Pentingnya Servis Motor untuk Performa Optimal

servis motor performa optimal

Sebagai seorang perempuan, suka takjub sama temen-temen Muslimah yang bisa motor dan sehari-hari berkegiatan dengan motor. Kalau mau bawa motor pakai perlengkapan lengkap jaket motor, helm, sarung tangan motor, dan sepatu yang nyaman. Banyak diantara teman Muslimah saya yang umumnya pakai motor gigi dan juga motor matic. 

Saya juga pernah beberapa tahun memakai motor, dulu saat masih single dan bekerja di kantor, dipilihkan oleh Ayah motor second, dan pernah beberapa kali mogok dan tidak jalan, dan ditolong beberapa kali oleh orang lain. 

Permasalahan motor:

sekelumit masalah motor


1. Mogok motor 

Seorang perempuan terus motor mogok? Gimana perasaannya? 

Rasanya malu, takut, he.. 

Pernah mogok motor pas hujan deras dan motor mogok. Alhasil dorong motor sampai ke tempat aman dan nunggu beberapa waktu, sampai akhirnya bisa nyala lagi. 

2. Rantai motor lepas 

Pada saat ke kantor dulu, mau bentar lagi sampai kantor, tiba-tiba motor mati. Bingung mau kayak gimana. Terdiam beberapa saat dan ada orang nyamperin, "Kenapa, Neng?" katanya.

Kalau lihat motor saya mungkin apa yang diharepin, motor jadul dan tidak menarik, wkwk. Alhasil dibetulin. Saya nggak lupa mengucapkan terima kasih dan saat itu kayak terharu karena ada yang bantuin. Alhamdulillah.

3. Busi motor habis 

Kali lain saat pulang acara, saya bawa motor dan nembus hujan. Pada saat itu lagi-lagi motor tiba-tiba mati, dan saya dorong motor lagi. Pada saat itu ada beberapa  orang seusia mahasiswa yang bertanya, "Kenapa motornya, Teh?" dan berniat membantu. "Coba lihat motornya, Teh." katanya.

Lalu motor saya di cek sama 3 mahasiswa itu, dan alhasil ngelihatin ke saya kalau busi motornya habis, sambil tertawa. 

Saya yang kurang ngerti ya merasa biasa-biasa aja. Kemudian dia mengganti businya dan motor saya bisa nyala lagi. 

Kalau di sinetron mungkin udah kali ya salah satunya dijadiin pacar atau suami, wkwkwk. Tapi pada saat itu saya ngucapin terima kasih aja dan ngasih gorengan ke mereka kalau ngga salah. 

Makasih superman! 

4. Motor sulit nanjak 

Hal yang paling saya takutin adalah motor berhenti pada saat nanjak. Pernah saya nemu satu komplek yang tanjakannya ekstrim, alhasil saya berhenti mendadak dan takut mundur. Kemudian ada bapak-bapak yang berprofesi tukang bangunan sigap menolog. Terima kasih bapak-bapak. 

Pernah ngalamin motor berhenti di jalannya pas minjem motor orang tua pas itu oli nya habis, he. 

Evaluasi 

Sebetulnya saya jadi mikir dulu, kenapa Ayah saya ngga ngasih motor saya yang bagusan dikit dan ngga perlu ngalamin hal-hal di atas? 

Qadarullah setelah menikah saya bertemu dengan suami saya yang strick soal penanganan motor. Karena motor suami juga terbilang baru jadi KM nya masih sedikit dan udah ngga pernah ngalamin motor ngebul atau berhenti di jalan. Alhamdulillah.

Baca juga: Sehat dan Langsing dengan Olahraga Hiit Cardio

Baca juga: Sehari Menyusuri Kampus UPI, Napak Tilas Perjalanan Mahasiswa

Pentingnya Menganggarkan Pos Keuangan untuk Perawatan Motor Secara Berkala 

Mungkin sebagian kita tidak menganggap merawat motor itu adalah bagian dari performa untuk tetap stabil, padahal dampak yang terasa adalah kita sendiri, jadi perlu ada kesadaran untuk menganggarkan pos keuangan untuk perawatan motor secara berkala. Kalau teman-teman sendiri bagaimana, apakah ada pos untuk perawatan motor atau nanti saja?


Menjadwalkan untuk Perawatan Servis Motor 

Sekarang setelah tidak menggunakan motor lagi dan melihat suami, memang perlu adanya perawatan motor atau jadwal rutin buat servis motor. Dari mulai rutin mengganti oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, ban dan tune up motor rutin. 

Banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika motor sering di servis rutin. Motor tidak akan mogok, merasa nyaman dibawa perjalanan, dan performa motor akan terjaga dalam kondisi optimal.

Lalu apa sih hal yang wajib di cek saat servis motor? Yuk cek selengkapnya. 

1. Oli mesin 

Oli mesin adalah hal dasar dan wajib di cek. Oli mesin sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 KM. Biasanya yang perlu dibayar adalah biaya pembelian oli dan biaya jasa ganti olinya. 

Nah, namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retail otomotif yang sudah berani memberi rekomendasi penggantian sampai 5000km/ 2 kali lebih lama dari oli biasa. 

Ini karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar kalau retail ini mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa karena memang ini adalah base tertinggi di kelas oli. 

2. Oli Gardan 

Berbeda dengan ganti oli biasa, perlu pengguna motor matic wajib juga ganti oli motor matic oli gardan untuk melunasi gear yang ada di Continously Variable Transmission (CVT). Jadi waktu penggunaannya pun sudah bisa kita tentukan sendiri yakni menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. 

3. Busi 

Agar tidak mengulang kejadian saya di atas, perlu mengganti busi jangan sampai habis banget karena bisa membuat motor sulit dinyalakan. Busi adalah bagian yang fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Busi juga harganya murah kok, Sob!

4. Kampas Rem 

Terkadang kampas rem suka habis banget dan membuat ngga nyaman saat berkendara. Alhasil pas ada polisi tidur misal sakit dan motornya ngga halus banget pas di jalanan. 

Untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara yang tak kalah penting juga adalah sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan kecelakaan naudzubillah. Jadi saat servis motor jangan lupa untuk mengecek kampas rem-nya, ya! 

5. Filter Udara 

Saat mekanik melakukan screening motor, maka mekanik akan memeriksa dulu filter udara apa masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Manfaat filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai kotoran masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

6. Aki atau accu 

Aki menjadi sumber listrik agar busi bisa memercikkan api dan motor bisa menyala. Selain itu aki menjadi sumber listrik dari komponen seperti lampu dan klakson.

Tegangan aki idealnya adah 12.3-12.6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13.7-14.2 Volt. Kalau tegangan tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka harus diganti agar motor bisa tetap nyaman. 

7. Ban 

Terkadang saat suami cek ban motor, ban nya suka ada paku dan bocor halus. Maka penting dilakukan pemeriksaan secara berkala. Pada saat servis motor, mekanik akan fokus memeriksa tekanan udara di dalam kondisi ban secara keseluruhan.

8. Tune up Motor Rutin 

Service motor tune up adalah servis rutin meliputi pemeriksaan seluruh komponen. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, membersihkan karburator (Saringan udara), rem, kondisi lampu, memeriksa tegangan rantai, dan klakson. 

Biasanya tune up disertai ganti oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart. Tapi hal ini kondisional menyesuaikan dengan keinginan kita. 

Servis Motor di Planet Ban 

servis motor di planet ban


Jika mencari tempat servis motor, teman-teman bisa mempercayakannya pada Planet Ban. Planet Ban sudah berdiri sejak tahun 2011, dan merupakan toko spare parts motor dan aksesoris mengadakan penjualan ban motor dan jasa mengganti ban. 

Bapak Andi Harjoko yang merupakan CEO Planet Ban dan sejak Juni 2020 Planet Ban telah memiliki lebih dari 900 toko dan terus berkembang di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. 

Planet Ban menyediakan pelayanan bebas biaya pasang untuk ganti oli, servis motor dan ganti ban motor. Untuk ulang nitrogen tidak dipungut biaya atau gratis untuk pengguna motor yang belum berbelanja di Planet Ban ataupun yang sudah pernah. 

Berbagai Manfaat Servis di Planet Ban 

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).
  2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Kelebihan servis motor di Planet Ban adalah seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Sehingga tarikan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, dan lebih hemat BBM, serta mesin jadi bersih total juga. 

Harga servis motor di Planet Ban juga terjangkau. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000,-

Dari berbagai permasalahan yang dihadapi ketika body motor, maka kita bisa tahu hal apa saja yang harus di cek secara rutin. Nah, jangan lupa untuk menjadwalkan servis motor di Planet Ban, ya! 

