Inilah 5 Kota Cantik di Turki yang Harus Dikunjungi, Pernah ke Sana?

Sampai hari ini, destinasi wisata di luar negeri masih menjadi tempat liburan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Nah, salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan Tanah Air adalah Turki. 

Sebagai negara yang dipenuhi oleh segudang sejarah perkembangan beberapa agama, Turki juga menjadi surga bagi para arkeolog sekaligus sejarawan dunia, lho. Apakah kamu punya impian untuk mengunjungi Turki suatu hari nanti? Sebagai persiapan, kamu bisa mulai melakukan riset harga tiket Turkish Airlines yang ada di Traveloka.

Selain memantau harga tiket pesawat ke Turki, sambil menunggu uang terkumpul, kamu bisa mencari informasi tentang kota-kota mana saja di Turki yang wajib dikunjungi. 

5 Kota di Turki yang Wajib Dikunjungi 

Untuk memudahkanmu mendapatkan informasi tersebut, inilah rangkuman tentang 5 kota wisata di Turki yang sayang banget kalau dilewatkan. Cari tahu bersama, yuk!

1. Istanbul

istanbul turki

Istanbul adalah salah satu kota di Turki yang paling terkenal di kalangan traveler. Ada banyak alasan mengapa daerah ini selalu menarik perhatian para wisatawan. Pertama, Istanbul merupakan kota terbesar di Turki, meskipun sebenarnya ibukota Turki terletak di kota Ankara. 

Kedua, kota ini menjadi saksi dari peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah di Turki. Ingat kan film sejarah yang berasal dari Turki yaitu Ertugrul. 

Baca juga: Review Film Sejarah Islam: Kebangkitan Ertugrul

Oleh karena itu, selama di Istanbul kamu bisa mengunjungi sejumlah situs bersejarah terkenal seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, Topkapi Palace, Basilica Cistern, dan Rumeli Hisari.

Menariknya lagi, Istanbul termasuk kota yang berlokasi lintas negara. Jadi, sebagian Kota Istanbul berada di Benua Asia dan sebagian lainnya masuk sebagai kawasan di Eropa. 

2. Antalya

Antalya Turki

Dari Istanbul, kamu bisa terbang ke Antalya untuk mendapatkan momen liburan yang lebih bervariasi. Kota kecil yang terletak di sisi selatan Turki ini juga dapat diakses menggunakan mobil atau bus kok bila ingin menghemat biaya transportasi selama liburan.

Antalya sendiri dikenal sebagai kota wisata yang kaya akan cerita sejarah, budaya, hingga keindahan alamnya. Setiap tahunnya, Antalya bahkan bisa menyambut lebih dari 10 juta turis asing. Selama berada di Antalya, ada beberapa kegiatan menarik nih yang bisa kamu lakukan. 

Pertama, kamu bisa mengunjungi sejumlah pantai dengan pemandangan alam yang mengesankan. Kalau kamu penikmat situs bersejarah, pastikan Gerbang Hadrian dan kota tua Myra masuk ke dalam daftar perjalananmu selama di Antalya, ya! 

3. Kapadokya

cappadocia turki

Kalau kamu ingin mendapatkan foto berlatar belakang bukit bebatuan dan warna-warni balon udara, Kapadokya adalah tempat yang kamu cari. Kapadokya merupakan kawasan wisata di Turki yang namanya telah mendunia. Saking cantik dan uniknya, potret  Kapadokya bahkan kerap berseliweran di media sosial seperti Instagram. 

Buat kamu yang hobi berfoto dan memamerkannya ke media sosial, mengunjungi Taman Nasional Goreme bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, di tempat inilah ratusan balon udara diterbangkan setiap pagi atau sore hari. Kamu pun dapat menaiki balon udara untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menarik di ketinggian. 

Setelah puas berfoto, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke kota bawah tanah Kaymakli, Uchisar Castle, dan Fairy Chimneys. Di ketiga tempat tersebut, kamu akan mendapatkan panorama lanskap yang unik yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

4. Konya

konya turki

konya tropical butterfly


Berlokasi di daerah dataran tinggi Anatolia Tengah, Konya dikenal sebagai kota yang subur dan banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah. Saat musim semi tiba, di kota ini kamu bisa menyaksikan pagelaran bunga yang menampilkan jenis bunga seperti tulip, petunia, begonia, salvia, dan marigold. 

Daya tarik lain dari kota ini adalah fakta bahwa Konya menyimpan nilai-nilai sejarah warisan para cendekiawan dan filsuf muslim seperti Jalaluddin Rumi, seorang sufi yang lekat dengan ilmu tasawufnya. 

Baca juga: Jejak Islam di Langit Eropa

Baca juga: Inilah Buku-buku Hanum Rais yang Diangkat Menjadi Film

Bahkan, Konya telah terdaftar di UNESCO sebagai kota yang mampu menghubungkan generasi kuno dengan generasi selanjutnya.

Adapun beberapa tempat wisata di Konya yang bisa dikunjungi adalah Konya Tropical Butterfly Garden, Masjid Aziziye, Masjid Alaeddin, Museum Mevlana, The Sultanhani Caravanserai, Seljuk Tower, Museum Panorama Konya, dan Kilistra.

5. Bodrum

bodrum turki


bodrum turki

Kota terakhir yang tak boleh dilewatkan selama di Turki adalah Bodrum. Berlokasi di pesisir Laut Aegea, Bodrum menawarkan pemandangan alam yang indah. Bitez Bay misalnya. Bitez Bay merupakan pantai berwarna biru dan berpasir putih yang lokasinya sekitar 15 menit dari kota. Di sini kamu bisa berburu banyak foto menarik untuk ditampilkan di media sosial.

Selain Bitez Bay, Bodrum juga menawarkan tempat menarik lainnya seperti Gumusluk Harbour, Red Lighthouse Turgutreis, Bodrum Beach, dan Bodrum Windmills. Untuk tempat bersejarah, kamu bisa mengunjungi The Bodrum Castle yang setiap tahunnya selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. 

Itulah 5 kota di Turki yang bisa kamu kunjungi selama liburan nanti. Untuk pemesanan tiket pesawat, kamu bisa cek Traveloka dan nikmati berbagai penawaran menarik yang dapat membuat biaya liburan makin murah. Nah, selamat berlibur!

Baca juga: Meraih Impian Jalan-jalan ke Eropa Timur

No comments