilang begitu saja. Tidak ada semangat ...? Ingin punya waktu berdua dengan suami tapi tidak untuk hal yang itu, tapi lebih ke mengobrol santai. 

Mungkin dia juga nyadar. Apa ini efek steril juga ya? Wallahu'alam 

Jadi kalau mau KB Steril, betul-betul dipertimbangkan dulu, mau punya anak lagi atau nggak. Jangan sampai menyesal. 

Saya sepenuhnya menerima keadaan saya dan berusaha menyenangkan diri dan agar tidak sedih berlarut-larut, saya ingin melakukan sesuatu yang berguna untuk saya di masa depan seperti satu bulan sekali cetak buku atau menulis di platform. 

Insya Allah kita fokus dengan masa depan karena masa depan masih panjang insya Allah kalau Allah izinkan saya untuk bisa bermanfaat untuk lingkungan saya. Saatnya kita tegak berdiri dan mulai melangkah menuju hal yang Allah ridhai. [] 


No comments