Baca juga: Kiprah Perempuan dan Perannya Membentuk Keluarga Bahagia

18 comments

  1. Memang harus rajin servis biar performa sepeda motor tetep prima. Planet Ban udah pilihan paling bagus, nih

    ReplyDelete
  2. duh jangan sampe lupa servis motor deh mba, apalagi kayak aku, senjata utamanya motor trus lupa servis jadi mendadak ga mau nyala huhuhuu

    ReplyDelete
  3. Pernah sekali beli motor second. Kapok karena masalaj seperti itu, duit habis buat ke bengkel. Karena gatau bagaimana pemilik sebelumnya merawat motor tsb. Tapi gimana lagi, waktu itu duitnya cuma segitu & gak mau kredit. Waktu beliin anak motor baru, ya ngikuti aja buku panduan servis dari dealer. Alhamdulillah gak pernah mogok

    ReplyDelete
  4. Memang ada beberapa orang taunya cuma pake. Padahal punya kendaraan tuh harus rutin perawatan juga. Ada service berkalanya. Dan, sebaiknya di tempat yang dipercaya seperti Planet Ban ini

    ReplyDelete
  5. Betul sekali mbak servis motor itu harus rutin, kalau tidak rutin bisa fatal akibatnya. Saya beberapa kali harus bayar jutaan rupiah karena abai servis motor, beberapa bagian dari motor saya tidak berfungsi dan harus diganti. Tentang Planet Ban memang tidak diragukan lagi, saya juga langganan disini, termasuk ganti oli mesin, ganti ban dan sebagainya.

    ReplyDelete
  6. Sebagai pengguna motor kelas berat, alias kemana mana naik motor karena hanya itu yang kami punya tentu saja perawatan motor sangat kami perhatikan. Betul itu kalau perawatan secara menyeluruh dan berkala, hasilnya mesin jadi terawat dan kendaraan performa nya gak berkurang cepat

    ReplyDelete
  7. Rajin service motor itu penting banget ya. Supaya kerasa motor baru terus meskipun motor lama
    Pak suami nih yang rajin ngingetin anak-anak untuk rajin service motor, jangan hanya mau makenya aja katanya

    ReplyDelete
  8. Setuju kak, memang perlu merawat mesin motor dengan apik. Biar saat berkendara selalu nyaman. Sebisa mungkin pasang alarm yak buat service nya

    ReplyDelete
  9. Saya pernah ngalamin motor yang tiba-tiba gak ada tenaganya, jadi si motor gak beranjak karena lupa diservis, untung kejadiannya dekat bengkel.
    Jangan sampai terulang lagi kejadian tersebut, motor kudu perawatan berkala ke Planet Ban.

    ReplyDelete
  10. Menjadwalkan buat servis motor tuh penting banget, jangan cuma ke bengkel saat ada problem aja ya mbak. Kalau rutin servis bisa bikin motor lebih terawat dan awet trus menghindari masalah mogok2 club juga sih yha.

    ReplyDelete
  11. Kuncinya sih biar motor awet, tarikan enak, dan meminimalisir biaya perawatan motor itu ada pada rutin nggaknya servis motor. Apalagi sekarang kan servis motor juga lebih terjangkau biayanya

    ReplyDelete
  12. Punya motor itu seperti punya sahabat ya. Harus perhatian dan rajin memantau gerakan mesin atau perkakasnyanya. Otomatis harus rajin merawat dia karena dia juga memberikan manfaat banyak buat kita.

    ReplyDelete
  13. Wah kadang nih kalau perempuan bisanya makai aja kalau urusan service sama ganti oli biasanya suami nih hehehe tiba-tiba oli udah tekor aja

    ReplyDelete
  14. Masalah busi agak riskan. Motorku pernah mogok, distater gak bisa dibawa ke bengkel katanya gak papa. Ternyata belakangan diketahui businya minta ganti🤦

    ReplyDelete
  15. Masalah busi memang riskan. Harga spare partnya murah tapi kalau motor kena mogok gara-gara busi rasanya nggondok banget.

    ReplyDelete
  16. Pernaaah bangeeettt..
    Duluuuu pas sekolah kuliah tuh kan momotoran terus ya.. Kalo pas banjir, pasti deh, motor tuh mogok. Salahnya aku memang nekat nerobos banjir sih ya.. Kudunya sabaarr... dan pernah juga telat service.

    Kudu banget ditandain di HP nih..
    Buat rutin service motor di Planet Ban.

    ReplyDelete
  17. Ongkos servisnya terjangkau bangef nih di Planet Ban. Hayuukk ga ada alasan lagi untuk malas merawat motor yaaa... Harus rutin ganti oli motor matic agar kondisi mesin tetap oke.

    ReplyDelete
  18. Bener banget ini karena kalau telat servis bakalan cepet aus mesin motor, servis jugha harus di tempat yang tepat ya, Mba, seperti di Palnet Ban ini

    ReplyDelete