Rekomendasi Wisata Kuliner di Solo Yang Bakal Bikin Kamu Balik Lagi

wisata kuliner solo

Berlibur ke tempat yang baru (tentu) tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kulinernya, bukan!? Nah, Kota Solo yang terkenal kaya akan budaya dan nilai-nilai sejarah pun memiliki deretan kuliner lezat, yang pastinya membuat banyak orang rela antri untuk mencoba. 

Solo adalah kota yang sangat mudah didatangi karena memiliki jaringan transportasi yang lengkap. Tersedia terminal, bandara, dan juga stasiun kereta api. Beli tiket KA menuju Solo juga sangat mudah karena anda tinggal memesannya di Traveloka. Selain itu, ada juga travel dari kota-kota yang tidak terlalu jauh jaraknya dengan Solo. Jangan lupa mampir ke tempat-tempat kuliner khas Solo saat tiba di kota ini.

Baca juga: Salju Frozen di Lawu Park, Tawangmangu, Solo

Tempat Wisata Kuliner Solo 

Oh iya Sobat, tempat asal Presiden Jokowi ini bahkan mendapatkan julukan surga kuliner Indonesia lho! Ingin tahu ada apa saja di sana? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini. 

1. Warung Selat Solo Tenda Biru 

warung selat solo tenda biru

Tempat ini bisa menjadi tempat pemberhentian pertama anda yang ingin mencicipi kuliner khas Solo. Warungnya yang cukup besar seolah tidak pernah sepi dari pembeli. Masyarakat lokal maupun wisatawan berduyun-duyun datang untuk makan di sini. 

Berbagai menu yang tersedia mulai dari selat solo original, selat solo gelantin, bistik solo, sup matahari, jenang gempol, dan makanan khas lainnya tersedia. Menu biasa seperti ayam goreng pun bisa anda dapatkan di sini. Harga yang dibanderol untuk menu-menu diatas juga sangat terjangkau. 

2. Timlo Sastro 

timlo sastro


Makanan berkuah yang berasal dari Solo selain sup matahari dan sup manten adalah Timlo. Nah, Timlo paling terkenal yang biasanya menjadi tujuan wisatawan adalah Timlo Sastro. Timlo sendiri merupakan sup yang memiliki kuah bening dengan paduan rasa gurih manis. Di dalam sup ini tersedia potongan telur kecap, wortel, bihun, tahu, jamur, dan lain-lain. 

Anda bisa menjadikan Timlo Sastro sebagai menu sarapan atau makan siang, warungnya sendiri buka sejak jam 6 pagi hingga setengah 4 sore. Pastikan anda datang di waktu-waktu yang tidak ramai karena jika musim liburan tiba, pengunjung memadatinya. Harga seporsi Timlo Sastro juga sangat terjangkau. 

3. Tengkleng Bu Edi 

tengkleng bu edi

Para pecinta kambing pasti tak akan melewatkan kuliner ini. Tengkleng adalah menu olahan daging kambing yang direbus dan dibumbui. Tidak hanya mengandung daging, tengkleng biasanya juga berisi dengan jeroan seperti usus atau babat. Kuah yang digunakan untuk menyiram tengkleng berwarna kuning keruh dengan rasa amat gurih. 

Uniknya, tengkleng Bu Edi buka sejak jam 2 siang dan langsung diserbu oleh pengunjung yang tak sabar untuk mencobanya. Jika tak ingin kehabisan, anda perlu datang bahkan sejak satu jam sebelum waktu buka. Memang butuh perjuangan, namun apa yang anda lakukan akan terasa sepadan ketika anda mencobanya. 

4. Gudeg Ceker Bu Kasno 

gudeg ceker bu kasno

Gudeg memang makanan khas Yogyakarta. Namun jangan sampai salah karena gudeg juga tersedia di Solo. Jika anda menyukai menu makan berat yang terdiri dari nasi, olahan Nangka, daun singkong, dan ayam, telur, atau tahu ini, anda bisa mampir ke Gudeg Ceker Bu Kasno. 

Sesuai dengan namanya, menu yang menggugah selera justru dari cekernya. Ceker adalah kaki ayam yang diolah bersama menjadi opor untuk menjadi lauk nasi gudeg. Ceker yang ada di sini terasa lembut dan enak untuk digigit. 

Oh iya, untuk mencicipinya anda harus menunggu atau bangun di tengah malam karena Gudeg Ceker Bu Kusno justru buka pada pukul 1 pagi. Harga yang dibanderol untuk seporsi gudeg ceker cukup terjangkau. 

5. Sate Kambing Buntel Mbok Galak 

sate kambing mbok galak

Kembali dengan menu kambing. Jika sebelumnya kambing diolah menjadi makanan berkuah yang disebut Tengkleng, kali ini daging kambing diolah menjadi sate buntel yang terasa lezat dan sangat mudah untuk dimakan. Bahan yang digunakan untuk membuntel sate tersebut adalah lemak daging yang tentunya akan menambah kelezatan. 

Cita rasa sate yang dipadu dengan kecap dan tomat potong tentu menjadi keunikannya tersendiri. Namun, anda tak perlu khawatir karena selain sate tersedia menu lain seperti gule kambing dan juga tongseng. 

Untuk dapat mencicipi seporsi sate kambing atau menu lainnya, anda tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam karena harganya lumayan terjangkau. Warung Sate Buntel ini buka sejak pagi hingga jam 4 sore saja. Pastikan untuk datang tepat waktu supaya tidak kehabisan. 

Nah, itu dia 5 rekomendasi kuliner terbaik dari Kota Solo. Sebagai catatan tambahan, harga-harga kuliner yang ada di sini memang cukup murah sehingga tak heran para wisatawan tidak pernah merasa ragu untuk mencoba. 

Tertarik untuk datang ke Solo dan melakukan wisata kuliner bersama keluarga? Maka, jangan lupa untuk memesan transportasinya dari sekarang bersama Traveloka. Temukan juga berbagai akomodasi lain yang membuat liburan anda semakin menyenangkan dengan Traveloka. 

Baca juga: Naik Pesawat Bareng Traveloka

Baca juga: Traveling Hemat Bandung - Jatim Park 2

No comments